Apa Yang Dimaksud Dengan Global Warming

Apa Yang Dimaksud Dengan Global Warming

Apa Yang Dimaksud Dengan Global Warming – Pemanasan global adalah peningkatan suhu daratan, lautan dan daratan. Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) menyimpulkan bahwa “sebagian besar peningkatan suhu global rata-rata sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan emisi gas rumah kaca sebagai akibat dari aktivitas manusia melalui polusi.” penciptaan.

Peningkatan suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan lain seperti naiknya permukaan air laut, cuaca ekstrem, serta perubahan iklim dan pola curah hujan. Efek lain dari pemanasan global termasuk efek pada tanaman, hilangnya es dan kepunahan banyak spesies hewan. Banyak pemerintah di seluruh dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang menghasilkan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Apa Yang Dimaksud Dengan Global Warming

Apa Yang Dimaksud Dengan Global Warming

Semua sumber energi di dunia berasal dari Matahari. Sebagian besar energi ini dalam bentuk radiasi transien, termasuk cahaya tampak. Ketika energi ini memasuki bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi. Permukaan bumi akan menyerap sebagian panas dan mengembalikan sisanya. Sebagian dari panas ini dipancarkan sebagai radiasi infra merah jauh ke luar angkasa.

Dampak Global Warming Bagi Makhluk Hidup Dan Strategi Mengatasinya

Namun, sebagian panas matahari tetap berada di atmosfer bumi karena akumulasi gas, termasuk air, karbon dioksida, dan metana, yang memerangkap radiasi ini. Gas-gas ini menarik dan menanggapi panas yang dipancarkan oleh Bumi dan sebagai hasilnya panas disimpan di permukaan bumi.

Hal ini terjadi berulang-ulang dan menyebabkan suhu global terus meningkat. Gas-gas ini bertindak seperti kaca di rumah kaca. Ketika konsentrasi gas-gas ini meningkat di atmosfer, lebih banyak panas yang terperangkap di bawahnya. Faktanya, efek rumah kaca ini membutuhkan semua makhluk hidup di bumi, karena tanpanya, dunia akan sangat dingin. Jadi salju akan menutupi seluruh permukaan bumi. Namun, karena sejumlah besar gas rumah kaca di atmosfer, hasil pemanasan global disebabkan.

Penyebab pemanasan global juga mempengaruhi cara mereka melakukannya. Contohnya adalah drainase. Dalam iklim yang memanas karena peningkatan gas rumah kaca seperti CO2, pemanasan pertama-tama akan menyebabkan lebih banyak air menguap ke atmosfer. Karena uap air itu sendiri adalah gas, pemanasan akan terus meningkatkan jumlah uap air di udara sampai tercapai kesetimbangan.

Efek rumah kaca lebih besar dari efek gas CO2 itu sendiri. (Meskipun konsep ini meningkatkan kandungan air mutlak udara, suhu udara hampir konstan atau bahkan sedikit menurun ketika udara hangat). Gagasan ini dapat diubah secara perlahan karena CO2 memiliki umur panjang di atmosfer.

Pdf) Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Remaja Di Pulau Lombok Terhadap Isu Pemanasan Global

Efek umpan balik karena efek awan adalah subjek penelitian saat ini. Jika dilihat dari tanah, awan memantulkan cahaya inframerah kembali ke permukaan, sehingga meningkatkan efek pemanasan. Sebaliknya, jika dilihat dari atas, awan akan memantulkan sinar matahari dan inframerah ke luar angkasa, yang akan meningkatkan efek pendinginan.

Apakah efek bersihnya adalah pemanasan atau pendinginan tergantung pada detail lain seperti jenis dan ketinggian awan. Rincian ini sulit untuk direpresentasikan dalam model iklim, sebagian karena awan sangat kecil dibandingkan dengan jarak antara batas matematis di atmosfer (sekitar 125 hingga 500 km untuk model yang digunakan dalam Laporan Outlook Keempat IPCC).

