Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri – Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat web hosting gratis menggunakan Debian 11 VPS yang diinstal dengan web server Nginx, php 8.1 dan database MariaDB.

Namun sebelum itu, kita akan membahas sedikit tentang Web Hosting. Jika Anda belum mengerti apa itu web hosting dan bagaimana cara kerja sebuah website, silahkan cek terlebih dahulu informasi berikut ini.

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Halaman web adalah area di Internet yang dapat kita gunakan untuk menyimpan informasi untuk membuat aplikasi web yang dapat diakses melalui Internet.

Lengkap! Cara Membuat Web Hosting Sendiri Gratis Menggunakan Vps Debian 11

Dengan kata sederhana, seluruh web terdiri dari beberapa aplikasi yang terhubung seperti Web Server (Apache, Nginx, dll), database (MySQL, MariaDB, dll) dan bahasa pemrograman (php).

Seiring waktu, konten web semakin meningkat. Sekarang web hosting tidak hanya bisa menyimpan file untuk keperluan website, kita bisa menambahkan email, ftp, dan fitur lainnya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, website terdiri dari banyak hal seperti: Web Server, Database, Software, Storage (Media penyimpanan), dll.

Situs web adalah kombinasi dari berbagai bagian yang berjalan pada sistem operasi. Jenis sistem operasi (OS) yang umum digunakan di Internet adalah Linux, seperti Debian, Ubuntu, CentOS, Red Hat, dll.

Cara Membuat Server Minecraft Secara Gratis (dengan Gambar)

Meskipun web hosting dapat bekerja pada OS berbasis Windows dan bahkan MacOS, tidak disarankan untuk kecepatannya.

Sistem operasi ini juga membutuhkan sumber daya untuk menjalankannya (CPU, RAM, store) berupa peralatan fisik (Sever/PC/komputer) atau virtual (Virtual Machine).

Situs web itu sendiri di-host di server khusus atau yang disebut Virtual Private Server (VPS).

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Setiap situs web memiliki alamat IP yang dilampirkan ke server/VPS. Dengan alamat IP ini, situs web yang kami buat di situs web ini dapat diakses melalui Internet.

Local Web Server Paling Mudah

Namun bagi pengguna yang ingin mengakses website tentunya akan kesulitan jika memasukkan alamat IP website setiap kali ingin masuk. Jadi kita bisa menautkan website dengan nama domain.

Domain ini adalah apa yang pengguna dapat login untuk diarahkan ke alamat IP situs web kami.

Kita bisa membuat website kita sendiri bahkan gratis dengan langkah-langkah Tidak sesederhana itu. Untuk membuat website anda menjadi gratis tentunya kita membutuhkan sebuah server/VPS yang dapat digunakan untuk menghosting website tersebut.

Setelah mendaftar VPS Vultr, silakan kirim contoh baru untuk diinstal dengan Linux Debian 11 akting, kami akan mulai mengajarkan cara membuat situs web gratis menggunakan Debian 11 VPS.

Cara Membuat Website Sendiri (100% Mudah) Tanpa Coding!

Untuk tutorial cara install Nginx, php 8.1 dan MariaDB di Debian 11 di VPS Vultr sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Silahkan lihat caranya disini:

Setelah menginstal Nginx, php8.1 dan MariaDB Database di Debian 11, itu berarti kita telah berhasil membuat website kita.

Sekarang kita akan membahas cara membuat website di website menggunakan WordPress. Website yang menggunakan WordPress digunakan karena mudah digunakan dan tentunya gratis.

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah membuat sertifikat SSL untuk domain agar lebih aman dan dapat diakses menggunakan protokol https.

Apa Itu Cloud Hosting? Cara Kerja, Fitur, Dan Potensi Bisnisnya

Saat perintah dijalankan, akan muncul opsi yang harus kita selesaikan, silahkan masukkan seperti contoh berikut:

Sejauh ini, kami telah berhasil membuat SSL yang membuat dua file dengan ekstensi .crt dan .key. Kedua file ini akan kita taruh di file konfigurasi Nginx nanti.

