Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel – Kali ini mengajarkan SBK VI untuk berkreasi membuat boneka dari kain flanel. Menurut Bpk. Perdana Weera Saputra, guru bentuk keenam, kurikulum SBK bertujuan untuk membekali siswa tidak hanya dengan pengetahuan tetapi juga dengan keterampilan. Ini juga merupakan sarana ekspresi.

Kain flanel banyak digunakan untuk membuat boneka. Apa itu kain flanel? Flanel, juga dikenal sebagai flanel, adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol non-anyaman. Kain flanel diproduksi dengan proses pemanasan dan pengukusan, sehingga tekstur dan bentuk kain yang dihasilkan bervariasi (tergantung bahan produksi).

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Kain flanel mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang lebih murah. Untuk potongan kain flanel, Anda bisa mendapatkan cukup dengan Rp. 1,500.00

Cara Membuat Boneka Gurita Dari Kain Flanel

Dacron adalah serat dengan kekuatan tarik tinggi dan banyak digunakan untuk isian boneka. Hal ini karena dakron memiliki keunggulan kembali ke bentuk semula setelah dikompresi. Selain untuk isian boneka, dakron juga banyak digunakan untuk bantal dan berbagai media lainnya yang banyak menggunakan bahan katun/katun.

Kertas ini digunakan terlebih dahulu jika perlu membuat pola. Jika Anda merasa aman dan stabil menggambar pola langsung di kain flanel, Anda tidak lagi membutuhkan kertas.

Kertas letter digunakan untuk menggambar pola di atas kertas dan menghias boneka yang dihasilkan sesuai kebutuhan.

1. Gunakan pensil atau spidol untuk menggambar pola boneka yang ingin Anda buat di atas kertas. Pola boneka dapat dibuat sesuai dengan kreativitas individu siswa atau dengan meniru pola yang diberikan oleh guru atau tersedia di Internet.

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Untuk Wirausaha » Blog Elevenia

2. Setelah pola di atas kertas selesai, mulailah membuat pola pada kain flanel yang sudah jadi. Pola di atas kertas dimaksudkan untuk menghindari kesalahan dalam pembuatan pola. Jika Anda pandai membuat pola, tidak masalah untuk membuat pola langsung di atas kain flanel.

5. Langkah selanjutnya adalah mengisi boneka dengan dakron dari kain flanel yang dijahit sebagian. Isi dakron bisa diatur sesuai kebutuhan.

7. Langkah selanjutnya adalah membuat badan boneka yang dijahit, seperti mata, hidung, mulut, telinga, rambut, dll termasuk hiasan. Bisa juga dengan mendandani boneka.

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Setelah pelajaran, Pak. Perdana para siswa : “Bagaimana pendapat kalian dan apa yang kalian pikirkan setelah membuat boneka flanel ini?” Dia bertanya.

Hiasan Dari Kain Panel: Lucu Dan Menarik

“Inilah pentingnya ide kreatif! Jika seseorang kreatif, dia tidak akan menganggur! Hehehe!” kata Pak Perdana sambil menyunggingkan senyum lebarnya yang luar biasa. Dalam perkembangannya, kain flanel atau kain kempa ditampilkan sebagai salah satu bahan untuk berbagai kerajinan tangan. Kain flanel yang halus dan tebal cocok untuk berbagai jenis kerajinan karena mudah dibentuk dan dijahit.

Berbagai warna yang tersedia juga memadukan kain flanel ini untuk menciptakan berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Terakhir, gantungan kunci yang terbuat dari kain flanel, boneka, kantong kartu nama, kantong CD dan lainnya dapat digunakan di acara spesial Anda.

Bagi yang ingin mencoba membuat kerajinan dari kain flanel, mulailah dengan membuat atau mengikuti pola sederhana. Saat Anda menjadi lebih terampil, Anda dapat mencoba yang lebih kompleks dengan akurasi yang lebih besar.

Sebutkan salah satu permainan pesta ulang tahun. Siapkan nama setiap anak terlebih dahulu. Biarkan anak-anak menamai diri mereka sendiri.