Proses penting lainnya adalah hilangnya daya pantul (albedo) es.Seiring dengan peningkatan suhu global, es di dekat kutub mencair dan mengembang. Dengan penutup salju, tanah atau air di bawah akan terlihat. Baik daratan maupun air memiliki kemampuan untuk memantulkan lebih sedikit cahaya daripada es, dan karenanya menyerap lebih banyak sinar matahari. Ini akan meningkatkan suhu dan menyebabkan lebih banyak es mencair, lanjutkan siklus.

Apa Yang Dimaksud Dengan Global Warming

Umpan balik positif karena pelepasan CO2 dan CH4 dari permafrost adalah proses lain yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Selain itu, mencairnya es juga akan melepaskan CH4 yang juga menimbulkan reaksi positif.

Bagaimana Usaha Kalian Dalam Rangka Memelihara Bumi Agar Tidak Mengalami Pemanasan Secara Global

Kemampuan laut untuk menyerap karbon juga akan berkurang jika memanas, hal ini disebabkan penurunan kadar kimia di zona mesopelagik, sehingga membatasi pertumbuhan diatom daripada fitoplankton yang merupakan penyerap karbon rendah.

Telah dikonfirmasi bahwa variasi dari Matahari, mungkin dilengkapi dengan umpan balik dari awan, dapat berkontribusi pada pemanasan global. Perbedaan antara proses ini dan pemanasan global akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas matahari akan menghangatkan stratosfer, sedangkan efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer.

Pendinginan lautan telah diamati setidaknya sejak tahun 1960, yang tidak akan terjadi jika aktivitas matahari merupakan kontributor utama pemanasan saat ini. (Penipisan lapisan ozon juga dapat memiliki efek pendinginan ini tetapi penipisan ini telah terjadi sejak akhir 1970-an dan seterusnya.) Perubahan matahari yang dikombinasikan dengan aktivitas gunung berapi dapat memiliki efek pemanasan dari sebelum industrialisasi hingga 1950-an, juga. efek pendinginan sejak 1950-an. .

Para ilmuwan memperkirakan bahwa selama pemanasan global, Kutub Utara akan lebih panas daripada bagian dunia lainnya. Dengan demikian, salju akan mencair dan daratan akan menyusut. Akan ada sedikit es yang mengapung di perairan utara. Daerah yang pernah mengalami salju sebelumnya mungkin tidak akan mengalaminya lagi. Di pegunungan di daerah yang lebih rendah, bagian dengan salju akan lebih rendah dan akan mencair dengan cepat. Musim tanam akan lebih panjang di beberapa daerah. Suhu di musim dingin di malam hari akan tinggi.

Macam Macam Dampak Global Warming, Ketahui Cara Mengatasinya

Daerah yang hangat akan menjadi lebih lembab karena air menguap dari lautan. Para ilmuwan tidak yakin apakah suhu akan meningkatkan atau menurunkan pemanasan global bahkan di masa depan. Hal ini dikarenakan uap air merupakan gas, sehingga keberadaannya akan menimbulkan efek penutupan pada atmosfer. Namun, uap air yang lebih banyak juga akan menciptakan lebih banyak awan, sehingga memantulkan sinar matahari ke udara, di mana akan mengurangi proses pemanasan (lihat suhu air).

Suhu yang lebih tinggi akan meningkatkan curah hujan, rata-rata, sebesar 1 derajat untuk setiap derajat Fahrenheit pemanasan. (Jumlah hujan di dunia telah meningkat sebesar 1 persen dalam satu abad terakhir). Akan ada lebih banyak badai. Selain itu, air akan mengalir dengan cepat dari tanah. Akibatnya beberapa daerah akan lebih kering dari sebelumnya. Angin akan lebih kuat dan mungkin dalam bentuk yang berbeda. Badai, yang memperoleh kekuatannya dari pelepasan air, akan menjadi lebih besar. Berbeda dengan panas yang ada, beberapa periode cuaca dingin dapat terjadi. Cuaca semakin sulit diprediksi.

