Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2 – Diabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah Anda terlalu tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakmampuan untuk memproduksi atau menggunakan insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi di pankreas yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh, memungkinkan tubuh kita untuk menggunakan gula (glukosa) dari asupan makanan untuk energi. Ada dua jenis diabetes:

Diabetes tipe 1 adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin. Sistem kekebalan menghancurkan sel-sel yang melepaskan insulin. Diabetes tipe 1 sebelumnya disebut diabetes juvenile-onset atau insulin-dependent. Gejala dapat dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja. Pada diabetes tipe 1, kadar gula darah rendah (hipoglikemia) juga umum terjadi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Yang paling umum dari dua jenis diabetes. 90-95 dari 100 orang dengan diabetes memiliki diabetes tipe 2. Pada diabetes tipe 2, tubuh tidak membuat atau menggunakan insulin dengan benar, juga dikenal sebagai resistensi insulin. Jenis diabetes ini sebelumnya dikenal sebagai diabetes onset dewasa atau non-insulin dependent. Pra-diabetes sama kemungkinannya karena gula darah seseorang mungkin lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis menderita diabetes. Gejala biasanya muncul di usia dewasa; Namun, kejadian diabetes tipe 2 pada anak-anak semakin meningkat.

Gejala Diabetes Melitus

Kedua jenis diabetes tersebut membutuhkan obat untuk menjaga kadar gula darahnya tetap normal, jenis obatnya tergantung pada jenis diabetesnya. Diabetes adalah penyebab utama kebutaan dan gagal ginjal. Selain itu, diabetes merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung, stroke, dan amputasi kaki.

Insulin adalah jenis obat yang paling umum digunakan untuk mengobati diabetes tipe 1, tetapi juga digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Jenis insulin tergantung pada seberapa parah defisiensi insulin.

Pramlintide adalah obat amilinomimetik. Biasanya disuntikkan sebelum makan, ia bekerja dengan menunda waktu yang dibutuhkan perut untuk mengosongkan, yang mengurangi sekresi glukagon pasca-makan. Ini membantu dalam mengurangi gula darah. Namun, itu juga mengurangi nafsu makan melalui mekanisme sentral.

Kebanyakan obat untuk diabetes tipe 2 adalah obat oral dan beberapa datang sebagai suntikan. Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 mungkin juga perlu menggunakan insulin tergantung pada seberapa parah kondisinya. Ada berbagai pilihan obat untuk diabetes tipe 2:

Diabetes Tipe 2: Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Obat ini memperlambat pemecahan gula tertentu seperti gula meja. Obat-obatan yang diminum sebelum makan membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Namun, obat ini dapat menyebabkan efek samping termasuk gas dan diare. Contoh obat dalam golongan ini adalah acarbose dan miglitol.

Biguanides mengurangi berapa banyak gula yang dibuat hati dan berapa banyak gula yang diserap usus, membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan membantu otot menyerap glukosa. Obat biguanide yang paling umum adalah metformin. Biasanya diminum dua kali sehari, metformin juga dapat dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati diabetes tipe 2.

Bromokriptin adalah agonis dopamin. Tidak diketahui secara pasti bagaimana obat ini bekerja pada diabetes tipe 2. Ini dapat mempengaruhi ritme tubuh dan mencegah resistensi insulin.

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Obat ini meniru hormon alami yang disebut incretin yang meningkatkan pertumbuhan sel B dan berapa banyak insulin yang digunakan tubuh. Contoh obat adalah albiglutide, dulaglutide, exenatide, liraglutide.

Yuk, Ketahui Apa Itu Diabetes Gestasional

Meglitinida adalah obat yang merangsang sel beta untuk melepaskan insulin; Namun, dalam beberapa kasus dapat menurunkan gula darah terlalu banyak, menyebabkan hipoglikemia. Repaglinid dan nateglinida adalah contoh meglitinida.

