Apa Itu Supply Chain Management

Apa Itu Supply Chain Management

Apa Itu Supply Chain Management – Supply Chain Management (SCM) adalah fondasi yang mendukung pemenuhan kebutuhan pelanggan oleh bisnis manufaktur, ritel, dan grosir. Untuk manajemen rantai pasokan yang optimal, perusahaan perlu melakukan manajemen rantai pasokan yang baik. Meskipun rantai pasokan setiap bisnis mungkin berbeda, versi paling dasar mencakup perusahaan, pemasoknya, dan pelanggan perusahaan. Namun, untuk perusahaan besar, cakupannya juga lebih luas.

. Hal ini menjadi tantangan untuk mempercepat perkembangan bisnis perusahaan. Karena itu, banyak perusahaan, terutama perusahaan besar, menggunakan perangkat lunak SCM untuk menyederhanakan penyelesaian masalah rantai pasokan.

Apa Itu Supply Chain Management

Apa Itu Supply Chain Management

Perangkat lunak manajemen rantai pasokan dapat mengotomatiskan manajemen rantai pasokan. Hal ini tentunya dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan dengan menyelesaikan masalah supply chain secara otomatis. Anda juga dapat menghitung detail harga perangkat lunak manajemen rantai pasokan dengan mengunduh formulir perhitungan harga di sini.

Mengenal Apa Itu Supply Chain Management

Manajemen rantai pasokan adalah serangkaian kegiatan yang diperlukan untuk merencanakan, mengendalikan, dan melaksanakan aliran produksi. Ini termasuk proses sumber bahan baku, proses manufaktur dan distribusi produk ke pelanggan akhir dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya. Perangkat lunak SCM yang baik akan memiliki semua visibilitas dan analitik komprehensif untuk membantu Anda mengelola produk dan konten secara akurat, dan akan dirancang untuk mengikuti perubahan pasar yang cepat.

Menurut Investopedia, SCM adalah perusahaan yang luas dan kompleks yang bergantung pada setiap mitra – mulai dari pemasok hingga produsen dan seterusnya – untuk berfungsi dengan baik. Tujuan dari manajemen rantai pasokan adalah untuk memaksimalkan nilai pelanggan dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan berbagai upaya, baik strategi bisnis maupun perangkat lunak khusus.

Efisien. Dengan demikian, masalah yang mungkin timbul dalam proses SCM dapat ditangani secara efektif dan efisien. Berikut ini adalah masalah umum:

Dengan mengatasi masalah tersebut, bisnis Anda dapat unggul di pasar yang semakin kompetitif saat ini. Oleh karena itu, perusahaan harus menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, murah, beragam, menarik, dan diproduksi tepat waktu. Kini, Anda bisa mengetahui berapa banyak yang harus Anda persiapkan untuk mendapatkan software SCM terlengkap di Indonesia melalui sistem perhitungan harga.

Supply Chain Management: Pengertian, Jenis, Dan Fungsi

SCM memiliki banyak fungsi yang dapat membantu perusahaan mengelola produk dan material secara akurat. Fungsi utama SCM adalah mengubah bahan mentah menjadi produk jadi yang dapat dijual ke konsumen akhir. Secara umum, fungsi utama supply chain management berkaitan dengan berbagai biaya fisik seperti biaya material, biaya penyimpanan, biaya produk khusus, biaya transportasi dan sebagainya.

Lebih lanjut, fungsi supply chain management adalah sebagai perantara antara pasar dan supply chain. Dalam hal ini, SCM bertujuan untuk memastikan rantai pasok pasar terdistribusi dengan baik. Fungsi akhir dari manajemen rantai pasokan adalah untuk mengontrol dan mengarahkan agar sesuai dengan standar tenaga kerja yang ditetapkan. Hal ini diperlukan agar perusahaan dapat mengikuti perkembangan pasar dengan mendengarkan aspirasi pelanggan terkait produk

Mampu memfasilitasi perusahaan untuk menyelesaikan masalah supply chain sehingga pengiriman barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Selain itu, SCM dapat mengefisienkan proses produksi dan distribusi barang menjadi lebih efektif dan efisien.