Langkah Langkah Pembuatan Boneka Dari Kain Flanel

Jika Anda memiliki bayi, tidak sulit untuk membuat pola sendiri. Pada dasarnya, Anda harus menelusuri kaki anak Anda dan kemudian menambahkan satu inci. Ratakan cetakan sampai Anda mendapatkan bentuk telur satu sisi dengan bagian lebar untuk jari kaki. Ini adalah sol sepatu bayi. Potong dua sol dari kain flanel.

Ini sangat mudah. Kemudian ambil kain dan ukur bagian luar tumit. Tambahkan satu inci dan potong garis. Ini akan membantu menciptakan pola dasar sepatu. Tempatkan tali di atas kertas dan lipat kertas menjadi bentuk U.

Saat Anda mendapatkan bentuk yang Anda suka, jiplak dengan pena dan tambahkan 1,5 inci dan U lainnya. Buat lidah sekitar 2 inci di bagian bawah lubang. Kemudian Anda mendapatkan sesuatu seperti ini: (lihat gambar)

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Potong dua bagian sepatu dari potongan. Anda dapat memotong desain Anda dengan kain warna yang berbeda. Anda dapat membuat desain yang berbeda seperti bintang, hati, ikan atau mobil. Jahit desain ini ke tengah kaki, sisakan ruang untuk kata-kata bersulam.

Ragam Manfaat Kain Flanel Selain Untuk Kerajinan Tangan

Untuk memastikan kata-kata Anda berada di tempat yang tepat, ada baiknya Anda menuliskannya di atas linen dengan tinta yang tidak terhapuskan sebelum menyulamnya. Anda dapat menggunakan pola jahitan belakang (

Mulailah dengan jari kaki dan letakkan bagian atas sepatu di tumit. Seperti terlihat pada gambar, bagian atas lubang ini menghadap ke atas. Pasang tumit ke tumit karena bagian ini mudah lepas.

Jahit bagian atas kerah ke tumit dan kemudian ke tumit menggunakan teknik jahitan garter. Sekarang lipat lidah dan jahit di tempatnya dengan X-cross untuk membuat lingkaran di depan. Gunakan jahitan quilting untuk memangkas dan memangkas tepi kasar.

Gunakan dua potong kain dengan panjang 3 inci dan lebar 1/2 inci untuk tali. Geser lembar kain elastis ini di atas loop di lidah sepatu. Jahit ujung strip pengikat ini ke dalam lubang. Jahit Velcro sebagai strip pengikat dan penutup sepatu di bagian luar sepatu. Sekarang Anda memiliki sepatu lembut untuk bayi Anda.

Cara Membuat Boneka Flanel

Cetak topi, topi peziarah dan topi (topi dengan tali dagu). Gambar dan guntinglah pola ini pada kain flanel. Gunakan warna yang berbeda untuk topi peziarah, topi dan pita.

Anda membutuhkan setidaknya empat warna untuk kepala: dua untuk ekor dan jari kaki, satu untuk tubuh dan satu untuk ekor. Gunakan gunting untuk memotong tepi tutupnya.

Rekatkan sepotong kecil selotip ke tepi terpanjang trapesium (persegi dengan dua sisi yang sama); Putar trapesium menjadi bentuk silinder dan rekatkan ujungnya. Lumasi bagian bawah silinder dengan lem dan tempelkan partikel pernis berbentuk cincin.

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Untuk membuat bagian atas topi, oleskan lem ke bagian atas silinder dan tempelkan potongan kain flanel lingkaran kecil.

Menghias Barbie Candy Untuk Lebaran

Rekatkan dekorasi ke sisi panjang lembaran berbentuk T, buat lubang kecil di bagian berbentuk T seperti yang ditunjukkan pada templat. Tekuk sayap T ke bawah dan tarik sayap ini ke dalam.

Rekatkan kedua ujung sayap untuk membentuk tudung. Gunakan jarum untuk memasukkan pita lebar 1/8 inci melalui bulu mata dan ikat kedua ujung pita di tengah tutupnya.

