Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel

Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel

Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel – Kita semua tahu bahwa ikat kepala adalah salah satu aksesoris rambut favorit wanita. Banyak ikat kepala dengan segala variasinya terbuat dari bahan yang berbeda. Bagi Anda para ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang dan berencana menggunakan waktu luang Anda untuk kegiatan yang positif dan bermanfaat, itu ide yang bagus. Salah satu yang bisa kamu coba adalah membuat kreasi dari bahan yang mudah ditemukan yaitu kain perca.

Apalagi untuk ibu-ibu yang memiliki anak perempuan, Anda bisa membuatkan bando yang trendi dan manis untuk buah hati Anda. Artikel ini adalah pengalaman saya dalam membuat ikat kepala yang cantik khususnya untuk bayi dan anak-anak. Tetapi jika orang dewasa ingin menggunakannya juga tidak apa-apa. Sesuaikan saja ukurannya.

Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel

Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel

Untuk kreasi kali ini, bahan yang saya gunakan adalah kain perca satin. Ya, tambal lagi tambal lagi. Kebetulan saya punya banyak obat di rumah saya. Dan saya sengaja menggunakan bahan satin patchwork karena tampilannya yang mewah berkilau terlihat elegan dan cocok sebagai bahan aksesoris. Berikut ini adalah tutorial step by step cara membuat bando tambal sulam lengkap dengan petunjuknya bagi anda yang ingin membuatnya.

Bandana Bayi Headband Dengan Hiasan Bunga Cantik

Cara Membuat Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan sebelum membuat bandana berbahan satin tambal sulam. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan agar hasil bandana yang dibuat nantinya sesuai dengan yang diinginkan.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat ikat kepala adalah mengukur. Langkah ini penting untuk menentukan lingkar kepala agar bandana pas saat dikenakan. Cara mengukur kepala dengan meteran. Anda dapat mengukur kepala bayi Anda secara langsung. Karena ikat kepala ini menggunakan karet elastis maka lingkar kepala diukur mulai dari bagian belakang kepala yaitu diatas leher lalu ke atas dimana biasanya ikat kepala menempel dan bertemu pada awal pengukuran, sehingga ikat kepala jika sudah jadi . berbentuk lingkaran seperti gelang. Tentukan juga lebar bandonya. Disini saya sesuaikan lebar headband dengan lebar karetnya. Jadi ikat kepala yang saya buat kemudian ternyata berbentuk bulat 50 cm dan lebar 3 cm.

1. Setelah menyiapkan alat dan bahan untuk membuat ikat kepala, langkah selanjutnya adalah proses pemotongan. Pertama, potong kain menjadi dua persegi panjang untuk pita atas dan yang lebih rendah untuk elastis. Potongan kain ikat kepala bagian atas berukuran panjang 32 cm dan lebar 8 cm. Dan bagian bawah kain untuk elastisitas panjangnya 12 cm. Semua kain potong memiliki jahitan tambahan. Kain satin biasanya memiliki serat yang sangat mudah kering. Untuk mencegah serat dari kain, bakar pinggiran kain dengan lilin atau besi solder listrik.

Kemudian potong elastis dengan panjang 6 cm. Di sini saya menggunakan karet gelang selebar 2,5 cm. Kemudian bakar kedua sisinya agar serat elastis karet tidak hilang. Pastikan karetnya tidak terlalu kencang. Ini membuat ikat kepala bertahan lebih lama. Pastikan juga ikat kepala tidak terlalu ketat agar nyaman dipakai. Untuk menghias ikat kepala, saya membuat hiasan pita kanzashi di sini. Cara membuat kanzashi, Anda perlu memotong kain berbentuk persegi dengan ukuran 6 cm. Potong menjadi 12 bagian.

Ruang Kreasi Thania: Bando Cantik Dari Tille

2. Lipat kain persegi menjadi lipatan segitiga. Untuk mempermudah pekerjaan, lipat semuanya dengan menempelkannya secara miring lalu rekatkan.

