Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Cara Membuat Server Hosting Sendiri – Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat hosting gratis sendiri dengan Debian 11 VPS yang terinstal dengan web server Nginx, php 8.1 dan database MariaDB.

Namun sebelum itu, kita akan berbicara sedikit tentang hosting terlebih dahulu. Jika Anda belum begitu memahami apa itu web hosting dan cara kerja web hosting, silahkan simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Web hosting adalah sebuah tempat di internet yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data untuk membuat aplikasi berbasis website yang dapat diakses melalui internet.

Pengertian Dan Cara Membuat Server Minecraft Dengan Vps

Secara sederhana, hosting biasanya terdiri dari beberapa aplikasi terintegrasi seperti web server (Apache, Nginx, dll), database (MySQL, MariaDB, dll), dan bahasa pemrograman (php).

Seiring berjalannya waktu, jumlah fitur hosting meningkat. Sekarang hosting tidak hanya dapat menyimpan file untuk sebuah website, tetapi juga dapat menambahkan fungsi seperti email, FTP dll.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hosting terdiri dari beberapa komponen seperti web server, database, software, mass storage (media penyimpanan), dll.

Hosting adalah integrasi dari berbagai komponen yang berjalan pada sistem operasi. Jenis sistem operasi (OS) yang sering digunakan oleh web hosting adalah Linux seperti Debian, Ubuntu, CentOS, Red Hat, dll.

Apa Itu Hosting? Pahami Cara Kerja, Jenis, Hingga Manfaatnya

Meskipun hosting juga dapat berjalan di Windows atau macOS, namun tidak disarankan karena kompatibilitas dan kecepatannya.

Sistem operasi ini juga membutuhkan sumber daya (CPU, RAM, Mass Memory) untuk dijalankan sebagai perangkat fisik (Server/PC/Laptop) atau sebagai perangkat virtual (Virtual Machine).

Hosting banyak dilakukan di mesin virtual atau disebut dengan Virtual Private Server (VPS).

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Setiap hosting memiliki alamat IP yang terkait dengan server/VPSnya. Dengan alamat IP ini, situs web yang kami buat di hosting ini dapat diakses melalui Internet.

Apa Saja Perbedaan Domain Dan Hosting? Simak Penjelasannya!

Namun bagi pengguna yang ingin mengakses suatu situs, jelas akan kesulitan karena harus memasukkan alamat IP situs tersebut setiap saat. Untuk ini kita bisa menambahkan hosting dengan nama domain.

Pengguna akan memiliki akses ke domain ini, yang kemudian akan diarahkan ke alamat IP hosting kami.

Kami juga dapat membuat hosting sendiri secara gratis dalam beberapa langkah mudah. Untuk membuat hosting sendiri secara gratis tentunya kita membutuhkan server/VPS yang bisa digunakan untuk mengatur hosting tersebut.

Setelah mendaftarkan VPS Vultr, menerapkan instance baru, yang akan disetel dengan Linux yang menjalankan Debian 11, kita akan memulai tutorial tentang Cara Membuat Hosting Gratis Anda Sendiri Dengan VPS Debian 11.

Pilihan Opsi Cara Membuat Beberapa Situs Di 1 Server

Saya telah membahas tutorial tentang cara menginstal Nginx, php 8.1 dan MariaDB di Debian 11 di Vultr VPS di artikel sebelumnya. Lihat caranya di sini:

Setelah menginstal database Nginx, php8.1 dan MariaDB di Debian 11, kami telah berhasil membuat hosting kami.

Sekarang kita akan membahas cara membuat website hosting menggunakan WordPress. Website berbasis WordPress banyak digunakan karena mudah digunakan dan tentunya gratis.

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah membuat sertifikat SSL untuk membuat domain lebih aman dan dapat diakses menggunakan protokol https.

Cara Membuat Server Minecraft Gratis Dengan Vps.me (dengan Gambar)

Setelah menjalankan perintah, akan muncul opsi yang perlu kita selesaikan, masukkan seperti pada contoh di bawah ini:

Sejauh ini kami telah mampu membuat SSL yang membuat dua file dengan ekstensi .crt dan .key. Kedua file ini akan kita taruh di file konfigurasi Nginx nanti.

Hal kedua yang akan kita lakukan adalah membuat file konfigurasi pool php8.1-fpm. Pertama, ubah ke direktori konfigurasi pool php8.1-fpm dengan perintah:

Jika sudah, simpan file konfigurasi dengan menekan ctrl+o -> Enter -> ctrl+x untuk keluar.

