Materi Kuliah Enterprise Resource Planning

Materi Kuliah Enterprise Resource Planning

Materi Kuliah Enterprise Resource Planning – Enterprise resource planning merupakan materi yang dipelajari pada mata kuliah aplikasi enterprise UNPAS Bandung, Fakultas Ilmu Informatika. Hari ini saya akan berbicara tentang Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau ERP secara singkat. Berikut penjelasannya.

O’Brien, J.A. dan Marakas, G.M. Menurut (2010:272), enterprise resource planning (ERP) adalah suatu sistem yang mengintegrasikan semua sumber daya dalam suatu perusahaan, yang digerakkan oleh beberapa modul perangkat lunak yang terintegrasi untuk mendukung proses bisnis internal perusahaan. Sebuah sistem yang mengandung fungsi. Misalnya, software ERP untuk perusahaan manufaktur biasanya dimulai dengan memproses data yang masuk, melacak status penjualan barang dagangan, inventaris, pengiriman, penagihan, dan memperkirakan kebutuhan bahan baku dan personel. (2010:272) Sistem ERP memiliki lima komponen utama. Berikut adalah gambar dari kelima komponen tersebut:

Materi Kuliah Enterprise Resource Planning

Materi Kuliah Enterprise Resource Planning

Menurut James A. Hall (2011:31), Enterprise Resource Planning (ERP) adalah model sistem informasi yang memungkinkan organisasi untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses bisnis utama. Perencanaan sumber daya perusahaan (2007:10) oleh Turban, Rayner dan Potter dirancang untuk memecahkan masalah domain fungsional sistem informasi dengan mengintegrasikannya di seluruh basis data.

Jual Buku Enterprise Resource Planning (erp)

Berdasarkan definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa Enterprise Resource Planning adalah suatu konsep sistem informasi yang mengintegrasikan modul-modul yang dapat mendukung proses bisnis utama suatu perusahaan.

Perencanaan kebutuhan material dimulai pada 1960-an dan merupakan hasil dari bekerja dengan bill of material (BOM) yang menjadi populer pada 1970-an. Pada saat itu, mereka yang terlibat dalam manufaktur dan perencanaan produk sedang mencari cara yang lebih baik dan lebih efisien untuk memesan bahan baku. Kami menemukan MRP sebagai solusi terbaik untuk kebutuhan manufaktur dan perencanaan produksi kami karena ini memecahkan masalah utama yang dihadapi.

Sistem MRP menjadi lebih dari sekedar sistem pemesanan. Sistem MRP dapat mengatur periode pemesanan dan mendeteksi serta memperingatkan jika barang tidak sampai tepat waktu. Ada beberapa alat yang dikembangkan untuk mendukung perencanaan penjualan dan produksi, penjadwalan produksi, peramalan, perencanaan kapasitas dan pemrosesan pesanan. Perkembangan ini menyebabkan MRP tertutup. Sistem ini digunakan tidak hanya untuk perencanaan kebutuhan material, tetapi juga untuk mengotomatisasi proses produksi.

Fase ketiga pengembangan ERP, yang disebut MRP II, adalah metode perencanaan sumber daya perusahaan manufaktur secara efektif. MRP II terdiri dari kombinasi berbagai fungsi yang saling terkait. Kemampuan ini meliputi perencanaan bisnis, perencanaan operasi dan penjualan, manajemen permintaan, perencanaan produksi, penjadwalan induk, perencanaan kebutuhan material, perencanaan kebutuhan kapasitas, dan penerapan sistem dukungan kapasitas dan material. Hasil sistem terintegrasi dengan laporan keuangan seperti rencana bisnis, laporan pembelian, pengiriman dan perkiraan persediaan.

Pengertian Erp Lengkap Dan Kegunaannya (contoh Erp Indonesia)

ERP adalah tahap akhir dari pengembangan ERP dan konsep dasar ERP mirip dengan konsep MRP II. Perusahaan perangkat lunak membuat ERP dengan cakupan proses bisnis yang luas, kemampuan untuk menangani beberapa fungsi bisnis tambahan, dan integrasi yang baik dan kuat dengan fungsi keuangan dan akuntansi. ERP juga dapat mengintegrasikan alat lain seperti CRM (Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Management). Selain itu, ERP dapat mendukung proses bisnis yang melibatkan pihak eksternal.

