Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia – Siapa yang masih ingat teman? Ya, media sosial populer di kalangan generasi muda sebelum Facebook mulai beroperasi. Membahas media sosial tentunya tidak lepas dari nama-nama media sosial utama saat ini, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, berbasis chat seperti WhatsApp, Line, KakaoTalk, Telegram dll. Jenisnya banyak dan bervariasi. Untuk itu mari kita simak materi tentang fenomena sikap masyarakat terhadap media sosial di Indonesia.

Infografis di atas menggambarkan evolusi pengguna media sosial. Total penggunanya mencapai 150 juta pengguna, yang berarti mayoritas pengguna internet menggunakan media sosial untuk bersosialisasi. Jumlah pengguna media sosial mencapai 56% dari total penduduk Indonesia, dengan jumlah pengguna ponsel mencapai 130 juta. Tidak heran semua platform media sosial akhirnya berfokus pada pengoptimalan aplikasi mereka untuk perangkat seluler.

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Apa media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia? Yuhuu… YouTube pemenangnya. Pantas saja banyak penggemar Atta Halintar dan Rhea Reese, maaf Maymin bukan salah satunya.

Gen Z Hobi Shopping Dominasi Pengguna Internet Di Indonesia?

Dari sisi jenis kelamin dan usia, terlihat mayoritas pengguna media sosial berusia antara 18-34 tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Ini adalah usia yang sangat produktif.

Berikut beberapa infografis yang menggambarkan keadaan media sosial terpopuler Tanah Air, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, YouTube.

Media sosial tidak diragukan lagi merupakan aplikasi paling populer di kalangan netizen Indonesia. Tren pengguna tumbuh secara signifikan, serta fitur-fitur yang dapat dinikmati pengguna secara gratis semakin meningkat dan berkembang.

Namun pada kenyataannya, persaingan untuk platform media sosial bisa sangat brutal. Baru tahun ini, jaringan media sosial Pat yang populer harus gulung tikar dan menutup toko. Diikuti oleh media sosial yang dibuat oleh Google yaitu Google+. Apa lagi yang Google coba? Namun, dia masih menghadapi serangan dari platform media sosial lainnya. Menurut laporan itu, Snapchat juga dikabarkan akan ditutup, hanya menyediakan tisu.

Perilaku Pengguna Internet Indonesia

Oleh karena itu, mereka yang pandai melihat peluang tidak ketinggalan para ibu yang memiliki prinsip ini: “Apa pun media sosialnya, yang terpenting jualan online.” Facebook Inc. adalah perusahaan layanan jaringan sosial yang menghubungkan. Pengguna untuk memperpanjang kemitraan. Perusahaan ini pertama kali diluncurkan pada 4 Februari 2004 dari negara bagian California, yang berarti media sosial Mark Zuckerberg telah melayani penggunanya selama 17 tahun.

Sekedar memberikan akses untuk memperluas jaringan pertemanan, kini Facebook mengembangkan berbagai fitur yang semakin update. Tidak hanya itu, fitur yang disediakan memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai informasi.

Itu dibuat oleh Mark Zuckerberg dan memiliki 2,7 miliar MAU, menjadikannya media sosial paling populer dan digunakan di dunia.

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Yang populer lainnya adalah YouTube (2,3 miliar MAU), WhatsApp (2 miliar MAU) dan Instagram dengan rekor 1,2 miliar MAU.

Sosial Media Paling Populer Di Indonesia

Hanya di Indonesia, Facebook menempati urutan ketiga dalam daftar media sosial yang paling banyak digunakan oleh penduduk berusia 16 hingga 64 tahun.

Persentase pengguna yang memiliki akses ke Facebook adalah 82 persen, hanya satu tingkat di bawah WhatsApp (84 persen), dan satu di atas Instagram (79 persen).

Sejauh ini, total pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 160 juta (59 persen dari total penduduk), dengan rata-rata 3 jam 26 menit waktu yang dihabiskan di media sosial per hari.

Dalam laporan survei tren digital bekerja sama dengan YouGov, jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia mencapai 3,3 miliar orang pada tahun 2020, 140 juta di antaranya berada di Indonesia.

