Cara Membuat Database Website Dengan Xampp

Cara Membuat Database Website Dengan Xampp

Cara Membuat Database Website Dengan Xampp – Pada artikel ini, kami menjelaskan cara membuat database MySQL dan tabel database melalui phpMyAdmin di server XAMPP. Saya rasa sobat sudah mengerti apa yang dimaksud dengan database. Basis data adalah kumpulan data yang disimpan dalam komputer yang saling berhubungan dan terorganisir sehingga dapat dengan cepat digunakan kembali pada saat data dibutuhkan. Nah itulah pengertian singkat tentang database, kurang lebih jika masih kurang lengkap cari di google untuk lebih jelasnya.

Baiklah saya tidak akan membahas apa itu database, disini saya akan lebih fokus membuat tabel di database mysql pada server Xampp menggunakan phpMyAdmin. Namun sebelum kita bisa melakukannya, kita perlu menjalankan modul MySQL dan Apache terlebih dahulu, seperti yang saya jelaskan di artikel kemarin: Cara menjalankan Xampp di Windows

Cara Membuat Database Website Dengan Xampp

Cara Membuat Database Website Dengan Xampp

Jika Anda belum menginstal Xampp di PC atau laptop, lihat petunjuk lengkapnya di sini: Cara Instal Xampp di Windows, Cara Instal Xampp di Linux (Lampp). Oke, jika Xampp sudah terinstall, langsung saja ke inti pembahasan kita.

Cara Membuat Website Desa Menggunakan Cms Opensid, Offline Dan Online

Bagaimana cara membuat database MySQL Xampp dengan phpMyAdmin? Membuat database sangatlah mudah, yang terpenting anda memiliki akses ke phpMyAdmin terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

3. Pada Created Database, buat nama database pada kolom Database Name. Misalnya, saya beri nama database saya “barang_db” jika sudah siap, klik Buat.

4. Jika sudah, akan muncul pesan “Database Barang_db has been create” yang artinya database kita telah berhasil dibuat.

Membuat tabel di Xampp menggunakan phpMyAdmin tabel data yang tersimpan di database Fungsi tabel adalah untuk mengelompokkan data berdasarkan tipe datanya. Kita dapat membuat beberapa tabel dalam database yang dapat kita hubungkan dengan menggunakan kunci atau kode unik yang akan kita bahas lebih detail di artikel berikutnya. Sekarang kita mencoba membuat tabel di database yang kita buat tadi.

Tutorial Lengkap

1. Pertama pilih nama database yang ingin dibuat tabelnya, kemudian masukkan nama tabel pada form Name dan jumlah kolom pada Number of column : Contoh Contoh Disini saya membuat tabel dengan nama “Item” dan jumlah kolom 4 Klik Go jika sudah selesai.

3. Setelah tabel selesai diisi, klik Save untuk menyimpan tabel. Setelah tabel berhasil dibuat dan disimpan, sekarang kita melihat isi tabel atau struktur tabel. Cara melihat struktur tabel data dengan mengklik nama tabel.

Sejauh ini kita sudah berhasil membuat tabel di database mysql Xampp menggunakan phpMyAdmin, cukup sekian postingan kali ini, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara mengisi tabel di database mysql Xampp menggunakan phpMyAdmin.

Cara Membuat Database Website Dengan Xampp

Itu saja untuk artikel ini, jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan lebih banyak, tinggalkan komentar di bagian komentar di bawah, dan jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk menekan tombol Bagikan untuk berbagi. Semoga bermanfaat… Kali ini kita akan membahas cara membuat database di phpMyAdmin. Sebelum pergi ke sana, Anda harus sudah tahu apa itu database. Ya! Database adalah kumpulan data yang dibuat dengan cara ini.

Pengertian Xampp Serta Cara Instal Di Windows Dan Linux

MySQL adalah salah satu contoh database. Ada yang lain seperti; Oracle, MongoDB, postgresql, dan lainnya. Dalam pembahasan kita, database yang digunakan adalah MySQL.

Jadi apa itu phpMyAdmin? phpMyAdmin adalah GUI atau antarmuka pengguna grafis dalam bentuk aplikasi web yang memungkinkan kita untuk mengelola database MySQL dengan mudah. Membuat, memodifikasi, menghapus, dan banyak lagi dengan mudah. Cukup klik.

Kemudian pastikan PC/laptop anda sudah terinstall XAMPP. XAMPP adalah sebuah paket server dengan web server (Apache) dan database server (MySQL). Ini juga akan menginstal phpMyAdmin.

Anda dapat mengunduh XAMPP di https://www.apachefriends.org/download.html. Cara memasangnya sangat mudah. Tekan saja tombol Next sampai selesai.

Cara Membuat Database Di Xampp Secara Localhost

Trik ini menjalankan control panel XAMPP atau jika Anda menggunakan macOS, namanya manager-osx. Dalam hal ini, klik tombol Start pada MySQL dan Apache. Tombol beralih untuk berhenti. Seperti inilah tampilan manajer osx.

Setelah berhasil, kita dapat menjalankan phpMyAdmin. Caranya ketikkan http://localhost/phpmyadmin di address bar browser. Kemudian tekan Enter.

PhpMyAdmin dapat diakses tanpa kata sandi secara default. Namun, dalam hal pengembangan/produksi aktual, halaman ini memerlukan kata sandi keamanan basis data. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara mengakses phpMyAdmin dengan password.

