Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah – Untuk dapat melakukan survei tanah, diperlukan banyak alat untuk mendukungnya dalam melakukan perhitungan yang akurat. Nantinya, hasil perhitungan tersebut dapat digunakan untuk keperluan seperti pemetaan permukaan bumi. Seperti diketahui bahwa bentuk relief permukaan bumi tidak datar, dan sudah sewajarnya kita membutuhkan alat bantu yang sesuai untuk menghitung dan memahami besaran sudut dan jarak di permukaan bumi.

Beberapa alat yang digunakan termasuk alat sederhana, tetapi beberapa membutuhkan alat dengan teknologi yang lebih maju. Tingkat kesulitan peralatan yang digunakan tergantung dari cara penggunaan dan komponen-komponen yang ada pada peralatan tersebut. Menurut model ini, alat ukur tanah dapat dibagi menjadi tiga kategori: alat ukur sederhana, alat ukur optik dan alat ukur elektronik.

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah

Alat ukur sederhana dapat digunakan untuk mengukur dimensi, alat ukur optik diperoleh dengan bantuan lensa optik, dan alat ukur elektronik merupakan alat ukur tanah yang paling akurat karena menggunakan sinar infra merah untuk mengukur ukurannya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang alat ukur tanah, berikut adalah nama alat ukur tanah dan cara penggunaannya.

Alat Ukur Theodolite Dan Waterpass Pada Konstruksi Kereta Api

Disebut sederhana karena sangat mudah dan sederhana untuk digunakan, dan alat pengukur digunakan untuk mengukur hanya satu ukuran. Alat-alat ini adalah:

Gauge atau pita pengukur biasanya berbentuk seperti pita pengukur dengan panjang yang tetap. Meter juga disebut roller meter karena digulung atau digulung saat disimpan atau tidak digunakan. Ada 3 jenis meteran:

Fungsi meteran adalah untuk mengukur panjang dan jarak. Satuan yang umum digunakan datang dalam dua ukuran, satuan metrik (milimeter, sentimeter, meter) dan satuan imperial (inci, kaki, yard). Beberapa bacaan untuk digit 0 dibaca langsung di ujung meteran, sementara yang lain ditampilkan lebih jauh dari ujung meteran.

Cara menggunakan alat ukur Cukup dengan memanjangkan alat ukur dari satu titik ke titik lain pada benda ukur datar. Untuk hasil yang valid, sebaiknya lakukan ini dengan dua orang, satu di titik awal atau angka 0, dan yang lainnya bergerak ke titik akhir penghitungan sambil membaca angka pada meteran di titik itu.

Perbedaan Theodolite Dan Total Station

Bagian utama dari alat pengukur ini adalah jarum dan lingkaran bertingkat, dimana salah satu ujung jarum terbuat dari magnet atau besi, dan bagian tengah jarum ditempatkan pada poros yang memungkinkan jarum bergerak bebas dalam arah horizontal. Arah medan magnet bumi, yaitu Utara-Selatan. Sebaiknya gunakan kompas dengan cairan nivo yang menstabilkan pergerakan jarum serta penglihatan atau penglihatan.

Peran kompas adalah untuk menentukan arah dan arah, terutama arah utara-selatan. Selain itu, kompas dapat menentukan arah dari satu titik ke titik lain dengan besaran azimuth (besarnya sudut dari utara ke selatan), membuat sudut siku-siku dan mengukur sudut mendatar.

Cara menggunakan kompas adalah dengan memegangnya dan mengaturnya agar kompas sejajar sehingga jarum dapat bergerak bebas. Jika ada cairan di kompas, cobalah untuk memusatkan gelembung.

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah

Salah satu alat ukur sederhana ini digunakan untuk mengukur sudut elevasi antara cakrawala dan garis yang menghubungkan titik-titik cakrawala dengan vertikal objek. Inclinometer integral yang mengukur tinggi atau panjang suatu benda menggunakan sudut elevasi.

Cara Menghitung Luas Area Menggunakan Gps Garmin

Cara menggunakan alat ini harus dilakukan 2 orang. Seseorang memegang dan mengamati atau membidik objek yang diukur. sementara yang lain membaca sudut dan mencatat pengamatan.