Rekatkan ekor kecil ke ekor yang lebih besar. Jahit ekor ini ke bagian belakang tubuh. Rekatkan penutup ke bagian depan tubuh dan jahit bibir ke bagian atas penutup. Jahit manik-manik seperti mata India.

Satukan kedua sisinya untuk membentuk tabung, tetapi biarkan bagian bawah kalkun terbuka.

Bahan Untuk Membuat Boneka, Boneka Kesayanganmu Dari Bahan Apa?

Kerajinan ini dapat digunakan dengan sarung bantal yang dibeli di toko, tetapi membeli kain lembut akan memberikan hasil terbaik karena mudah dijahit. Setelah menghias kain dengan pola flanel, Anda bisa mengubah kain bermotif flanel menjadi sarung bantal.

CD, buku, pena, dan jurnal menjadi hadiah yang bagus jika ditempatkan dalam amplop flanel. Untuk membuat amplop ini, Anda membutuhkan bahan dan alat berikut:

Sandal flanel buatan sendiri merupakan hadiah yang bagus dan pasti akan membuat kaki Anda tetap hangat. Flanel adalah bahan yang sempurna untuk membuat sandal unik ini karena tidak sobek saat dipotong.

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Anda bisa membuat boneka domba, ayam, dan babi dari kain flanel. Berikut langkah-langkah mudah membuat hewan dari kain flanel.

Cara Membuat Gantungan Kunci Bentuk Sendal Dari Kain Flanel

Buat bantal linen dengan siluet hewan lucu di kain flanel yang sempurna untuk kamar tidur anak.

Jika Anda tidak memiliki printer laser, Anda dapat mencetak template dengan harga murah di mesin fotokopi. Semua alat dan bahan yang digunakan tersedia di toko kerajinan atau kain.

Potong persegi panjang flanel 61/4-inci x 48/4-inci dengan gunting bergerigi. Lipat kedua ujung persegi panjang hingga bertemu di tengah. Jahit ujungnya menjadi satu. Jahit inisial ke potongan berbentuk hati; Rekatkan potongan awal ini ke tempat tisu. Kain flanel merupakan bahan yang digunakan untuk membuat beberapa kerajinan tangan yang digandrungi banyak orang saat ini. Salah satu ragam seni dan kerajinan berbahan kain flanel yang diminati banyak orang saat ini adalah menjadikannya boneka.

Namun tidak banyak orang yang mengetahui cara membuat kerajinan boneka dari kain flanel. Lalu bagaimana cara membuat kerajinan boneka flanel? Ayo lihat.

Cara Membuat Boneka Dari Kain Flanel Yang Mudah

Pola sangat penting dalam industri ini. Karena jika tidak ada pola, akan sulit untuk melakukan profesi ini. Tetapi jika sulit untuk membuat pola. Kemudian googling saja “Pola Boneka Flanel” dan gambar pola akan muncul atau Anda dapat mengunduh polanya di atas.

Setelah pola dibuat, langkah selanjutnya adalah memotong kain flanel dengan pola yang diinginkan. Triknya adalah memotong pola Anda terlebih dahulu. Kemudian pindahkan ke kain flanel dan gambar pola pada kain flanel dengan pena atau pensil.

Ambil pola potongan tangan. Kemudian cocokkan dengan pola tangan satunya lalu jahit polanya, tapi jangan lupa sisakan lubang kecil untuk memasukkan dakron.

Cara Membuat Kerajinan Boneka Dari Kain Flanel

Cara membuat boneka hewan dari kain flanel, cara membuat kerajinan tangan boneka dari kain flanel, cara membuat boneka beruang dari kain flanel, cara membuat boneka emoji dari kain flanel, cara membuat boneka kelinci dari kain flanel, cara membuat boneka jari dari kain flanel, cara membuat boneka adat dari kain flanel, cara membuat boneka gajah dari kain flanel, kerajinan dari kain flanel, kerajinan boneka dari kain flanel, boneka dari kain flanel, kerajinan boneka kain flanel

Related posts

Leave a Reply