Cara Ekspor Ikan Hias Ke Luar Negeri

Cara Ekspor Ikan Hias Ke Luar Negeri

Cara Ekspor Ikan Hias Ke Luar Negeri – Bogor (27/01/2017). Dua bagian artikel sebelumnya membahas perkembangan pembudidaya ikan hias nasional (lihat http:///2017/01/24/ Ekonomi-ikan-hias-indonesia-1/) dan produksi ikan hias nasional tahun 2009. Periode 2015 (http:///2017/01/25/economy-ikan-hias-indonesia-2-production-ikan-hias-nasional/). Pada artikel selanjutnya, kita akan membahas perkembangan perdagangan ikan hias dunia dan posisi Indonesia dalam perdagangan ikan hias dunia.

Ikan hias merupakan salah satu produk ikan hidup utama yang diperdagangkan di pasar internasional. Data International Trade Center (2017) menunjukkan bahwa selama 2001-2015, rata-rata nilai ekspor ikan hias (ikan hias air tawar dan laut) dunia sebesar US$298,06 juta, dengan pertumbuhan ekspor sebesar 4,26 persen per tahun.

Cara Ekspor Ikan Hias Ke Luar Negeri

Cara Ekspor Ikan Hias Ke Luar Negeri

Selama 2001-2015, Singapura merupakan pengekspor ikan hias terbesar di dunia. Selama periode tersebut, kontribusi nilai ekspor Singapura terhadap nilai ekspor dunia rata-rata mencapai 19,24 persen.

Marketplace Digital Kalikan Ajak Umkm Ekspor Ikan Hias

Sementara itu, Indonesia menempati urutan ke-6 dunia dengan total kontribusi 5,05 persen dari nilai ekspor dunia. Secara grafis negara-negara pengekspor ikan hias dunia dapat dilihat pada Gambar 1.

Berdasarkan data International Trade Center (2017) terlihat bahwa kontribusi Indonesia terhadap nilai ekspor ikan hias laut pada tahun 2015 menduduki peringkat ketiga dunia dengan nilai sekitar $5,43 juta. Sementara itu, ekspor ikan hias air tawar termasuk dalam 5 besar dunia dengan nilai ekspor sebesar $14,16 juta. Gambar 2 menunjukkan nilai ekspor ikan hias air tawar dan laut tahun 2015.

Gambar 2. Nilai Ekspor Ikan Hias Air Tawar dan Perairan Dunia Tahun 2015 Menurut 20 Negara Besar

(2014) mencatat ekspor ikan hias Singapura mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut dokumen resmi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura pada tahun 2013, sejak tahun 2012 situasi di Singapura secara bertahap memburuk dengan belum terselesaikannya krisis ekonomi Eropa dan penurunan jumlah ikan hias yang dihasilkan oleh petani lokal.

Ekspor Ikan Kerapu Turun |

Pada tahun 2013, stok ikan hias Singapura meningkat seiring dengan berkurangnya pasokan ikan hias dari Indonesia. Hal ini tercermin dari data ekspor ikan hias Indonesia ke Singapura yang turun tajam. Selain itu, pada tahun 2013, dokumen resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura menjelaskan bahwa krisis ekonomi yang berkepanjangan di Uni Eropa menjadi faktor utama penurunan nilai internasional ekspor ikan hias Singapura. Pasar Sementara itu, mengenai minimnya produksi ikan hias di Singapura, dokumen resmi dari KBRI Singapura pada tahun 2013 menyebutkan:

“Sulitnya menarik staf/karyawan, kurangnya ruang untuk ekspansi dan ketidakpastian berapa lama mereka bisa tinggal di satu tempat, dan biaya sewa yang tinggi menjadi kendala yang dihadapi industri ikan hias Singapura sebagai alasan penurunan produksi ikan hias di Singapura. .”

Berdasarkan hal tersebut, Indonesia berpeluang besar menggantikan peran Singapura dalam perdagangan ikan hias global. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya diperlukan kerjasama yang baik antara pedagang ikan hias nasional dengan pemerintah.

Cara Ekspor Ikan Hias Ke Luar Negeri

Sementara itu, importir ikan hias terbesar dunia masih didominasi oleh negara-negara AS dan Uni Eropa. Menurut data International Trade Center (2017), terlihat rata-rata kontribusi nilai impor ikan hias ke Amerika Serikat mencapai 19,64 persen dari total nilai impor ikan hias dunia selama 2001-2015. Pada periode yang sama, impor ikan hias global rata-rata mencapai US$320,64 juta.