Cara Membuat Server Sendiri Di Rumah

Kemudian kami menyiapkan Nginx untuk mengintegrasikannya dengan file konfigurasi SSL dan php8.1-fpm yang telah dibuat sebelumnya.

Salin dan tempel file konfigurasi berikut. Pastikan untuk mengganti nama domain rizkyagung.com dengan nama domain Anda sendiri:

Jika ada kesalahan, periksa kembali file konfigurasi dan perbaiki sesuai dengan informasi hasil pengujian untuk melihat baris mana yang salah.

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Sekarang kita siap untuk menginstal WordPress di Nginx Debian 11. Caranya adalah dengan mendownload file installer wordpress terlebih dahulu.

Cara Membuat Hosting Sendiri (5 Langkah) Mudah

Setelah menyelesaikan proses unpacking, kita rename folder WordPress menjadi nama domain yang kita gunakan dengan perintah:

Kemudian kita ubah pemilik folder dari root menjadi www-data yang digunakan oleh php dan nginx dengan perintah:

Sebelum kita dapat menginstal WordPress di Debian 11, kita perlu membuat database yang akan digunakan oleh WordPress.

OK sampai setup hosting selesai. Sekarang kita lanjutkan untuk mensetting domain agar bisa terkoneksi dengan hosting.

Cara Memilih Lokasi Server Hosting Untuk Website Anda

Jika Anda belum memiliki akun Cloudflare, daftar terlebih dahulu ke Cloudflare.com. Jangan khawatir, Cloudflare juga gratis untuk digunakan.

Setelah mendaftar, masuk ke Dasbor Cloudflare. Tambahkan domain dengan mengklik menu Add Site -> Masukkan nama domain -> Klik Add Site.

Cloudflare akan memindai catatan DNS domain Anda. Jika Anda menemukan entri catatan DNS, Anda dapat menghapus semuanya.

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Jika kosong, tidak ada DNS record, kita tambahkan record baru dengan mengklik Add record dengan rincian sebagai berikut:

Pengertian Web Hosting Dan Cara Kerjanya

Anda dapat mengganti opsi @ dengan nama domain Anda. Jika Anda telah menambahkan kedua data DNS, klik Lanjutkan.

Kemudian salin server nama dari Cloudflare dan tempel ke pengaturan server nama domain Anda. Untuk mengubah server nama, buka pengaturan domain yang sesuai.

Jika Anda mengklik Selesai, periksa Server Nama. Perubahan server nama ini terkadang dapat memakan waktu hingga 24 jam, tetapi biasanya dapat memakan waktu beberapa menit atau detik.

Kami dapat memeriksa apakah catatan DNS sudah benar dengan mengakses domain melalui browser web. Jika semuanya baik-baik saja, wizard instalasi WordPress akan muncul.

Apa Itu Cloud Hosting? Cara Kerja, Fitur, Dan Potensi Bisnisnya

Sampai saat ini, kami dapat membangun situs web yang berjalan di hosting yang kami buat di VPS di Debian 11.

Blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia maya dan ngeblog, gemar menulis berbagai artikel terutama tentang teknologi, bisa membuat folder, mirror server lain, mendownload file dari server lain, bisa ftp, shell (termasuk command ) wget) dan juga dapat digunakan sebagai

Situs Anda? Dan jika Anda bingung dengan penjelasan teknis di atas, sederhana saja: apakah Anda ingin mencadangkan server Anda sendiri/membagikan data Anda atau membantu orang lain dengan menyalin file seperti ISO/ebook/program dari server lain? Jika demikian, Anda dapat membuatnya sendiri dengan sangat mudah. Daftar gratis di 2freehosting.com ((http://api.2freehosting.com/redir/787511) link ini rekomendasi saya). Saya mendaftar dan menjadi cermin saya http://autodidak.freeserver.me.

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

Sebelum saya masuk ke detail teknis, izinkan saya menunjukkan kepada Anda manfaat membangun server ini dari pengalaman saya dengan server self-taught.freeserver.me (OFE):

Hosting: Definisi, Cara Kerja, Dan Jenis Jenisnya

Harapan saya yang tidak terpenuhi adalah untuk mengubah server ini menjadi cermin kecil http://ilmoe.com, server yang penuh dengan rekaman mp3 dari studi Islam.

