Apa Yang Dimaksud Domain Name

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Apa Yang Dimaksud Domain Name – Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar istilah domain? Secara umum, domain adalah alamat sebuah situs web.

Mungkin secara kebetulan Anda sudah lama mengenal domain karena bertebaran di internet, namun kini Anda sadar bahwa yang Anda lihat adalah sebuah domain.

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Saat Anda memasukkan alamat web di Internet, berbagai akhiran akan muncul, seperti .id, .com, .org, dan lainnya.

Domain Name System Artinya Adalah? Apa? Dalam Kamus It

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, domain adalah alamat website yang Anda masukkan saat mencari sesuatu di internet.

Jadi bisa dibilang memiliki domain membuat segalanya di internet lebih mudah daripada menggunakan alamat IP.

Misalnya, Anda ingin membuka file . adalah contoh website yang ingin dibuka sedangkan .com adalah bentuk dari domain itu sendiri.

Untuk mendaftarkan nama domain, Anda harus memilih nama yang unik, karena nama domain tidak boleh sama dengan domain situs web lain agar dapat dilacak dengan benar melalui internet.

Cara Kerja Domain Name System: Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan

Analoginya adalah jika hosting adalah rumah Anda, domain Anda adalah alamat rumah Anda. Jelas bahwa kedua hal ini sangat berbeda.

Menurut WP Pemula, meski berbeda, domain dan hosting tidak bisa dipisahkan karena keduanya saling berkaitan.

Tanpa domain, orang tidak dapat menemukan situs web, dan tanpa hosting, Anda tidak dapat membuat situs web yang bagus.

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Domain kini hadir dalam berbagai ekstensi, sehingga Anda memiliki beberapa jenis yang dapat Anda gunakan sesuai dengan preferensi Anda.

Pengertian Domain :: Anbidev

TLD atau Top Level Domain adalah ekstensi domain yang sangat populer di kalangan banyak orang saat ini.

Ada TLD lain yang kurang dikenal dan tidak disarankan untuk digunakan, seperti .biz, .club, .info, .agênsi, dan masih banyak lainnya.

Banyak orang menggunakan TLD untuk berbagai alasan, salah satu alasan paling umum adalah karena TLD lebih mudah dan lebih mudah diingat bagi kebanyakan orang.

Domain yang satu ini merupakan domain yang mengusung identitas negara untuk menunjukkan bahwa konten website dari domain tersebut ditujukan untuk orang-orang di negara tersebut.

Konfigurasi Dns ( Domain Name Server )

Biasanya domain ini diakhiri dengan .id untuk Indonesia, .sg untuk Singapore, .uk untuk UK, dan seterusnya.

Domain tingkat atas bersponsor atau sTLD adalah kategori TLD yang mewakili komunitas tertentu dan didukung oleh ekstensi domain.

Tidak dapat disangkal bahwa .com adalah domain paling populer. Namun, ada domain lain yang harus Anda ketahui.

Apa Yang Dimaksud Domain Name

ICANN bertanggung jawab untuk memelihara dan mengelola DNS, menetapkan kebijakan, dan mengelola pendaftaran domain.

Apa Itu Domain Dan Hosting (kelas Pemula)

Menurut Situs Web Create Hub, DNS adalah jaringan besar server yang berlokasi di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Di antara Anda pasti menginginkan nama domain yang mudah diingat dan tidak ribet sehingga nantinya banyak orang yang bisa menemukannya dengan mudah.

Namun, perlu dicatat bahwa domain yang terdaftar saat ini sangat banyak, sehingga Anda harus memikirkan ide domain yang unik dan berbeda.

Yaitu, domain dan lain-lain. Pada dasarnya domain adalah alamat website yang mengarah ke sebuah website.

Propagasi Domain: Pengertian Dan Cara Mudahnya Untuk Cek

Sekarang Anda bisa membeli domain dari berbagai penyedia domain di Indonesia. Anda dapat memilih domain yang tepat berdasarkan strategi Anda

Jika Anda masih tertarik dengan domain, Anda dapat bergabung dengan komunitas dan bertanya langsung tentang domain dan industri lainnya.Domain adalah istilah umum dalam pengembangan web. Istilah ini sering disamakan dengan web hosting, karena memegang peranan yang sama pentingnya dan tentunya dibutuhkan untuk membuat sebuah website. Apa sebenarnya domain itu?

