Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin – Dalam tulisan ini, kami akan menjelaskan cara membuat database dan tabel data MySQL melalui phpMyAdmin di server XAMPP. Saya rasa teman-teman sudah mengerti apa yang dimaksud dengan database. Basis data adalah kumpulan data yang disimpan di komputer yang saling berhubungan dan terorganisir sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat dengan cepat digunakan kembali saat dibutuhkan. Nah kurang lebih begitulah pengertian database secara singkat, jika masih kurang lengkap silahkan googling untuk lebih jelasnya.

Baiklah saya tidak akan membahas panjang lebar apa itu database, disini saya akan lebih fokus pada cara membuat tabel di database mysql di server Xampp menggunakan phpMyAdmin. Tapi sebelum kita bisa melakukannya, kita perlu menjalankan modul MySQL dan Apache terlebih dahulu yang saya jelaskan di artikel kemarin: Cara menjalankan Xampp di Windows.

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Jika Anda belum menginstal Xampp di PC atau laptop, lihat panduan lengkapnya di sini: Cara Instal Xampp di Windows, Cara Instal Xampp di Linux (Lampp). Nah, jika Xampp sudah terinstall, langsung saja ke inti pembahasan kita.

Sistem Basis Data « Gladystwozara

Cara membuat database MySQL Xampp menggunakan phpMyAdmin Membuat database sangat sederhana, yang terpenting anda bisa mengakses phpMyAdmin terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

3. Pada database yang dibuat, buat nama database pada kolom database name, misalnya saya beri nama database saya “barang_db”, jika sudah selesai klik create.

4. Jika sudah selesai, akan muncul notifikasi “Barang_db database made” artinya database sudah berhasil kita buat.

Cara Membuat Tabel di Xampp Menggunakan phpMyAdmin Tabel data disimpan dalam database, fungsi tabel adalah untuk mengelompokkan data berdasarkan kategori data. Kita dapat membuat beberapa tabel dalam database yang sama yang dapat kita tautkan satu sama lain menggunakan kunci utama atau kode unik yang akan kita bahas secara rinci di artikel berikutnya. Sekarang kita mencoba membuat tabel di database yang kita buat tadi.

Cara Membuat Database Mysql Di Xampp

1. Pertama pilih nama database yang ingin Anda buatkan tabelnya, lalu masukkan nama tabelnya di form Name, dan di form Number of Columns: Jumlah kolom, misalnya, di sini saya membuat satu. Tabel dengan nama “item” dan nomor kolom 4, klik Go jika sudah selesai.

3. Setelah mengisi jadwal, klik Simpan untuk menyimpan jadwal. Setelah berhasil membuat dan menyimpan tabel, sekarang kita melihat isi tabel, yaitu struktur tabel. Cara melihat struktur tabel database dengan mengklik nama tabel.

Sejauh ini kita telah berhasil membuat tabel di database mysql Xampp menggunakan phpMyAdmin, cukup untuk postingan kali ini, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara mengisi tabel di database mysql Xampp menggunakan phpMyAdmin.

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Itu saja untuk artikel ini, jika ada pertanyaan atau perlu menambahkan sesuatu, silakan sampaikan di kolom komentar di bawah, dan jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk menekan tombol share untuk berbagi. Semoga bermanfaat… Cara Membuat Tabel di phpMyAdmin – Pernahkah Anda menggunakan tools phpMyAdmin? Alat ini merupakan perangkat lunak open source berbasis PHP yang dirancang untuk manajemen administrasi dalam database mysql. Objek yag dapat membuat tabel, bidang, hubungan, indeks, dan lainnya. Menurut saya, dibandingkan menggunakan perintah SQL melalui CDM misalnya, tool ini lebih mudah dan cepat digunakan untuk menyelesaikan hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Panduan Lengkap Belajar Phpmyadmin Dasar

Sebelumnya saya telah membagikan artikel tentang cara membuat database mysql di phpmyadmin. Kali ini kita akan melanjutkan dengan cara membuat tabel di phpmyadmin. Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini:

Database yang kami buat adalah database akademik. Misal disini saya hanya membuat dua tabel, ya nanti bisa dikembangkan dengan tabel tambahan, seperti mata kuliah, dosen, meja, ruangan dan lain-lain.