O’Brien, J.A. dan Marakas, G.M. Menurut (2010:273), sistem ERP memberikan nilai bisnis yang signifikan bagi perusahaan. Nilai bisnis:

MoonsonSIM Academy adalah aplikasi simulasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mempelajari konsep organisasi. MoonsonSIM Academy merupakan sarana penunjang yang digunakan untuk materi praktikum Mata Kuliah Aplikasi Enterprise Jurusan Informasi UNPAS Bandung. Di bawah ini adalah contoh gambar atau tampilan simulasi ERP menggunakan aplikasi MoonsonSIM ini.

Materi Kuliah Enterprise Resource Planning

Demikian pembahasan mengenai Enterprise Resource Planning yang diajarkan di Jurusan Informatika UNPAS Bandung. Sumber Daya Berguna Pengantar Sistem ERP ERP dan Rekayasa Pemetaan Proses ERP Siklus ERP: Penjualan, Pemasaran, CRM ERP: Akuntansi, Keuangan ERP: Manufaktur, ERP Rantai Pasokan: Sistem ERP Perusahaan dan Audit Risiko ERP ERP HR dan Business Intelligence Performance Balancing Manajemen manajemen dan sistem perusahaan

Erp 2015 Modul 1

3 Perpustakaan Brady, Monk, Wagner (2001), Konsep Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, Teknologi Kursus, Thomson Learning Wawan, Falahah (2007), Perencanaan Sumber Daya Perusahaan: Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis, Teknologi Informasi, Bandung

Mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep ERP baik secara teknis maupun manajerial. Siswa diharapkan untuk mendapatkan kesadaran dan pemahaman tentang ERP organisasi dan implementasi perangkat lunaknya.

6 Gambaran Umum ERP ERP adalah sistem informasi yang membantu perusahaan mengidentifikasi dan merencanakan, menggunakan, membuat, menyediakan, dan menghitung sumber daya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Konsep ERP dapat berjalan dengan baik dan mudah untuk dikerjakan bila didukung oleh perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi dan infrastruktur komputer.

7 Sistem ERP adalah kumpulan paket sistem informasi yang dibangun dan diimplementasikan sebagai fasilitator untuk realisasi konsep ERP dalam suatu organisasi. sistem) terintegrasi.

Script Maf651 Utk Presentation

8 Definisi lain dari ERP ERP terdiri dari paket perangkat lunak komersial yang memastikan integrasi semua arus informasi dalam suatu perusahaan, termasuk keuangan, akuntansi, sumber daya manusia, rantai pasokan, dan informasi pelanggan. Proses inti di dalam dan di seluruh area fungsional dalam organisasi Satu database, satu aplikasi, dan satu antarmuka terpadu di seluruh perusahaan

9 Enterprise Pengertian enterprise tidak dapat dinyatakan dalam istilah organisasi atau perusahaan, tetapi enterprise digunakan untuk menggambarkan kondisi bisnis secara umum dalam satu entitas organisasi dengan berbagai ukuran, dari usaha kecil hingga perusahaan besar. Dianggap sebagai sebuah sistem, departemen adalah subsistem di mana informasi tentang semua aspek organisasi disimpan dan dikelola secara terpusat, memastikan transparansi informasi.

Dalam kaitannya dengan bisnis, sumber daya dapat berupa aset organisasi termasuk aset keuangan, sumber daya manusia, pelanggan, pemasok, pesanan, teknologi, dan strategi.

Materi Kuliah Enterprise Resource Planning

11 Penjelasan ERP ERP dapat digambarkan sebagai sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya suatu organisasi agar dapat digunakan secara optimal untuk menciptakan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan dalam organisasi.