4. Kemudian lipat seperti membuat lipatan. Kemudian potong bagian bawahnya hingga halus dan gosong. Rapikan sedikit bagian belakang agar halus, lalu bakar agar serat kain tidak sobek. Bentangkan kanzashi yang telah dibuat dengan cara drag ke kiri dan ke kanan sehingga bentuk kelopak kanzashi menyerupai bentuk kipas.

6. Anda bisa menggunakan tangan atau mesin jahit untuk proses menjahit ini. Lipat kain menjadi dua dan jahit lurus. Biarkan bagian tengah tidak dijahit untuk membalik kain. Bagian ini merupakan bagian utama ikat kepala yang akan menghiasi sekeliling kepala. Bentuk bando ini mirip seperti pipa. Jangan khawatir tentang bagian ini. Selanjutnya, jahit kain untuk ikat kepala bawah atau karet gelang. Caranya sama, yaitu dengan cara melipatnya menjadi dua lalu dijahit lurus lalu kembali lagi. Kemudian masukkan elastis dengan peniti. Kemudian jahit dan bakar kedua sisinya.

Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel

7. Masukkan bagian bawah ikat kepala yang menempel pada karet elastis ke dalam badan utama ikat kepala. Jahit tepinya, lalu putar kain melalui lubang yang belum dijahit. Kemudian masukkan kembali pita bawah yang menempel pada elastis. Gunakan sumpit atau tusuk sate sehingga salah satu sisinya menyentuh sebagian besar ikat kepala. Kemudian jahit dan bakar kembali pinggirannya agar lebih kuat dan seratnya tidak mudah putus.

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Yang Unik Dan Menarik

8. Setelah bagian elastis terpasang sempurna, pasang kembali kainnya. Anda dapat melakukannya dengan tangan, tetapi lebih mudah menggunakan pembalik kain. Mulailah menarik kain secara perlahan. Setelah selesai mengganti jahitan, setrikalah agar kain lebih rata dan ikat kepala lebih halus. Pastikan suhunya tidak terlalu tinggi agar kain tidak kusut, karena kain satin tidak tahan panas.

9. Langkah selanjutnya pasang hiasan kanzashi sebagai hiasan ikat kepala. Tempatkan ikat kepala dengan karet di posisi tengah, lalu pasang kedua kanzashi seperti pada gambar.

10. Kumpulkan semua kanzashi yang dibuat dengan menempelkan ujung-ujungnya pada daun kanzashi lainnya sehingga terlihat seperti pita. Saat semua kelopak Khanzashi dipasang, letakkan tombol dekoratif atau hiasan lain di tengah.

Ada apa bu, gampang banget kan cara membuat ikat kepala seperti di atas? Sekali lagi ternyata kain perca memiliki banyak manfaat tergantung dari cara kita membuatnya dalam bentuk kreatif yang berbeda-beda dan tentunya daya kreatifitas setiap orang berbeda-beda. Tapi saya yakin semakin banyak Anda berlatih, keterampilan Anda akan semakin alami.

Bross Dan Gantungan Kunci By Souvenir Moment

Sampai disini dulu cerita saya yang saya bagikan untuk dituliskan, tutorial cara membuat bandana satin tambal sulam yang cantik, yang bisa anda jadikan sebagai referensi dalam pekerjaan anda, khususnya bagi anda yang baru atau yang sudah punya. pintar, meskipun tidak ada salahnya ingin membuat satu untuk putri Anda juga. cintamu., Jakarta Banyak cara untuk mengembangkan kreativitas. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan. Kerajinan bisa berupa segala macam hal yang bisa Anda buat sendiri.

Bahan kerajinan bisa apa saja dari bahan bekas atau beberapa bahan. Bahan yang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan adalah kain flanel.

Kain flanel cocok sebagai media kreatif kerajinan tangan. Kreasi yang dibuat di kanvas ini tidak terbatas. Dengan cara ini, kain flanel sangat cocok untuk tangan-tangan kreatif untuk mengotak-atik.

Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel

Membuat kreasi berbeda dengan menggunakan kain flanel tidaklah sulit. Anda bisa membuat gantungan kunci, jepit rambut, tas, bros, dan lainnya dari kain flanel. Variasi warna yang tersedia memberi Anda kebebasan untuk berkreasi.