Kedua tabel tersebut adalah tabel mahasiswa dan departemen, dimana keduanya saling berhubungan, field yang menggabungkannya adalah dari field code_major.

Sebelum Anda mulai membuka alat phpMyAdmin, pastikan Anda telah menginstal aplikasi di komputer Anda. Jika tidak, saya merekomendasikan alat gratis bernama Xampp. Aplikasi ini adalah aplikasi panel untuk modul seperti Apache untuk database mysql yang mencakup server web lokal kami dan alat phpMyAdmin. Silahkan baca atitel cara install xampp. Ikuti langkah-langkah yang saya sebutkan di artikel sampai akhir dan Anda dapat melanjutkan posting ini lagi.

Cara Mudah Membuat Database Perpustakaan

Jika aplikasi xampp berhasil diinstal, sekarang buka aplikasinya kemudian klik tombol Run pada modul Apache dan MySQL.

Jika modul kedua berwarna hijau, berarti berfungsi dan dapat digunakan. Sekarang untuk masuk ke alat phpMyAdmin, klik tombol Admin di modul MySQL.

Kemudian kita buat database baru dengan nama akademik, langkahnya klik tombol new, lalu masukkan nama databasenya kemudian klik create.

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Kita telah berhasil membuat database, pada langkah selanjutnya kita akan membuat tabel mahasiswa dan jurusan. Mari kita mulai dengan tabel siswa terlebih dahulu.

Cara Import Database Mysql Ke Phpmyadmin

Kami membuat tabel siswa dengan jumlah kolom sesuai desain di atas, yaitu 6 kolom. Kemudian kita klik tombol kirim.

Kami kemudian mengisi setiap bidang untuk nama, jenis dan panjang nilai serta indeks terpisah untuk bidang/kolom yang akan digunakan sebagai kunci utama. Pada tabel Student, field yang sesuai yang digunakan sebagai primary key adalah nick karena salah satu istilah harus unik/sama untuk field yang menjadi primary key.

Catatan, teman-teman, biasanya dalam kasus lain kunci utama digunakan di bidang tipe integer dan auto_increment digunakan (ini bisa dilihat di antara kolom indeks dan komentar). Dengan menggunakan auto_increment kita tidak perlu memasukkan nilai, sistem akan secara otomatis menghasilkan nilai untuk menghindari nilai duplikat. Anda dapat menggunakan metode ini, tetapi contoh saya tentang siswa kali ini, saya menggunakan nick dengan char sebagai kunci utama.

Kami telah berhasil membuat tabel siswa, Anda dapat melihat apakah struktur tabel sudah benar, jika ada yang salah, Anda dapat mengklik tombol edit pada bidang/kolom yang ingin Anda ubah.

Cara Praktis Membuat Database Di Phpmyadmin

Untuk menambahkan nilai pada tabel, klik menu Tambah di atas, akan muncul kolom di mana kita akan memasukkan nilai sesuai dengan bidang tabel.

Jika nilai sudah terisi, maka klik tombol submit di bawah ini, sehingga jika tidak ada kesalahan maka data akan langsung tersimpan di tabel.

Isi nilai sesuai bidang dan kemudian klik tombol kirim. Jika berhasil, data akan muncul di tab ‘View’.

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Perhatikan bahwa tabel utama memiliki bidang code_major sebagai kunci utama dan kami akan menjadikannya kunci asing dengan nama departemen di tabel siswa. Lihat gambar di bawah ini:

Membuat Database Pemesanan Tiket Kereta Api Dengan Php Ke Mysql

Pada langkah pertama, pertama-tama kita harus membuat indeks pada field kunci di tabel siswa sebagai kunci tamu di tabel.

Kemudian kita klik lagi Educational Database, akan muncul daftar tabel, lalu pilih Designer dari tab menu di pojok kanan atas.