Obat ini bekerja dengan mencegah ginjal menahan glukosa dan membantu tubuh membuang glukosa melalui urin. Canagliflozin dan dapagliflozin adalah inhibitor SGLT2 untuk pengobatan diabetes tipe 2. Efek samping dari obat ini dapat mencakup infeksi saluran kemih dan infeksi jamur karena peningkatan kadar glukosa dalam urin.

Sulfonilurea adalah salah satu obat diabetes tertua yang masih digunakan sampai sekarang, telah digunakan sejak 1950-an. Sulfonilurea merangsang sel beta pankreas untuk melepaskan lebih banyak insulin. Klorpropamida adalah satu-satunya sulfonilurea generasi pertama yang masih digunakan sampai sekarang. Contoh lain obat sulfonilurea adalah glipizide, glyburide, dan glimepiride.

Contoh thiazolidinediones seperti rosiglitazone dan pioglitazone. Obat ini bekerja untuk menurunkan glukosa di hati. Mereka membantu insulin bekerja lebih baik di otot dan lemak dan juga mengurangi produksi glukosa di hati. Kedua obat tersebut meningkatkan risiko gagal jantung dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dm (diabetes Melitus) Pada Kehamilan

Obat yang termasuk golongan ini antara lain sitagliptin, saxagliptin, linagliptin, dan alogliptin. Inhibitor DPP-4 membantu meningkatkan A1C tanpa menyebabkan hipoglikemia dan bekerja dengan menghalangi pemecahan senyawa alami dalam tubuh yang disebut GLP-1. GLP-1 menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, tetapi cepat rusak. Inhibitor DPP-4 memungkinkan GLP-1 untuk tetap aktif dalam tubuh lebih lama, sehingga mengganggu proses pemecahannya.

Kolesevelam asam empedu (BAS) adalah obat penurun kolesterol yang juga menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Mereka menurunkan kolesterol LDL dengan mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan; Tubuh menggunakan kolesterol untuk menggantikan asam empedu yang menurunkan kadar kolesterol. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah (glukosa) di atas nilai normal. Diabetes terjadi ketika tubuh penderitanya tidak dapat mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi. Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan kelebihan gula yang diproduksi dalam aliran darah tubuh.

Diabetes yang tidak terkontrol dapat berakibat serius, menyebabkan kerusakan berbagai organ dan jaringan dalam tubuh. Contohnya termasuk organ seperti jantung, ginjal, mata, dan saraf. Ada dua jenis utama diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Diabetes disebabkan oleh gangguan pada tubuh, sehingga tubuh tidak dapat menggunakan gula dalam darah. Akibatnya, glukosa menumpuk di dalam darah. Pada diabetes tipe 1, gangguan tersebut disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh, yang biasanya menyerang virus atau bakteri berbahaya lainnya, malah menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin.

Mewaspadai Diabetes Pada Anak

Akibatnya, tubuh kekurangan atau tidak dapat memproduksi insulin, yang membutuhkan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, yang meningkatkan kadar gula darah.

Pada diabetes tipe 2, tubuh dapat memproduksi insulin secara normal, tetapi insulin tidak digunakan secara normal. Kondisi ini juga dikenal sebagai resistensi insulin.

Gejala diabetes dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan jenis pasien. Namun, biasanya penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 mengalami beberapa gejala, yaitu:

Jadi, jika Anda mengalami satu atau lebih hal tersebut, segera konsultasikan ke dokter. Hal ini agar penanganan segera dilakukan, sehingga risiko komplikasi akibat diabetes dapat dihindari.

Bagaimana Memilih Dan Mengkombinasi Obat Anti Diabetes Oral?

Seorang dokter akan mendiagnosis seseorang dengan diabetes dengan melakukan wawancara medis diikuti dengan berbagai jenis kadar gula darah. Contohnya termasuk pengujian glukosa puasa, pengujian glukosa acak, dan pengujian A1c. Nah, berikut ini adalah uraian pengujiannya, yaitu:

Selain itu, dokter juga akan melakukan tes darah dan urin untuk menentukan apakah seseorang mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2. Kemudian, darah akan diperiksa untuk autoantibodi (tanda-tanda autoimun bahwa sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri). Sementara itu, urin akan diuji adanya keton (pertanda bahwa tubuh seseorang sedang membakar lemak sebagai sumber energi).