Pengantar Enterprise Resource Planning

Tujuan dari sistem ERP adalah untuk mengkoordinasikan seluruh bisnis organisasi. ERP adalah perangkat lunak yang berada di dalam organisasi/perusahaan: Mengotomatiskan dan mengintegrasikan banyak proses bisnis Berbagi database umum dan praktik bisnis di seluruh perusahaan. Pemrosesan transaksi dan aktivitas perencanaan

Fase II: Close-Loop MRP, yang merupakan pendahulu ERP dan memiliki konsep perencanaan kebutuhan material, terdiri dari rencana yang dapat dipertukarkan. Tahap III: Perencanaan Sumber Daya Manufaktur (MRP II) adalah pengembangan MRP loop tertutup yang menambahkan tiga elemen: perencanaan penjualan dan operasi, antarmuka keuangan, dan analisis kebutuhan simulasi Tahap IV: Perencanaan Sumber Daya Perusahaan MRP Extension II, yaitu ekstensi. Beberapa proses bisnis seperti keuangan, integrasi rantai pasokan, dan fungsi perusahaan dan organisasi lintas batas dapat dengan mudah dibahas Fase V: ERP Komprehensif (ERP II) Pengembangan ERP dimulai dan lebih kompleks daripada ERP sebelumnya.

Aspek ERP ERP II Peran dalam optimalisasi perusahaan Partisipasi elemen rantai proses bisnis perusahaan Dukungan penuh untuk domain produksi dan distribusi e-commerce Fungsionalitas di luar proses produksi, penjualan, distribusi dan keuangan perusahaan, sektor industri tertentu, proses proses khusus industri untuk proses eksternal Pengaturan proses internal tertutup Arsitektur hubungan dengan mitra bisnis Dukungan berbasis web, arsitektur monolitik tertutup Berbasis web, terbuka, fleksibel untuk diintegrasikan dengan sistem dan basis komponen lain Produksi dan konsumsi data Dikonsumsi oleh pihak internal dan eksternal dan publikasi hasil .

Komponen ERP Akuntansi dan Keuangan – Kelola data akuntansi dan proses keuangan dalam perusahaan Anda dengan fitur-fitur seperti buku besar, hutang, piutang, penganggaran, dan manajemen aset.

Material Requierment Planning (mrp) Dan Enterprise Resource Planning (irp)

Komponen ERP manajemen produksi dan material – menangani berbagai aspek perencanaan dan pelaksanaan produksi seperti peramalan permintaan, penjadwalan produksi, penetapan biaya pekerjaan, kontrol kualitas.

21 Sumber Daya Manusia Komponen HR ERP – melacak informasi karyawan seperti gaji, tunjangan, kompensasi, tinjauan kinerja dan tunduk pada persyaratan hukum dari berbagai yurisdiksi dan otoritas pajak.

23 Komponen E-Business Komponen E-Business meliputi e-Logistik dan e-procurement E-Logistik – mengelola transportasi dan penyimpanan barang E-Procurement – ​​business-to-business (B2B) pembelian dan penjualan barang konsumsi dan layanan melalui Internet

Materi Kuliah Enterprise Resource Planning

24 Manfaat dari sistem ERP menyediakan sistem terintegrasi internal yang memungkinkan proses dan keputusan dieksekusi lebih efektif dan efisien. Aktifkan integrasi global. Menghilangkan kebutuhan untuk memperbarui dan memperbaiki data yang terjadi di sistem lain. Semua pertanyaan dapat dijawab dan diamati

Pdf) Buku Ajar Enterprise Resource Palnning (erp)

Memfasilitasi hubungan komunikasi internal dan eksternal di dalam dan di luar organisasi dapat menjembatani kesenjangan antara pemrograman dan pemeliharaan sistem hukum.

Enterprise resource planning erp adalah, apa itu enterprise resource planning, arti enterprise resource planning, enterprise resource planning ppt, penerapan enterprise resource planning, enterprise resource planning, enterprise resource planning system adalah, enterprise resource planning erp, enterprise resource planning adalah, kelebihan dan kekurangan enterprise resource planning, pengertian enterprise resource planning, cara kerja enterprise resource planning

Related posts

Leave a Reply