Untuk melakukannya, klik ikon Buat Hubungan di sebelah kiri, lalu seret dari bidang kode_utama tabel utama ke bidang utama tabel siswa. Untuk lebih jelasnya, lihat animasi di bawah ini:

Jika Anda merasa telah mengikuti langkah-langkah di atas tetapi mengalami masalah, silakan bagikan di komentar di bawah atau melalui obrolan WhatsApp. Semoga panduan singkat di atas dapat membantu teman-teman semua cara membuat tabel di phpmyadmin. Sampai jumpa di artikel berikutnya… Cara Membuat Database MySQL – MySQL adalah perangkat lunak sistem manajemen database SQL atau DBMS multi-stream, multi-pengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah Lisensi Publik Umum GNU. lisensi (GPL), tetapi juga menjualnya di bawah lisensi komersial untuk kasus di mana penggunaannya tidak sesuai dengan penggunaan GPL. muara

Tutorial Cara Membuat Login Menggunakan Php Mysql Dan Bootstrap [source Kode]

Untuk membuat database mysql, cara termudah adalah dengan menggunakan PHPMyAdmin. PHPMyAdmin adalah antarmuka yang dapat Anda gunakan untuk mengelola database mysql melalui browser Anda.

Bagaimana Mengaktifkan HTTP/2 di Nginx – Apa itu HTTP/2? Mungkin sebagian orang masih belum familiar dengan HTTP/2. Dikenal sebagai versi HTTP/2 atau Hypertext Transfer Protocol…

Mikrotik Script Zoom Meeting Traffic Split – Pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan petunjuk cara membagi traffic atau memprioritaskan traffic pada suatu aplikasi/web.

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia RTRW Net pasti membutuhkan aplikasi untuk mengelola pengguna dan hotspot PPPOE. saya akan berusaha untuk itu…

Database Phpmyadmin: Cara Membuat, Mengedit, Dan Menghapus

Cara Menghapus Mikrotik – Pada artikel kali ini saya akan mencoba membuat tutorial cara menghapus Mikrotik secara offline. Jadi, apa fungsi Remote Mikrotik…

Tips Memilih Crypto Staking – Umumnya, orang mendapatkan keuntungan dari aset crypto melalui penambangan atau penambangan koin dan baru-baru ini banyak orang juga…

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan panduan cara membuat galeri foto menggunakan php dan mysql. Galeri gambar adalah fitur yang umum…

Pada artikel sebelumnya, saya memberikan panduan tentang cara mengimpor database MySQL melalui baris perintah. Dalam artikel ini, saya juga telah mencantumkan beberapa cara…

Cara Membuat Database Php

Pada sesi ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang cara mengimpor database mysql menggunakan command line atau baris perintah. Kita tahu,…

Membuat buku tamu (guestbook) dengan PHP dan MySQL sangatlah mudah. Dengan membaca tutorial di bawah ini, saya yakin Anda bisa mempraktekkannya…

Menggunakan Query Distinct – Dalam tutorial mysql sebelumnya, kita telah mempelajari cara membuat database MySQL, dan cara menyimpan, memodifikasi, dan menghapus database MySQL. Dalam tutorial…

Cara Membuat Database Di Phpmyadmin

Ekspor data dari MySQL ke Excel – Dalam panduan ini saya akan mencoba membahas beberapa cara mengekspor data dari MySQL ke Excel … Cara membuat database Mysql di Phpmyadmin untuk file server berguna untuk menyimpan struktur file di server. Phpmyadmin adalah representasi visual yang digunakan untuk memudahkan pengguna membuat file

Menampilkan Data Dari Database Berdasarkan Tanggal Dengan Php

Membuat database di phpmyadmin, cara delete database di phpmyadmin, membuat database phpmyadmin, menghapus database di phpmyadmin, cara export database di phpmyadmin, cara memasukan database di phpmyadmin, cara membuat database mysql di phpmyadmin, cara import database di phpmyadmin, bikin database di phpmyadmin, cara buat database di phpmyadmin, cara menghapus database di phpmyadmin, cara bikin database di phpmyadmin

Related posts