Perawatan akan tergantung pada jenis diabetes yang Anda miliki. Terapi insulin merupakan pengobatan yang dapat digunakan oleh penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Orang dengan diabetes tipe 2 dapat diberi resep berbagai obat. Namun, beberapa perawatan harus dilakukan untuk mengurangi risiko diabetes secara umum, seperti:

Diabetes Melitus Tipe 2 (dmt2)

Jika Anda menderita diabetes, Anda harus mendesain ulang pola makan yang sehat. Fokus pada makan buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian. Tidak hanya itu, Anda juga perlu meningkatkan asupan serat dan mengurangi banyak jenis makanan seperti lemak jenuh, karbohidrat olahan, dan pemanis buatan. Anda bisa langsung bertanya kepada dokter mengenai diet yang tepat bagi penderita diabetes.

Setiap orang pasti membutuhkan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan yang optimal. Termasuk penderita diabetes. Olahraga adalah aktivitas yang menurunkan kadar gula darah dan mengubahnya menjadi energi. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, berenang atau bersepeda. Lakukan aktivitas ini setiap hari untuk mencegah diabetes.

Meskipun faktor risiko diabetes seperti riwayat keluarga dan ras tidak dapat diubah, ada faktor risiko lain yang dapat dicegah sejak dini melalui praktik gaya hidup sehat. Berikut beberapa langkah gaya hidup sehat yang bisa Anda lakukan untuk mencegah diabetes, di antaranya:

Komplikasi diabetes akan berkembang secara perlahan. Semakin lama seseorang menderita diabetes dan semakin tidak terkontrol penyakitnya, semakin tinggi risiko komplikasinya. Akhirnya, komplikasi diabetes dapat melumpuhkan atau bahkan fatal. Berikut adalah beberapa potensi komplikasi diabetes yang umum, seperti:

Benarkah Penderita Diabetes Perlu Batasi Asupan Buah?

Jika Anda mengalami gejala diabetes dan gejala tersebut tidak membaik, segera konsultasikan ke dokter. Tujuannya agar diabetes bisa segera dikenali, sehingga pengobatan bisa dilakukan sejak dini. Semakin dini pengobatan, semakin rendah risiko diabetes.

Melalui aplikasi, Anda dapat mengunjungi dokter pilihan Anda di rumah sakit untuk memeriksa kondisi Anda. Tentu saja, tanpa menunggu atau berdiri dalam antrian panjang. Jadi tunggu apa lagi? Ayo unduh sekarang!

Referensi: Berita Medis Hari Ini. Masuk tahun 2022. Diabetes: Gejala, Pengobatan dan Diagnosis Dini. WebMD. Diakses pada tahun 2022. Diabetes Center: Jenis, Penyebab, Gejala, Tes dan Perawatan. Klinik Mayo. Masuk tahun 2022. Diabetes. Klinik Cleveland. Masuk tahun 2022. Diabetes: Gambaran Umum. NIDDK. Akses 2022. Tes dan Diagnosis Diabetes. Diperbarui pada 10 Maret 2022.

Apa Yang Dimaksud Dengan Diabetes Tipe 2

Dokter, saya suka permen, jadi saya takut diabetes. Apakah ada gejala awal yang harus diwaspadai?

Perbedaan Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2, Mana Yang Lebih Berbahaya?

Apa yang dimaksud diabetes, apa yang dimaksud dengan diabetes tipe 1, apa yang dimaksud dengan diabetes insipidus, apa yang dimaksud diabetes tipe 1, apa yang dimaksud dengan penyakit diabetes melitus, apa yang dimaksud diabetes tipe 2, apa yang dimaksud dengan diabetes melitus tipe 2, apa yang dimaksud dengan penyakit diabetes, apa yang dimaksud dengan diabetes, apa yang dimaksud dengan diabetes tipe 2, yang dimaksud diabetes tipe 2, apa yang dimaksud dengan diabetes melitus

Related posts