Apa Itu Supply Chain Management

Prinsip manajemen rantai pasokan adalah pengaturan waktu dan koordinasi kegiatan termasuk arus barang atau jasa di dalam dan antar organisasi. Aliran produk dalam perusahaan manufaktur sangat kompleks dan membutuhkan koordinasi semua pihak untuk mengelola tidak hanya aliran fisik produk tetapi juga desain, produksi, pemasaran, akuntansi dan pihak pendukung lainnya. Untuk melengkapi rangkaian Supply Chain Management, ada tujuh prinsip yang harus dipelajari tentang supply chain management. Manakah prinsip yang meliputi:

Supply Chains Will Face Many Challenges This Year

Untuk membuat SCM yang baik, ada dua strategi yang bisa Anda terapkan. Pertama, Anda bisa membangun hubungan baik dengan pemasok. Dengan cara ini, Anda dapat mewujudkan kesuksesan rantai pasokan karena loyalitas pelanggan ada di tangan Anda. Selain itu, perusahaan harus memiliki standar kualitas dengan membatasi jumlah pemasok dimana hanya pemasok yang memiliki kelebihan saja yang dapat diajak kerjasama.

, perusahaan dapat menemukan kelemahan dan kekuatan dari produk atau jasa mereka. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan pelayanan pelanggan. Salah satunya dengan meningkatkan frekuensi pengiriman produk yang cepat dimana pelanggan puas tepat waktu. Karena pada akhirnya, kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.

Manajemen rantai pasokan melibatkan banyak proses mulai dari pembuatan produk hingga memenuhi kebutuhan pelanggan. Peran dan fungsi dari masing-masing proses tersebut dijelaskan di sini.

Tahap perencanaan mencakup kegiatan mulai dari peramalan permintaan pelanggan, perencanaan pembelian dan perencanaan produksi, hingga persiapan tenaga kerja dan transportasi.

Mengenal Apa Itu Transport Management System Dalam Pengiriman

Peramalan permintaan konsumen (demand forecasting) dilakukan agar penjual dapat mengetahui jenis dan jumlah produk yang akan diproduksi selama periode tertentu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa proses produksi dan penjualan mereka sejalan dengan permintaan pelanggan.

Saat melakukan peramalan, tenaga penjualan harus meninjau laporan penjualan dan inventaris serta memperhatikan tren pasar. Untuk mengotomatiskan peramalan permintaan, pengecer harus mempertimbangkan untuk menggunakan sistem manajemen inventaris yang sesuai untuk bisnis mereka. Sistem menyediakan alat pelaporan dan perkiraan inventaris yang akurat yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil prediktif dalam hitungan detik.

Setelah mengetahui jenis dan jumlah barang yang akan dibeli melalui peramalan permintaan, saatnya melakukan pengadaan barang tersebut. Pengadaan berarti mendapatkan barang dengan harga terbaik, dalam jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Apa Itu Supply Chain Management

Proses pengadaan biasanya terdiri dari beberapa tahapan, seperti proposal pengadaan, evaluasi pengajuan, persetujuan pengadaan, dan melakukan pemesanan dengan pemasok. Manajer bertanggung jawab untuk memeriksa dan mencatat apa yang akan dibeli dan kemudian menyerahkannya kepada manajer pembelian.

Kapoklog Logistic Cheapest Shipping Company Warehouse Service Rent A Warehouse In Guangzhou Shenzhen

Dengan bantuan sistem manajemen pengadaan, pengadaan akan menjadi mudah dan sederhana. Dengan perangkat lunak ini, departemen pengadaan dapat dengan cepat membuat RFQ, pesanan pembelian, persetujuan pembelian, dan kontrak payung. Juga menyediakan perangkat lunak belanja yang bagus

Proses manufaktur adalah proses pengolahan semua bahan baku menjadi produk jadi. Proses ini biasanya melibatkan tidak hanya tenaga manusia tetapi juga mesin. Terhentinya proses produksi dapat mengakibatkan keterlambatan pengiriman pesanan dan tentunya menimbulkan ketidakpuasan pelanggan. karena itu,

Setelah produksi barang selesai, barang harus masuk ke gudang penyimpanan. Manajemen gudang termasuk mengimpor (masuk) dan mengeluarkan (keluar) barang, pengambilan dan pengepakan, cross-docking dan

Semua barang masuk dan keluar harus dicatat. Inventarisasi juga harus dilakukan secara berkala untuk memastikan tidak ada ketidaksesuaian antara jumlah fisik barang yang sebenarnya dengan jumlah barang yang tercatat dalam pembukuan. Sistem gudang ini paling populer di kalangan usaha kecil dan menengah.