Dilengkapi dengan instrumen optik, instrumen dapat mencapai hasil perhitungan yang lebih akurat dan terperinci daripada instrumen pengukuran sederhana. Alat ukur optik seperti ini seringkali memiliki beberapa alat yang dirangkai menjadi satu alat, sehingga beberapa nilai pengukuran dapat diukur.

Alat ukur optik ini digunakan untuk menentukan tinggi pengukuran sudut dari tanah sebagai sudut vertikal dan sudut horizontal. Ada 3 jenis theodolit:

Fungsi dari theodolite adalah untuk mengukur poligon, menggambar posisi dan mengamati matahari. Tidak hanya itu, theodolite juga dapat berfungsi sebagai PPD jika sudut vertikal diubah menjadi 90°.

Pdf) Alat Ukur Parameter Tanah Dan Lingkungan Berbasis Smartphone Android

Teropong terletak di theodolite, yang memungkinkannya diarahkan ke segala arah. Dalam konstruksi bangunan, theodolit dapat digunakan untuk menentukan sudut pondasi yang tepat dan mengukur ketinggian bangunan bertingkat.

Untuk menggunakan theodolite, pastikan untuk meletakkan tripod atau dudukan panjang di atas permukaan yang rata dan sesuaikan tingginya hingga kira-kira setinggi dada. Kencangkan sekrup pengunci pada kaki penyangga yang panjang. Tempatkan segitiga (tempat theodolite diletakkan) rata. Tempatkan theodolite pada posisinya dan kencangkan sekrup pengunci. Atur nivo sampai sumbu I pada posisi vertikal, sumbu II pada posisi horizontal sambil mengatur nivo pada tabung, atur theodolite hingga titik sambungan (BM) berada di tengah.

Penggunaan spirit level sangat luas saat ini, terdiri dari alat pengukur optik yang mengukur perbedaan ketinggian pada satu atau lebih titik. Ada beberapa persyaratan untuk menggunakan spirit level, seperti dinamis (1 sumbu vertikal) dan statis (garis horizontal pada diafragma sejajar sumbu 1, garis horizontal tegak lurus 1 sumbu, garis pandang pada teleskop sejajar dengan garis arah horizontal).

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah

Cara menggunakan level ini, Anda harus menggunakan tripod atau tripod sebagai penyangga dan meletakkannya di titik koordinat yang telah ditentukan. Pastikan tripod berada pada posisi yang kokoh dan stabil serta pelat dasar yang rata tidak bengkok. Tempatkan level di atas piring dan jangan mencoba untuk memindahkan atau menahan level dengan diam. Gunakan sekrup keseimbangan nivo untuk mengatur sumbu vertikal I dan sumbu horizontal II. Sejajarkan gelembung nivo ke pusat lingkaran.

Laporan Pengukuran Memanjang Dan Melintang

Seperti namanya, perangkat ini menggunakan sistem elektronik berupa gelombang inframerah. Ukur perhitungan yang akurat, tepat dan terhormat dengan alat ini.

GPS adalah sistem yang terdiri dari konstelasi satelit navigasi radio dan komponen ground control yang menggunakan operasi satelit dan data satelit untuk memenuhi kebutuhan pemosisian pengguna dengan penerima khusus. Hasil yang diberikan adalah gambar 3D (3D) dari permukaan bumi.

Fungsi GPS tidak hanya digunakan untuk keperluan militer, pemetaan atau geodesi, tetapi juga untuk penelitian geofisika (geologi, penelitian atmosfer, meteorologi, dll). Selain kelebihan GPS, perangkat ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak dapat digunakan di tempat-tempat seperti ruang angkasa, terowongan atau bawah air dimana sinyal GPS tidak dapat diterima melalui antena penerima.

Untuk menggunakan GPS, hidupkan perangkat GPS terlebih dahulu dan tunggu hingga sinyal tersambung. Atur lebih banyak halaman hingga halaman penghitungan luas muncul dan tekan tombol mulai, lalu enter. Jika tombol Mulai berubah menjadi tombol Berhenti, GPS tersedia.