Pada artikel ini, kita akan membahas segala sesuatu tentang domain. Mulai dari definisi, fungsi, penggunaan, hingga jenis domain. Terakhir, kami memiliki beberapa tips tentang cara memilih domain yang tepat berdasarkan anggaran dan kebutuhan Anda.

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Domain adalah alamatnya. Sama seperti rumah yang memiliki alamat tertentu, situs web juga memiliki alamat yang disebut domain. Jika alamat rumah terdiri dari jalan, nomor, kabupaten, kabupaten dan kota, domain terdiri dari nama dan ekstensi.

Apa Itu Dns? Pengertian Dns, Cara Kerja, Dan Fungsinya

Alamat harus memenuhi satu syarat: unik. Yang dimaksud unik itu berbeda. Seperti setiap rumah di dunia, masing-masing harus memiliki alamat unik yang berhubungan dengan lokasi tertentu. Tidak mungkin memiliki dua rumah berbeda di alamat yang sama.

Sama dengan domainnya. Setiap situs harus memiliki domain yang unik dan tidak boleh bertentangan. Sekarang Anda dapat membayangkan apa itu domain, mari beralih ke fungsinya.

Domain memiliki fungsi utama untuk mengidentifikasi website. Seperti nomor polisi pada kendaraan bermotor sebagai tanda pengenal khusus. Ketika Anda ingin mengunjungi Facebook, misalnya, Anda akan langsung masuk ke www.facebook.com. Ini disebut domain.

Faktanya, domain bukanlah alamat sebenarnya. Alamat asli website adalah alamat IP berupa kombinasi angka. Misalnya, 192.168.100.101. Tetapi mengingat kombinasi alamat IP seperti itu jelas merepotkan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Nama Domain Premium?

Atas dasar ini, domain dibuat. Dengan nama domain yang umum, orang akan lebih mudah mengingat alamat website. Ilustrasinya mirip dengan alamat rumah yang kita gunakan di atas.

Alamat yang familiar seperti nama jalan, nomor, lingkungan dan distrik hanyalah kreasi kami sendiri. Alamat rumah sebenarnya adalah koordinatnya. Misalnya kita bandingkan alamat Perpustakaan Nasional dengan koordinatnya.

·     Alamat: ul. Sel Lapangan Merdeka. No.11, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110.

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Dari perbandingan alamat dan koordinat di atas, terlihat jelas bahwa opsi pertama lebih familiar dan lebih mudah digunakan. Konsep domain mirip dengan ilustrasi di atas.

Contoh Domain Name Populer Selain .com

Domain juga dapat digunakan untuk mengarahkan pengguna ke alamat tertentu. Alamat web resmi Facebook adalah www.facebook.com. Tetapi Anda juga dapat mengunjungi Facebook melalui www.fb.com. Lagi pula, Anda masih akan dialihkan ke facebook.com sebagai domain utama Anda.

Fitur redirect ini dirancang untuk mengatasi salah ketik yang sering dilakukan oleh pengguna. Misalnya, www.facebok.com akan tetap dialihkan ke Facebook meskipun panjangnya kurang dari 1 karakter. Atau sederhanakan dan persingkat alamatnya seperti fb.com di atas.

Saat Anda mengakses sebuah website, sebut saja niagahoster.co.id, web browser Anda langsung mencari server dengan alamat tersebut. Setelah menemukan server, maka terjadilah mekanisme pertukaran data antara server dan browser. Hasil pertukaran data ini kemudian ditampilkan dalam bentuk halaman web sesuai keinginan.

Telah diklarifikasi bahwa alamat sebenarnya dari server web adalah alamat IP. Tapi Anda tidak bisa mendapatkan jawaban yang benar dengan mengunjungi alamat IP dari browser web. Anda perlu menentukan port 80 dengan index.html sebagai beranda yang disimpan di server.

Pengertian Dan Cara Kerja Dns (domain Name System)

Tentunya hal ini sangat merepotkan jika semuanya harus dilakukan secara manual. Untungnya, mekanisme yang dirancang menjadi cara kerja otomatis yang sangat praktis. Akses saja alamat web tersebut dari address bar browser, beberapa detik kemudian halaman web yang diinginkan akan ditampilkan.