Hal kedua yang kita lakukan adalah membuat file konfigurasi php8.1-fpm. Pertama, buka konfigurasi dan perintah php8.1-fpm:

Jika sudah, simpan file konfigurasi dengan menekan ctrl + o -> enter -> ctrl + x untuk keluar.

Pilihan Opsi Cara Membuat Beberapa Situs Di 1 Server

Selanjutnya kita konfigurasi Nginx untuk terhubung ke file konfigurasi SSL dan php8.1-fpm yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Silakan salin dan tempel file konfigurasi berikut. Pastikan untuk mengganti nama domain rizkyagung.com dengan nama domain yang digunakan:

Jika ada pesan error, silahkan cek file konfigurasi dan perbaiki sesuai data hasil pengujian, baris mana yang error.

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Sekarang kita siap untuk menginstall wordpress di Nginx Debian 11. Caranya adalah dengan mendownload file instalasi WordPress terlebih dahulu.

Cara Membuat & Mengelola Email Domain Sendiri Di Gmail

Setelah mengekstrak zip, kami mengganti nama folder wordpress menjadi nama domain yang kami gunakan dengan perintah:

Kemudian kita ubah pemilik file dari root menjadi www-data yang digunakan oleh php dan nginx dengan perintah:

Sebelum kita dapat menginstal WordPress di Debian 11, kita harus membuat database yang akan digunakan oleh wordpress.

Ok sampai sekarang konfigurasi dilakukan pada website. Sekarang kita lanjutkan untuk menentukan domain yang akan dihubungkan dengan website.

Cara Memilih Host Web Dalam 4 Langkah

Jika belum memiliki akun Cloudflare, silahkan daftar terlebih dahulu di website Cloudflare.com. Jangan khawatir, menggunakan Cloudflare juga gratis.

Setelah mendaftar, masuk ke dasbor Cloudflare. Tambahkan domain dengan cara klik menu Add Site –> masukkan nama domain –> klik tab Add.

Cloudflare akan memverifikasi informasi domain DNS-nya. Jika ada catatan DNS yang ditemukan, catatan tersebut dapat dihapus sama sekali.

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Jika kosong, tidak ada informasi DNS, kami menambahkan record baru dengan mengklik Add record dengan rincian sebagai berikut:

Cara Membuat Perangkat Android Menjadi Web Server

Opsi @ dapat diganti dengan nama domain. Jika dua catatan DNS telah ditambahkan, lalu klik Lanjutkan.

Selanjutnya, salin nama server dari Cloudflare dan tempel di pengaturan domain. Silakan buka pengaturan domain mereka untuk mengubah nama server.

Jika Anda mengklik Selesai, periksa namanya. Perubahan nama server ini bisa memakan waktu hingga 24 jam, tetapi biasanya bisa secepat beberapa menit atau detik.

Kami dapat memeriksa apakah catatan DNS sudah benar dengan mengakses domain melalui browser web. Jika semuanya sudah benar, wizard penginstalan WordPress akan muncul.

Cara Membuat Website Gratis Sendiri, Mudah & Cepat!

Hingga saat ini, kita dapat membuat situs web yang berjalan di situs web yang dihosting sendiri di Debian 11 pada VPS.

Seorang blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia internet dan blogging, suka menulis berbagai artikel, terutama tentang teknologi. Padahal, untuk membuat server tidak perlu mengeluarkan biaya, kita bisa menggunakan komputer dan internet untuk menjadi server.

2. Lalu pergi ke router default. Apa router defaultnya? Caranya masuk saja ke CMD (start – run – CMD) dan ketik “IPCONFIG” dan cari “default gateway” sekarang yang disebut router/default gateway.

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

3. Kemudian setelah menemukan default gateway/router, misal 192.168.1.1 sekarang buka alamatnya di browser. Kemudian beri tahu saya untuk memasukkan kata sandi, masukkan pengguna: admin, kata sandi: admin lagi.

Cara Membuat Cloud Server Sendiri Dengan Mudah

4. Kemudian, masuk ke Opsi Lanjutan – Server Virtual – NAT. Ya mungkin setiap router berbeda-beda, tapi pasti ada pilihan untuk virtual server, cari saja, tampilannya seperti ini.