Pengguna Internet Di Indonesia Meningkat 15,5% Di Awal Tahun 2021, Youtube Masih Menjadi Raja Media Sosial Di Indonesia

Pengguna Facebook di dunia mencapai 2,8 miliar atau 35,59 persen dari total populasi 7,87 miliar orang. Khusus di benua Asia, pengguna Facebook tercatat 1,12 miliar atau sekitar 26 persen dari populasi 4,3 miliar orang. Jumlah ini lebih tinggi dari benua lain.

Indonesia masuk dalam daftar tujuh negara di dunia yang memiliki pengguna Facebook terbanyak. Hingga kuartal II 2021, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 176,5 juta, naik 1,2 juta dibandingkan kuartal I 2021 (175,3 juta).

Angka ini setara dengan 63,4 persen dari total populasi negara yang berjumlah 276,36 juta orang (per 2021) atau 76,8 persen pengguna Internet.

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Posisi pertama ditempati oleh India dengan 416,6 juta pengguna, yaitu 13,3 juta pengguna lebih banyak dari kuartal sebelumnya (403,3 juta). Angka ini setara dengan 29,9 persen dari total populasi 1,39 miliar orang (perkiraan 2021) atau 54,2 persen pengguna internet di India.

Persen Desa Di Jawa Barat Sudah Memiliki Akses Internet

Tiga negara di benua Amerika masuk dalam daftar, 2 (Amerika Serikat), 4 (Brasil) dan 6 (Meksiko). Masing-masing negara tersebut mendaftarkan 256,2 juta, 139,9 juta, dan 78,8 juta pengguna.

Dua negara Asia Tenggara lainnya juga masuk dalam daftar, dengan Filipina di urutan keenam dengan 91,1 juta pengguna, 2 juta pengguna lebih banyak dari kuartal sebelumnya (89,1 juta).

Kemudian Vietnam berada di posisi ketujuh dengan 75,9 juta pengguna, bertambah 1,1 juta pengguna dibandingkan kuartal sebelumnya (74,8 juta). Angka ini setara dengan 77,4 persen penduduk Vietnam yang berjumlah 98,1 juta orang.

Pertumbuhan jumlah pengguna Facebook didasarkan pada pandemi Covid-19, kata Peter Lidian, Country Head Facebook Indonesia. Peningkatan pengguna ini tidak hanya terjadi di Indonesia, negara lain juga mengalami hal yang sama.

Pengguna Internet Indonesia 2020

“Dalam 12 bulan ke depan, 88 persen orang dalam kelompok itu menyatakan akan terus terlibat dalam komunitas, atau bahkan lebih sering lagi,” kata Peter.

Dilihat dari demografi pengguna, secara global mayoritas pengguna Facebook berada pada kelompok usia 18-34 tahun untuk wanita dan 25-34 tahun untuk pria. Di Indonesia, pengguna Facebook masih didominasi oleh anak muda, terutama generasi Z dan generasi milenial.

Hal ini tercermin dari laporan yang diperoleh Statista untuk periode April 2021, di mana 33,6 persen pengguna Facebook di Tanah Air berada pada kelompok usia 25-34 tahun, disusul 30,2 persen pada kelompok usia 18-24 tahun.

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Sisanya, 14,3 persen berusia 35-44 tahun, 11,2 persen berusia 13-17 tahun, 5,8 persen berusia 45-54 tahun, 25 persen berusia di atas 64 tahun, dan setidaknya dalam persentase. Batas usia 55 tahun. 64 tahun dengan persentase 1,7 persen.

Pengguna Instagram Di Indonesia Didominasi Wanita Dan Generasi Milenial

Jika anda tertarik untuk membaca lebih banyak tulisan Iip M. Aditya, silahkan klik link ini untuk arsip artikel Iip M. Aditya.

Terima kasih telah melaporkan penyalahgunaan yang melanggar aturan atau prosedur tertulis di GNFI. Kami terus berusaha untuk menjaga GNFI bebas dari konten yang seharusnya tidak ada di sini. Media sosial kini menjadi bagian yang semakin sentral dalam kehidupan. Selain itu, penggunaan Internet meningkat pesat karena epidemi dan penggunaan media sosial juga meningkat. Peran media sosial yang semakin penting berkembang pesat.

Media sosial sangat cepat. Jika Anda ingat dengan baik, media sosial tidak ada selama dua dekade terakhir, tetapi sekarang media sosial tiba-tiba mengubah cara orang berkomunikasi.