Ada jutaan domain di dunia ini. Jika Anda tidak mengaturnya, akan butuh waktu lama untuk menemukannya. Itu sebabnya server DNS dibuat. Ini berfungsi seperti buku telepon yang mengumpulkan dan mengkategorikan domain terdaftar.

Layanan hosting adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengelola server DNS. Saat Anda mencoba mengunjungi situs web, alamat yang Anda cari akan muncul di salah satu server DNS. Jika tidak ada, itu akan dicari di server DNS lain. Begitu seterusnya hingga browser berhasil menemukan dan menampilkan halaman yang Anda cari.

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Domain terbagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis memiliki harga yang berbeda. Tidak hanya alamat, domain juga mempengaruhi kredibilitas dan reputasi. Hal ini berdampak besar pada tingkat kepercayaan masyarakat.

Dns (domain Name Server)

TLD adalah domain pilihan yang paling populer. Alasan utamanya adalah ekstensi domain yang netral dan mudah diingat. Disebut netral karena TLD tidak mengarah ke negara atau organisasi tertentu, menjadikannya ideal untuk situs web pribadi dan pribadi.

Selain itu, diyakini bahwa TLD juga memiliki peluang bagus untuk mendapatkan peringkat yang baik di Google. Keterpercayaan TLD juga dipercaya oleh masyarakat karena persepsi bahwa pemilik TLD harus profesional.

Hampir sama dengan TLD, tetapi menunjuk ke negara tertentu. ccTLD terbaik untuk situs dengan cakupan nasional. Sedangkan website internasional tetap disarankan untuk menggunakan TLD.

STLD paling cocok digunakan oleh organisasi atau instansi pemerintah berdasarkan bidangnya masing-masing. sTLD disesuaikan dengan jenis organisasi agar sesuai dan tidak menimbulkan miskonsepsi di masyarakat. Sebagai contoh:

Presentasi Domain Name

Domain terdiri dari nama dan ekstensi. Bagian dari nama ini disebut SLD. Misalnya, di google.com, google adalah SLD dan .com adalah ekstensinya, yang termasuk dalam kategori TLD.

TLD sering disebut subdomain, yang merupakan jenis domain yang berasal dari domain root. Misalnya situs berita www.detik.com. Di dalamnya terdapat beberapa subdomain yang berkaitan dengan berbagai jenis pesan. Sebagai contoh:

Domain yang Anda pelajari hanyalah sebagian kecil dari jaringan besar yang disebut Domain Name System (DNS). DNS adalah sistem nama domain yang dikelola oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Apa Yang Dimaksud Domain Name

Coba pikirkan, dengan jutaan domain di dunia, siapa yang bisa memastikan bahwa domain yang Anda daftarkan belum digunakan oleh seseorang di belahan dunia lain?

Tips Memilih Nama Domain Untuk Perusahaan

Padahal, ketika kita ingin mendaftarkan domain baru, pihak penyedia layanan terlebih dahulu harus mengecek ketersediaan domain tersebut. Jika domain baru belum digunakan, Anda dapat menggunakannya. Artinya ada satu pusat data yang menampung semua nama domain di dunia, bukan?

Itulah yang dilakukan ICANN. Untuk mencegah konflik domain yang pasti mengarah pada masalah teknis, ICANN mengumpulkan data dari semua domain di dunia dalam database. Siapa pun yang ingin mendaftarkan domain baru harus memeriksa ketersediaan dengan database ini.

Coba ketikkan “domain availability checker” di Google, Anda pasti akan melihat banyak sekali hasil berupa website yang menyediakan layanan cek ketersediaan domain. Layanan semacam itu disebut domain Whois. Semuanya menampilkan hasil berdasarkan data yang diperoleh dari ICANN.

Tanpa ICANN, satu domain dan domain lainnya harus saling bertentangan

Cara Membeli Domain Di Dalang Hosting

Apa yang dimaksud nama domain, yang dimaksud domain, apa yang dimaksud dengan domain, apa yang dimaksud domain dan hosting, apa itu domain name, apa yang dimaksud dengan domain name, apa yang dimaksud top level domain, yang dimaksud domain adalah, apa yang dimaksud dengan domain name system, apa yang dimaksud domain, apa yang dimaksud dengan domain dan hosting, jelaskan yang dimaksud dengan domain name system dns

Related posts