5. Setelah itu yang perlu ditambahkan sama dengan gambar diatas. Ya, untuk alamat IP lokal, isikan alamat ip lokal, seperti yang Anda lihat, buka CMD dan ketik IPCONFIG, lihat alamat IPV4, itu disebut alamat IP lokal. Anda menambahkannya seperti yang dijelaskan dalam ipconfig sebelumnya

Caranya mudah, tinggal buka folder XAMPP yang sudah kamu install, lalu buka folder htdocs, lalu taruh saja file-file kamu di server disini. Mungkin Anda bisa mengganti index.php dengan index.php/index.html Anda sendiri.

Cara untuk menemukan alamat server Anda sehingga semua orang dapat mengaksesnya adalah dengan mencari alamat IP publik. Anda hanya perlu membuka http://www.whatsmyip.org/ kemudian jika ada yang ingin bergabung dengan server Anda, berikan saja IP publik Anda.

Cara Membuat Server Sendiri Di Rumah

Ingin mengobrol langsung? Ingin pertanyaan gratis? Menjadi kenyataan bersama kami di FANSPAGEWeb Hosting adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan file atau aplikasi web yang nantinya bisa kita masukkan melalui internet. Ada berbagai pilihan untuk web hosting mulai dari yang gratis hingga yang membayar ribuan atau bahkan ratusan juta dolar per bulan. Semuanya disesuaikan dengan kapasitas website itu sendiri dari segi kapasitas dan kemampuan mengelola banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Nah, kali ini kami akan memberi tahu Anda cara membuat web hosting sendiri. Jika Anda sudah memiliki situs web sendiri, Anda mungkin bebas menggunakannya untuk penggunaan Anda sendiri atau untuk dijual kembali. Jadi web hosting bisa memakan waktu lama, kami sarankan menggunakan VPS berbayar, tetapi Anda dapat menggunakan VPS percobaan tetapi akan ada kemungkinan kehilangan data. Sekarang VPS sudah ada, saatnya menyiapkan web hosting.

Sistem yang akan digunakan adalah versi CentOS 8, karena dapat ditemukan secara gratis dan kompatibel dengan Panel yang akan kita gunakan untuk mengkonfigurasi website. Apa itu Panel? Panel adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengelola semua permintaan yang terkait dengan situs web Anda melalui browser Anda, jadi hanya cmd yang diperlukan pada awalnya.

Cara Membuat Server Web Hosting Sendiri

Kita akan menggunakan AAPanel sebagai panel untuk melakukan konfigurasi dan mempermudah konfigurasi VPS nantinya. Situs ini gratis untuk digunakan dan jika Anda terbiasa dengannya dan ingin membuka lebih banyak fitur, Anda dapat membeli lisensi yang ada. Kami mulai dengan mengunduh dan menginstal AAPanel.

Panduan Lengkap Memulai Bisnis Web Hosting Sendiri • Asaljeplak.com

Setelah itu, kita hanya perlu menunggu proses instalasi selesai, sistem akan mulai menginstal set secara otomatis.

Setelah beberapa menit proses instalasi akan selesai dan menampilkan informasi seperti gambar di atas. Anda akan secara otomatis menerima URL untuk mengakses panel, nama pengguna dan kata sandi. Anda dapat mengubahnya nanti setelah berhasil login. Beberapa penyedia layanan mungkin memblokir akses ke beberapa port, jadi Anda harus membukanya terlebih dahulu, terutama pada port 8888, 888, 80, 443, 20, 21. Anda dapat mengubah nomor port ini nanti.

Buka panel kontrol menggunakan alamat yang diberikan dari proses instalasi dan gunakan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk.

Setelah menyelesaikan login Anda akan disambut

Hosting Terbaik Indonesia (diuji 2022)

Cara buat server hosting sendiri, cara membuat web hosting, cara buat server web hosting sendiri, cara hosting web sendiri, cara membuat server hosting dan domain sendiri, membuat server web hosting sendiri, cara membuat server web hosting, cara membuat server hosting, membuat server hosting sendiri, virtual server web hosting, membuat web hosting sendiri, cara membuat hosting server sendiri

Related posts

Leave a Reply