Perubahan muka air laut diukur dari lokasi dengan kondisi stabil. Saat iklim menghangat, permukaan laut juga akan menghangat, sehingga volumenya akan mengembang dan menaikkan permukaan air laut. Juga, pemanasan global akan mencairkan sebagian besar es, terutama di sekitar Greenland, yang meningkatkan jumlah air di lautan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Global Warming

Permukaan laut global telah meningkat 10 – 25 cm (4 – 10 in) pada abad ke-20, dan para ilmuwan IPCC memperkirakan peningkatan lebih lanjut sebesar 9 – 88 cm (4 – 35 in) pada abad ke-21. Perubahan muka air laut akan sangat mempengaruhi kehidupan di wilayah pesisir. Kenaikan 100 cm (40 inci) akan menenggelamkan 6 persen wilayah Belanda, 17,5 persen Bangladesh, dan banyak pulau. Erosi gunung, pantai dan gumuk pasir akan meningkat. Ketika air laut mencapai tepi sungai, banjir yang disebabkan oleh hujan akan meningkatkan daratan.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Efek Rumah Kaca Dan Bagaimana Akibat Terhadap Lingkungan?

Negara-negara kaya akan menghabiskan banyak uang untuk melindungi perbatasan mereka, sementara negara-negara miskin akan dapat melarikan diri ke pantai, bahkan sedikit kenaikan permukaan laut akan berdampak besar pada wilayah pesisir. Ketinggian 50 cm (20 inci) akan menutupi setengah dari pantai di Amerika Serikat. Rawa-rawa baru juga akan dibuat, tetapi tidak di kota-kota dan daerah-daerah yang sudah dibangun. Permukaan laut ini akan menutupi sebagian besar Florida Everglades.

Orang mungkin berpikir bahwa iklim yang lebih hangat akan menyediakan lebih banyak makanan daripada sebelumnya, tetapi ini tidak benar di beberapa daerah. Kanada Selatan, misalnya, dapat memperoleh manfaat dari lebih banyak hujan dan musim tanam yang lebih panjang. Di sisi lain, lahan pertanian tropis yang berdekatan di beberapa bagian Afrika tidak akan tumbuh.

Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi dari pegunungan yang jauh dapat menderita jika salju musim dingin, yang berfungsi sebagai reservoir, mencair sebelum puncak bulan-bulan tumbuh. Tanaman pangan dan hutan menghadapi serangan besar dari serangga dan penyakit.

Hewan dan tumbuhan telah menjadi makhluk hidup yang sulit untuk dihindarkan dari efek pemanasan ini karena banyak lahan yang dikuasai oleh manusia. Saat cuaca menghangat, hewan-hewan pindah ke kutub atau mendaki gunung. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhan, mencari tempat baru karena habitat lama menjadi terlalu panas.

Iklan Layanan Masyarakat Global Warming

Namun, pembangunan manusia akan menghambat upaya ini. Spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalang oleh kota atau peternakan mungkin mati. Beberapa spesies yang tidak dapat bergerak cepat ke kutub dapat rusak.

Di dunia yang memanas, para ilmuwan memperkirakan bahwa banyak orang akan sakit atau mati karena panas yang ekstrem. Wabah penyakit tular vektor, seperti penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan hewan pembawa penyakit lainnya, akan semakin meluas karena dapat berpindah ke daerah yang kembali berkembang biak.

Yang dimaksud dengan global warming adalah, apa dampak global warming, apa itu global warming, yang dimaksud dengan global warming, apa pengertian global warming, apa yang dimaksud global warming, yang dimaksud global warming, jelaskan apa yang dimaksud dengan global warming, apa yg dimaksud global warming, apa arti global warming, apa yg dimaksud dengan global warming, apa global warming

Related posts