Interaksi yang berlangsung melalui media sosial tidak lagi satu arah seperti media penyiaran tradisional. Kini masing-masing pihak bisa berinteraksi dua arah tanpa ada halangan. Alhasil, setiap orang bisa lebih kritis terhadap informasi yang diberikan.

Tahun 2018 Facebook Masih Mendominasi Media Sosial

Pendekatan seperti ini juga mengubah cara kerja pemasaran pada khususnya. Orang-orang yang lebih interaktif di media sosial menjadi wadah arus lalu lintas yang besar. Berdasarkan data penggunaan media sosial di Indonesia, pengguna media sosial mencapai 59 persen atau sekitar 86 juta pengguna pada tahun 2020. Lihat seberapa besar potensi trafik media sosial di Indonesia.

Ukuran potensial ini kemudian meyakinkan pelaku bisnis untuk terus menggunakan media sosial sebagai saluran pemasaran. Dengan kehadiran bisnis di media sosial, penyedia media sosial juga mendapatkan manfaat dan kemampuan untuk terus berinovasi dan mengembangkan media sosial agar relevan dengan kebutuhan bisnis. Jelas, ini adalah hubungan yang saling menguntungkan.

Namun yang ingin saya bahas kali ini adalah inovasi seperti apa yang dilakukan media sosial agar tetap relevan? Nah, dalam artikel ini saya akan menunjukkan beberapa inovasi yang mulai menjadi standar baru.

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Saya mengambil standar baru fitur jual beli media sosial dari presentasi Ogilvy yang diluncurkan pada awal tahun 2020. Berikut adalah tren media sosial yang mulai berkembang:

Data: Ini Media Sosial Paling Populer Di Indonesia 2020 2021

Fitur transaksi jual beli di media sosial menjadi lebih simpel dan mudah digunakan. Facebook adalah media sosial yang dimulai dalam beberapa tahun terakhir. Tidak lama kemudian media sosial lainnya mengikuti.

Menariknya, fungsi jual beli juga terus berkembang. Untuk tidak hanya menampilkan tombol toko atau beli, tetapi juga konten di media sosial. Ogilvy menyebut perdagangan timbal balik ini dengan studi kasus Adidas.

Dalam kasus yang dibawa oleh Ogilvy, terungkap bahwa Adidas meluncurkan game yang nantinya bisa mengajak pemain untuk membeli produk Adidas langsung dari game tersebut. Ini adalah metode pemasaran non-intrusif yang sempurna untuk media sosial.

Secara khusus, prediksi tentang bisnis interaktif ini tampaknya menjadi kenyataan dengan cepat karena pandemi virus corona. Epidemi yang menyebar semakin banyak menggunakan media sosial

Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia

Instagram adalah salah satu yang sangat ingin mengembangkan fitur jual beli interaktif ini. Selama beberapa bulan terakhir, beberapa stiker telah diluncurkan yang dapat membantu pemirsa membeli produk dari bisnis lokal langsung dari Instagram Stories.

Sayangnya, sejauh yang saya tahu, YouTube tidak melakukan hal yang sama dengan media sosial paling populer saat ini. Saya bahkan merasa YouTube terlalu lambat untuk mengembangkan fitur jual beli untuk kreator atau bisnis.

Yang menggabungkan berbagai saluran pemasaran di media sosial. Contohnya adalah Instagram mengarahkan produk ke toko terdekat. Inisiatif ini juga dikembangkan untuk memerangi pandemi, termasuk aplikasi pengiriman makanan seperti GrabFood atau GoFood.

Data Pengguna Media Sosial Di Indonesia

Lain lagi terkait jual beli, termasuk teknologi Augmented Reality. Teknologi ini banyak ditemukan di media sosial. Instagram dan TikTok adalah dua media sosial yang sangat baik dalam menerapkan teknologi ini untuk bisnis.

Peran Media Sosial Pada Instansi Pemerintah

Dengan

Aplikasi sosial media pengguna terbanyak, data pengguna media sosial, pengguna media sosial di indonesia 2015, pengguna media sosial di dunia, data statistik pengguna media sosial di indonesia, pengguna sosial media terbanyak di dunia, jumlah pengguna media sosial di indonesia, data pengguna sosial media di indonesia, data pengguna media sosial di indonesia 2015, pengguna sosial media, aplikasi sosial media paling banyak pengguna, pengguna sosial media di indonesia

Related posts

Leave a Reply