Pedoman Ekspor Dan Impor Produk Perikananke Singapura Philipina Vietnam Thailand 1

Selama 2001-2015, Singapura termasuk di antara 10 pengimpor ikan terbesar di dunia, tetapi ikan impor ini diekspor kembali ke UE dan AS. Artinya, Singapura hanya menjadi tempat transit ikan hias dari negara-negara pemasok, termasuk Indonesia, pemasok ikan hias utama Singapura. Secara grafis negara pengimpor ikan hias terbesar di dunia dapat dilihat pada Gambar 3. Banyak yang mengatakan pandemi telah membuat banyak bisnis gulung tikar. Saya tidak berpikir itu benar. Tergantung strategi masing-masing trader, apalagi dalam berbisnis harus mengikuti segala perubahan yang ada. Salah satu bisnis yang berkembang adalah bisnis ikan hias, apalagi Amerika memiliki pilihan pengiriman yang terjangkau.

Kebetulan saya dan suami sudah menggeluti bisnis ikan hias sebelum pandemi. Kami fokus pada ikan hias favorit suami saya, ikan cupang. Pertama, mencoba menangkap ikan aduan ini pada tahun 2018, jumlahnya tampaknya terus meningkat dari waktu ke waktu. Apalagi setelah suami saya pandai mengawinkan ikan berwarna cantik ini, jumlah ikan cupang kami bertambah hingga ratusan ekor.

Saya menyukainya, tetapi jika Anda terlalu peduli, itu menjadi sangat sulit. Saat itulah kami memutuskan untuk menjual ikan cupang peliharaan kami. Kami membuat akun Instagram khusus untuk memposting gambar dan video setiap ikan cupang. Tak disangka, banyak yang mengikuti dan membeli ikan kami. Saya bersyukur…

Dari sini kami memulai bisnis ikan beta. Kami menyediakan ruang khusus untuk galeri sehingga orang yang berkunjung ke rumah kami dapat memilih sendiri ikan cupang. Ada beberapa ruang longgar di area binatu lantai atas. Disediakan rak untuk menata ikan cupang di wadahnya. Ikan cupang tidak boleh dipelihara bersama, karena dapat berkelahi dan merusak siripnya, sehingga mengurangi keindahan dan nilai jualnya.

Menjaring Cuan Dari Bisnis Ikan Hias

Selain berjualan offline, kami juga berjualan online dari mulut ke mulut ke tetangga dan rekan suami. Jualan ikan cupang online sebenarnya cukup populer, apalagi kita sudah memiliki akun instagram yang fokus menjual ikan cupang. Suami saya juga masuk ke akun pecinta ikan cupang dan mempromosikan koleksi ikan cupang kami di akun Facebook-nya. Dari media sosial, kami mendapat banyak pembeli dari berbagai daerah di Indonesia.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pengiriman Ikan Cupang Keunggulan ikan cupang adalah daya adaptasinya terhadap keberadaannya. Ikan cupang dapat hidup dalam wadah tanpa aerator dan dapat berenang dengan cepat. Bahkan ketika dikemas dalam wadah plastik yang hanya 1/3 air dan 2/3 udara, ikan cupang dapat bertahan hidup di dalamnya selama beberapa hari. Titik inilah yang kemudian memudahkan perdagangan dan pengiriman ikan cupang menggunakan jasa pengiriman.

Selain mengemas ikan cupang dalam plastik berisi air dan udara, plastik tersebut tetap harus dikemas dalam styrofoam. Tujuannya agar bisa menjaga suhu yang konsisten agar ikan cupang bisa bertahan hidup meski beberapa hari sebelum dikirim ke berbagai daerah. Namun ikan cupang harus dipuasakan sebelum dikirim. Paling lambat 1 x 24 jam sebelum pengiriman. Hal ini dilakukan agar setelah di dalam kantong plastik, tidak melepaskan amonia, yang dapat menjadi racun dan membunuh ikan selama pengiriman.