(Pembaruan 23 Februari 2014: Saya sementara meninggalkan ilmoe.com karena saran Syekh Rabi. Anda dapat mencerminkan server Ahlus Sunnah yang baru http://radiorasyid.com sebagai gantinya.) Saya harap itu yang saya lakukan. bagus. Jangan gunakan cara ini untuk perbuatan asusila.

Saya benar-benar ingin dapat sepenuhnya menggunakan wget untuk mengunduh apa pun yang saya pilih dari server

, Ternyata tidak mudah, padahal saya sudah mengikuti tutorial terbaik di Indonesia: http://www.master.web.id/mwmag/issue/04/content/hack-wget/hack-wget.html. Untuk menghemat waktu, akhirnya saya menyerah untuk membuat cermin kecil.

Apa Yang Dimaksud Dedicated Hosting

Apakah yang penting bisa digunakan atau tidak. Gunakan klien FTP seperti Filezilla untuk mengunggah data kita ke server. Bagaimanapun, Anda harus mengetahui nama pengguna dan kata sandi. Itu ada di halaman login 2freehosting. Ini adalah contoh dari unggahan manual Debian saya:

2. Proses Unggah. Pastikan itu diunggah ke folder yang benar. Namun saya memiliki 4 subfolder utama yang hanya bernama teks, tarball, iso dan mp3. Apa yang saya gunakan di sini adalah folder teks karena ini adalah file PDF.

4. Jika ingin memberikan link download, klik kanan > Copy URL to clipboard. Maka akan menjadi seperti ftp://[email protected]/public_html/teks/debian/Bab%205%20Linux%20Shell.pdf. Ubah setiap URL yang disalin dari Filezilla ke http://autodidak.freeserver.me/teks/debian/Bab%205%20Linux%20Shell.pdf yaitu hapus public_html dan ubah ftp menjadi http. Jika Anda tidak mengubahnya dengan cara ini, orang tidak akan dapat mengunduhnya. Insya Allah mudah. Atau dengan masuk ke folder menggunakan browser dan kemudian klik kanan pada Copy Link. sangat mudah. Kita biasanya sangat bingung mencari hosting gratis untuk menjangkau orang lain. Sebenarnya untuk membuat server tidak perlu mencari server berbayar, kita bisa menggunakan komputer dan internet untuk menjadi server.

Cara Membuat Server Hosting Sendiri

2. Lalu pergi ke router default Anda. Apa router defaultnya? Caranya tinggal ketik CMD (Start – Run – CMD) lalu ketik “ipconFIG” lalu cari “Default Gateway” yang disebut Default Router/Gateway

Apa Itu Web Hosting Dan Mengapa Anda Membutuhkannya

3. Kemudian setelah mendapatkan default gateway/router misalnya 192.168.1.1 sekarang buka alamatnya di browser. Kemudian minta saya memasukkan kata sandi pengguna, masukkan pengguna: admin, kata sandi: admin juga.

4. Kemudian masuk ke Opsi Lanjutan – Server Virtual – NAT. oh ya mungkin setiap router berbeda, tapi pasti ada pilihan untuk server virtual, lihat saja, tampilannya seperti ini

5. Kemudian yang perlu dilakukan adalah seperti screenshot di atas. Oh ya, untuk IP lokal, masukkan alamat IP lokal Anda, cara melihatnya, buka CMD, lalu ketik IPCONFIG, cari alamat IPV4, ini yang disebut alamat IP lokal. Anda mengisinya di ipconfig seperti yang disebutkan sebelumnya

Caranya mudah, cukup buka folder XAMPP tempat Anda menginstalnya lalu buka folder htdocs, agar file-file Anda bisa diletakkan di server. Mungkin Anda bisa mengganti index.php dengan index.php / index.html Anda sendiri.

Langkah Mudah Membuat Blog Dan Website Self Hosting

Cara menemukan alamat server Anda sehingga siapa pun dapat mengaksesnya adalah dengan menemukan alamat IP publik Anda. Yang harus Anda lakukan adalah membuka http://www.whatsmyip.org/ nanti jika ada orang lain yang ingin mengakses server Anda

Cara membuat server hosting sendiri dengan komputer rumah, cara buat server hosting sendiri, cara membuat server web hosting sendiri, cara membuat server hosting dan domain sendiri, cara membuat server hosting, membuat server web hosting sendiri, buat server hosting sendiri, membuat server hosting sendiri, cara membuat hosting sendiri, cara kerja shared hosting server, cara membuat hosting server sendiri, tutorial membuat server hosting sendiri

Related posts

Leave a Reply