Apa Yang Dimaksud Leukimia Dan Apa Penyebabnya

Apa Yang Dimaksud Leukimia Dan Apa Penyebabnya

Apa Yang Dimaksud Leukimia Dan Apa Penyebabnya – Jakarta – Leukemia atau lebih tepatnya leukemia adalah jenis kanker darah yang terjadi akibat produksi sel darah putih yang terlalu banyak oleh tubuh. Leukemia dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan yang diproduksi di sumsum tulang. Ketika fungsi sumsum tulang terganggu, sel darah putih menghasilkan perubahan dan tidak lagi berfungsi secara efektif.

Pada awalnya, leukemia biasanya tidak menunjukkan gejala. Ketika sel kanker bertambah jumlahnya dan mulai menyerang sel-sel tubuh, gejala baru muncul. Gejala juga bervariasi tergantung pada jenis leukemia yang Anda miliki. Namun, secara umum, pasien leukemia ditandai dengan:

Apa Yang Dimaksud Leukimia Dan Apa Penyebabnya

Apa Yang Dimaksud Leukimia Dan Apa Penyebabnya

Ketika sel kanker menyumbat pembuluh darah di organ tertentu, pasien mungkin mengalami gejala yang lebih parah. Gejala yang mungkin terjadi antara lain:

Rsup Dr. Sardjito

Leukemia disebabkan oleh sel darah putih abnormal dalam tubuh yang tumbuh tidak terkendali. Penyebab pasti dari perubahan tersebut tidak diketahui, tetapi faktor-faktor berikut diperkirakan meningkatkan risiko terkena leukemia. Faktor risiko yang bermasalah meliputi:

Leukemia bisa kronis atau akut. Pada leukemia kronis, sel kanker tumbuh perlahan, dan gejala pertama biasanya sangat ringan. Pada leukemia akut, sel kanker tumbuh sangat cepat, dan muncul gejala yang memburuk dalam waktu singkat. Leukemia akut lebih berbahaya daripada leukemia kronis.

Leukemia limfoblastik akut (ALL), atau leukemia limfoblastik akut, terjadi ketika sumsum tulang memproduksi terlalu banyak sel darah putih, limfosit yang belum matang, atau jenis limfoblas.

Leukemia limfositik kronis (CLL), atau leukemia limfositik kronis, terjadi ketika sumsum tulang memproduksi terlalu banyak limfosit abnormal yang secara bertahap menyebabkan kanker.

Mengenal Tiga Jenis Kanker Darah: Leukimia, Limfoma, Dan Myeloma

Leukemia myeloid akut (AML), atau leukemia myeloid akut, terjadi ketika sumsum tulang menghasilkan terlalu banyak sel myeloid yang belum matang, atau myeloblasts.

Leukemia myeloid kronis (CML), atau leukemia myeloid kronis, terjadi ketika sumsum tulang gagal menghasilkan sel myeloid matang.

Dokter akan menanyakan gejala pasien dan melakukan pemeriksaan fisik. Dengan pemeriksaan fisik, dokter mungkin mencari tanda-tanda leukemia, seperti memar pada kulit, kulit pucat karena anemia, dan pembesaran kelenjar getah bening, hati, dan limpa.

Apa Yang Dimaksud Leukimia Dan Apa Penyebabnya

Namun, diagnosis leukemia tidak dapat ditegakkan hanya dengan pemeriksaan fisik. Oleh karena itu, dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis dan jenis leukemia pada pasien. Jenis pemeriksaan yang dilakukan antara lain:

Leukimia (kanker Darah)

Tes hitung darah lengkap dilakukan untuk menentukan jumlah sel darah merah, sel darah putih dan trombosit. Dokter mungkin mencurigai leukemia jika jumlah sel darah merah atau trombosit rendah dan bentuk sel darah tidak normal.

Prosedur aspirasi sumsum tulang dilakukan dengan mengambil sampel jaringan sumsum tulang dari tulang pinggul menggunakan jarum panjang dan tipis. Sampel tersebut kemudian diperiksa di laboratorium untuk mendeteksi sel kanker.

Selain tes diagnostik yang dijelaskan di atas, dokter Anda mungkin juga melakukan tes lanjutan lainnya untuk memeriksa kelainan organ yang disebabkan oleh leukemia. Jenis tes yang dapat dilakukan adalah:

Ahli hematologi-onkologi (spesialis darah dan kanker) akan menentukan jenis pengobatan yang akan diberikan berdasarkan jenis leukemia dan kondisi pasien secara keseluruhan. Berikut beberapa cara untuk mengobati leukemia:

Penyebab Terjadinya Leukimia Kanker Darah

Sampai saat ini, tidak ada cara yang efektif untuk mencegah leukemia. Namun, ada beberapa cara Anda dapat mengurangi risiko terkena leukemia, termasuk:

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk mendeteksi kanker sejak dini, terutama jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker. ,

Apa yang dimaksud dengan leukimia, apa yang dimaksud penyakit leukimia, leukimia dan penyebabnya, apakah yang dimaksud dengan osteoporosis dan apa penyebabnya, apa yang dimaksud konstipasi dan apa penyebabnya, penyakit leukimia dan penyebabnya, apa yang dimaksud leukimia dan penyebabnya, apa yang dimaksud ambeien dan apa penyebabnya, leukimia gejala dan penyebabnya, apa yang dimaksud dengan penyakit leukimia, apa yg dimaksud penyakit leukimia, apa itu leukimia dan penyebabnya

Related posts

Leave a Reply