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Supply Chain Financing

Setelah menerima dan mengemas barang pesanan dari gudang, langkah selanjutnya adalah mengirimkannya ke pelanggan. Kurir dan transportasi harus diatur terlebih dahulu agar barang dapat segera dikirim.

Untuk memastikan pesanan sampai ke pelanggan tepat waktu, penjual harus memiliki alat untuk melacak kurirnya. Dengan sistem SCM terbaik, Anda dapat melacak lokasi kurir melalui smartphone. Sistem ini juga memungkinkan kurir untuk melakukan konfirmasi ketika pesanan sudah sampai ke pelanggan.

Pengembalian pesanan biasanya terjadi ketika pelanggan meminta pengembalian karena kerusakan, kebingungan, atau keterlambatan. Proses ini mencakup berbagai aktivitas seperti memeriksa status produk, mengesahkan pengembalian, mengganti produk, dan menjadwalkan pengiriman, pengembalian.

Apa Itu Supply Chain Management

Istilah manajemen rantai pasokan dan logistik sering membingungkan atau digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya berbeda. Logistik adalah komponen manajemen rantai pasokan. Ini berfokus pada pemindahan produk atau bahan yang paling efisien sehingga mencapai tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Apa Itu Rantai Pasokan Digital?

Sebaliknya, SCM mencakup berbagai aktivitas mulai dari sumber bahan mentah, sumber barang dan bahan mentah dengan harga terbaik, dan mengoordinasikan upaya promosi di seluruh jaringan rantai pasokan.

Dalam sebuah perusahaan kesehatan seperti rumah sakit, produk yang disediakan adalah kegiatan, fasilitas perawatan, obat-obatan dan komponen makanan dapur rumah sakit. Elemen desain ini akan menentukan rencana pengiriman layanan perusahaan. Dengan SCM

Ini akan digunakan untuk berbagai layanan di rumah sakit. Metode ini melibatkan penyediaan layanan langsung di lokasi rumah sakit

Ini juga berperan dalam menemukan pemasok obat yang andal dan pada akhirnya menyediakan ambulans sebagai komponen transportasi.

Uncovering The Secrets Behind Operations Management • Asana

Di perusahaan komoditas, SCM memainkan peran besar dalam hal ini. Hal ini dikarenakan SCM sangat erat kaitannya dengan penyediaan barang. Contohnya adalah perusahaan bahan baku makanan. Tim pengelola rantai pasok harus mampu merancang model bahan baku, variasi, kemasan pada titik distribusi bahan baku pangan tersebut.

Tidak dapat dipungkiri bahwa supply chain management dapat menjadi rangkaian kegiatan yang sangat kompleks. Semakin besar bisnis Anda, rantai pasokan Anda akan semakin kompleks. Untungnya, dengan bantuan teknologi, Anda tidak hanya dapat menyederhanakannya, tetapi juga mengoptimalkannya.

Caranya adalah dengan meningkatkan efisiensi di setiap proses yang terlibat dalam manajemen rantai pasokan. Anda harus bisa memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan barang atau bahan baku dari pemasok pada waktu yang tepat dan dalam jumlah yang tepat sehingga tidak ada penundaan yang menghalangi pemenuhan persyaratan. Mungkin terlihat sulit, tetapi dengan bantuan sistem manajemen rantai pasokan, semuanya dapat berjalan lebih efisien dan efektif.

Apa Itu Supply Chain Management

Untuk dapat mengotomatiskan semua proses manajemen rantai pasokan dalam bisnis Anda, mulai dari perencanaan (termasuk peramalan permintaan), sumber barang, kontrol inventaris, pemesanan hingga pengiriman. Beralih dan gunakan sistem manajemen rantai pasokan kami sekarang dan temukan paket harga untuk perangkat lunak manajemen rantai pasokan dari atas!

Pdf) Supply Chain Management In Healthcare: A Literature Review

Dengan menggunakan software supply chain management, tentunya Anda dapat mengintegrasikan sistem SCM ini dengan sistem lainnya seperti akuntansi, penjualan, dll.

Green supply chain management, supply chain management adalah, pelatihan supply chain management, apa arti supply chain management, scm supply chain management, training supply chain management, supply chain management pdf, supply chain management is, supply chain management ppt, sertifikasi supply chain management, supply chain management, aplikasi supply chain management

Related posts