Cara Ekspor Ikan Hias Ke Luar Negeri

Sebenarnya kami sudah mengirimkan ikan cupang ke berbagai daerah di Indonesia. Tetapi ini tidak berarti bahwa Bett tidak dapat mengirim ikan ke luar negeri. Tentu saja kami dikirim ke Malaysia, dan tiba dalam keadaan hidup setelah perjalanan 6 hari. Betapa hebatnya! Ikan cupang benar-benar tangguh.

Langka Dan Super Indah, Ini Dia 10 Jenis Ikan Hias Termahal Di Dunia

Inilah keunggulan promosi online, menjangkau semua kalangan bahkan sampai ke pelosok tanah air jika bergabung dengan grup facebook ikan cupang eksotis (bettas) seperti UK Betta, USA Betta, atau Canada Betta bahkan ada kesempatan untuk mengirimkannya ke sana. Mengingat ikan cupang adalah hewan hidup yang tidak acak maka tergantung juga pada jasa tracking yang digunakan. Selain paket pengiriman yang saya jelaskan di atas, Anda juga memerlukan sertifikat pengiriman untuk pengiriman luar negeri yang dapat didukung oleh layanan pengiriman.

Ongkos kirim tentunya ditanggung oleh pembeli. Begitu banyak pembeli dari luar negeri membeli ikan tidak hanya untuk 1 atau 2 umpan. Selain itu, dengan menyesuaikan harga jual ke pembeli asing, harga sebenarnya akan lebih tinggi daripada menjual di dalam negeri. Oleh karena itu, penjual dapat menyarankan untuk memilih operasi pengiriman yang andal dengan ongkos kirim yang terjangkau sehingga pembeli asing tidak mempermasalahkan biaya untuk mendapatkan ikan cupang yang diinginkan. Pengiriman ke Amerika ditunjukkan di bawah ini.

Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Pandemi bukan alasan untuk berhenti mencari bisnis yang memiliki peluang besar dan sedang berkembang. Ada banyak bisnis yang bisa kita coba mulai dengan hal-hal yang kita sukai dan mulai dengan passion. Ikan beta seperti kami ingin mencoba peluang bisnis. Maju ke depan! Ikan hias merupakan salah satu produk ikan hidup unggulan yang diangkut antar provinsi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan terus membaiknya kinerja ekspor ikan hias Indonesia. Nilai ekspor ikan hias Indonesia mencapai $27,61 juta pada tahun 2017, nilai ekspor ikan hias tertinggi dalam enam tahun terakhir (BPS, 2018). Membaiknya kinerja ekspor ikan hias mendorong kinerja angkutan ikan hias antarprovinsi di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, pada edisi ke-3 ini akan dibahas bagaimana negosiasi transportasi ikan hias antar provinsi di Indonesia.

Terlihat bahwa selama tahun 2014-2017 lalu lintas ikan hias mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Selama tahun 2014-2017, jumlah pengangkutan ikan hias antar provinsi di Indonesia meningkat rata-rata 27,51% per tahun. Ikan hias laut memiliki pertumbuhan lalu lintas tertinggi, rata-rata 69,64% per tahun. Pertumbuhan ikan hias air tawar telah mencapai 29,06% per tahun. Jumlah ikan hias yang diangkut antarprovinsi Indonesia pada tahun 2017 sebanyak 23,32 juta ekor, terdiri dari 20,61 juta ekor ikan hias air tawar dan 2,61 juta ekor ikan hias laut. Secara grafis, pertumbuhan lalu lintas ikan hias dapat dilihat pada Gambar 1.

Ikan Koi Blitar Tembus Pasar Ekspor Malaysia

Pada tahun 2017, lima provinsi teratas pemasok ikan hias air tawar nasional (domestik outbound) adalah Jawa Timur (53,65%), Banten (20,42%), Kalimantan Barat (11,23%), dan Kepulauan Riau (3).

Cara ekspor barang ke luar negeri, cara ekspor furniture ke luar negeri, cara ekspor ikan nila ke luar negeri, cara ekspor jagung ke luar negeri, cara mudah ekspor barang ke luar negeri, cara ekspor jahe ke luar negeri, cara ekspor tanaman hias ke luar negeri, cara ekspor kayu ke luar negeri, cara ekspor ke luar negeri, cara ekspor ikan hias, cara ekspor cengkeh ke luar negeri, cara ekspor beras ke luar negeri

Related posts