Bando Unicorn Bunga Bando Unik, Fesyen Wanita, Aksesoris Di Carousell

Bros adalah salah satu benda yang bisa dibuat dengan kain flanel. Dengan sedikit kreativitas Anda bisa membuat bros flanel yang cantik dan menarik. Dengan bros buatan tangan ini, Anda akan terlihat cantik dan menarik. Selain itu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk sebuah bros. Bahan dan alat untuk membuat bros flanel sangat murah dan mudah ditemukan.

Tidak hanya untuk diri sendiri, bros flanel ini juga bisa Anda jadikan sebagai kado untuk sahabat Anda. Bahkan jika Anda pandai memanfaatkan peluang, Anda dapat menjual bros buatan tangan ini dan mendapatkan lebih banyak uang untuk makanan ringan.

**Gempa di Cianjur Menghancurkan Tanah Masa Lalu, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: Nomor Rekening BCA: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Flanel atau dalam bahasa Inggris felt adalah jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun. Kain ini dibuat dengan proses pemanasan dan pengukusan untuk menghasilkan kain dengan tekstur dan jenis yang berbeda. Keunggulan kain ini adalah mudah dibentuk dan tidak perlu dilipat saat proses penjahitan seperti kain lainnya.

Tiara Unicórnio Básica C2030

FYI, kain flanel ternyata jenis kain yang lebih tua dari kain tenun dan tenun. Jejak penggunaan kain flanel diperkirakan berasal dari tahun 6500 SM di Turki, jenis kain flanel yang paling kompleks ditemukan dalam bentuk terawetkan di Siberia pada tahun 600 Masehi. Menurut legenda Sumeria, kain flanel digunakan untuk kreasi pertama Urnamman. Kain flanel pernah digunakan untuk membuat topi pria.

Anda bisa mulai dengan bentuk kupu-kupu untuk bros flanel Anda. Membuat bros kupu-kupu flanel itu mudah. Ada banyak bentuk dan cara membuat bros kupu-kupu flanel yang bisa Anda pilih.

Berikut cara membuat bros kupu-kupu dari kain flanel yang bisa Anda praktikkan di rumah. cara membuat bros kupu-kupu flanel akan dirangkum dari beberapa sumber Kamis ini (28/2/2019).

Cara Membuat Bando Dari Kain Flanel

Cara membuat bros kupu-kupu flanel yang pertama adalah dengan menyiapkan peralatan dan bahannya. Berikut ini adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bros kupu-kupu flanel

Diy Bando Retro Simpel Menggunakan Tali Dan Pita

Ambil dua lembar kain flanel dengan warna berbeda. Gunting flanel membentuk lingkaran. Setiap lingkaran memiliki ukuran yang berbeda. Satu lembar kain flanel dengan ukuran bulat besar, dan satu lembar lagi dengan ukuran lebih kecil.

Kemudian gabungkan kedua lembar kain flanel tersebut untuk membuat sayap kupu-kupu. Dengan menggunakan peniti, kencangkan kedua lembar kain flanel dengan menjepitnya di tengah hingga membentuk dua sayap kupu-kupu berwarna.

Langkah selanjutnya, lepaskan peniti tetapi pastikan gulungan kedua waslap tidak terlepas. Pegang ikal flanel dengan dua jari.

Kemudian bungkus bagian tengah kain flanel yang sebelumnya sudah menyusut dengan pembersih pipa. Tutupi bagian tengah dengan dua kain flanel untuk membentuk tubuh kupu-kupu. Gunakan sisa pembersih pipa untuk membentuk antena

Harga Bando Bunga Melingkar Terbaru November 2022 |biggo Indonesia

Bando dari kain flanel, membuat bando dari kain, membuat bando dari kain flanel, cara membuat bando bunga dari kain flanel, kreasi bando dari kain flanel, cara membuat bando dari kain bekas, cara membuat bando bunga dari kain perca, cara membuat bando nama dari kain flanel, cara membuat bando dari kain perca, bando nama dari kain flanel, cara membuat bando dari flanel, gambar bando dari kain flanel

Related posts