Pengertian Dan Fungsi Theodolit

Ini adalah alat pengukur elektronik yang dikembangkan dari theodolite. Namun, instrumen ini dilengkapi dengan pengukuran jarak dan sudut elektronik dengan bantuan reflektor sebagai alternatif target dan tanda pengukuran. Untuk kemudahan penggunaan, total station harus terhubung ke komputer. Fungsi total station dapat digunakan untuk menghitung jarak, arah, koordinat titik, dan perbedaan ketinggian secara elektronik.

Saat menggunakan total station, pastikan tripod dalam posisi stabil dan kokoh untuk menopang total station dan titik koordinat yang telah ditentukan. Atur nivo pada kedua sumbu sehingga berada di tengah lingkaran dan sejajar dengan tempat Anda berdiri. Jika sudah pas dan semuanya berada di tempat yang tepat (Nivo bubble ada di tengah), total station siap digunakan. – Theodolite adalah salah satu alat ukur tanah yang digunakan untuk menentukan elevasi tanah dari sudut horizontal dan vertikal. Berbeda dengan saluran air bersudut horizontal. Pada theodolite, pembacaan sudut mungkin dalam satuan detik (seconds).

Theodolites adalah salah satu instrumen paling canggih dalam survei. Pada dasarnya, instrumen ini adalah teleskop yang dipasang pada alas melingkar (cakram) yang dapat diputar di sekitar sumbu vertikal sehingga sudut horizontal dapat dibaca. Teleskop juga dipasang pada piringan kedua yang dapat diputar di sekitar sumbu horizontal, sehingga sudut vertikal dapat dibaca. Kedua sudut dapat dibaca dengan sangat tepat (Farington 1997).

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Tanah

Theodolit digunakan jika lokasi yang akan dipetakan berukuran besar dan/atau sulit diukur, terutama bila lokasi tersebut memiliki variasi topografi atau elevasi yang besar. Dengan menggunakan alat ini, semua fitur atau sifat dapat dipetakan dengan cepat dan efisien (Farington 1997).

Cara Menggunakan Theodolit Yang Baik Dan Benar, Panduan Untuk Pemula!

Perangkat pertama yang tampak seperti alat ukur theodolite sejati mungkin dibuat di Jerman oleh Joshua Habermehl (de: Erasmus Habermehl) pada tahun 1576, lengkap dengan kompas dan tripod.

Teodolit awal terdiri dari dasar bertingkat dengan lingkaran sempurna dan alat pengukur sudut, biasanya setengah lingkaran, pada sayap vertikal. Elided di dasar digunakan untuk melihat objek untuk pengukuran sudut horizontal, elided kedua dipasang pada setengah lingkaran vertikal. Sebuah instrumen kemudian disejajarkan dengan setengah lingkaran vertikal dan seluruh setengah lingkaran dipasang sehingga sudut horizontal ditampilkan secara langsung. Akhirnya, pemandangan mata terbuka yang sederhana digantikan oleh pemandangan teleskopik. Ini pertama kali dilakukan pada tahun 1725 oleh Jonathan Sisson.

Alat ukur theodolite menjadi modern dan akurat dalam instrumen pada tahun 1787 dengan diperkenalkannya alat ukur theodolite besar yang terkenal oleh Jesse Ramsden, yang dibangun menggunakan pembagi yang sangat presisi dari desainnya sendiri.

Dalam pekerjaan yang berhubungan dengan survei tanah, theodolites sering digunakan untuk survei poligonal, pemetaan posisi dan pengamatan matahari. Sebuah theodolite juga dapat mengubah fungsinya sebagai bidang penyaringan

Aplikasi Menghitung Luas Tanah, Praktis Dan Mudah Digunakan

Alat yang digunakan untuk mengukur berat badan, alat yang digunakan untuk mengukur berat, alat yang digunakan untuk mengukur tegangan, alat yang digunakan untuk mengukur tinggi badan, alat yang digunakan untuk mengukur, alat yang digunakan untuk mengukur suhu air, alat yang digunakan untuk mengukur tekanan, alat yang digunakan untuk mengukur listrik, alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya, alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah, alat yang digunakan untuk mengukur berat adalah, alat yang digunakan untuk mengukur daya listrik

Related posts