Cara Membuat Database Website Dengan Xampp

Selanjutnya mari kita buat databasenya. Untuk membuat database, klik menu Database. Muncul tampilan baru dan sepertinya ada banyak database standar atau default dan ada juga kolom untuk membuat database. Di bidang itu, ketikkan nama database yang ingin Anda buat. Berdasarkan judul di atas, kita akan membuat database kampus. Kemudian klik Buat.

Tutorial Pembuatan Aplikasi Website Beserta Databasenya

Setelah itu, akan muncul pesan yang menyatakan bahwa database telah berhasil dibuat dan segera meminta Anda untuk membuat tabel. Di sini kita akan membuat tabel siswa dengan 7 kolom atau bidang. Kemudian klik Pergi.

Ada dua jenis database: RDBMS dan non-RDBMS. RDBMS adalah database yang dapat saling berkomunikasi sedangkan Non-RDBMS sebaliknya. RDBMS memiliki konsep tabel database (dalam database ada tabel terkait), sedangkan non-RDMS tidak memiliki konsep seperti itu. Contoh RDBMS: Mysql, Oracle dan non-RDBMS Contoh: NoSql, MongoDB.

Selanjutnya kita tentukan kolom atau field mana yang ada pada tabel siswa. Kami akan membuat kolom untuk; ID, ID, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat dan nomor modal. Khusus untuk kolom ID kita jadikan master key dan nilainya otomatis bertambah.

Name adalah nama kolom atau field. Type adalah tipe data dari kolom atau field. Panjang / Nilai adalah panjang karakter. Setelah selesai, klik Simpan di sudut kanan bawah. Selesai! Daftar siswa telah berhasil dibuat.

Halaman Database Xampp 7

Dan untuk melihat data yang ada di tabel siswa, caranya adalah dengan mengklik menu navigasi. Ini adalah tampilan ketika data kosong.

Untuk menyisipkan data ke tabel siswa, pilih menu Sisipkan. Form akan tampil dan mengisi setiap kolom atau field kecuali kolom ID, karena otomatis terisi dengan nomor urut (fungsi auto-boost). Terakhir, klik Pergi.

Bagaimana dengan eksperimen yang telah Anda lakukan? Apakah cara kerjanya seperti langkah-langkah di atas? Membuat database siswa di phpMyAdmin sangat mudah. Hanya beberapa klik. Namun, dibutuhkan ketelitian agar tidak salah. Database adalah sesuatu yang berfungsi untuk menyimpan data pada sebuah website. Ada banyak jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle SQL dan sebagainya. Karena database adalah jantung dari situs, kehadirannya sangat penting. Bagi sebagian orang yang sudah membuat website pasti akan membuat database di localhost terlebih dahulu. Apa itu localhost? Localhost adalah lingkungan hosting yang diinstal pada komputer lokal. Jadi sebelum situs ini online dan memasang hosting murah berkualitas tinggi, Anda dapat memeriksa database dan situs web terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat database MySQL di localhost/phpmyadmin? Dalam tutorial ini kami menjelaskan cara membuat localhost / phpmyadmin – database MySQL XAMPP.

Cara Membuat Database Website Dengan Xampp

Localhost/phpmyadmin dan XAMPP adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan saat membuat website di komputer. Tanpa localhost/phpmyadmin Anda akan kesulitan membuat situs web dengan skrip backend seperti PHP atau NodeJS. Karena PHP berjalan pada alias backend sisi server.

Inilah Cara Membuat Database Di Xampp Paling Mudah & Lengkap

Localhost adalah server lokal di komputer. Jadi Anda dapat membuat lingkungan hosting sendiri di komputer Anda dengan localhost. Sebenarnya, localhost adalah nama host dari komputer itu sendiri. Secara umum, baik hosting maupun localhost dapat diakses saat web server sedang berjalan. Dengan hosting berbayar, Anda tidak perlu khawatir dengan web server karena penyedia sudah menyediakannya. Tetapi untuk localhost Anda perlu mengatur server web Anda sendiri. Bagaimana? Tetap tenang! Ada sebuah program bernama XAMPP.

XAMPP adalah program yang memudahkan pengguna untuk mengelola sejumlah hal yang diperlukan agar situs web berfungsi. Dengan XAMPP Anda dapat dengan mudah menginstal Apache, MariaDB, PHP dan Perl. Menggunakan XAMPP juga mudah, Anda tinggal klik Start untuk menjalankan dan klik Stop untuk menonaktifkan layanan. Untuk Windows, Anda dapat menggunakan XAMPP. Untuk Linux, Anda dapat menggunakan LAMPP. Dan untuk pengguna Mac, Anda dapat memanfaatkan MAMP. Ketiganya, baik XAMPP, LAMPP atau MAMP, akan membantu Anda dengan masalah server. Ketiga program tersebut terintegrasi dengan Apache HTTP Server sebagai web server, MySQL sebagai pengolah database, PHP dan Perl sebagai bahasa pemrograman sisi server. Namun ternyata XAMPP juga bisa digunakan untuk ketiga sistem operasi tersebut lho!

PhpMyAdmin adalah program yang berfungsi untuk mengelola MySQL pada sebuah website. Anda dapat melakukan hal-hal seperti membuat tabel, mengelola tabel, membuat kolom, membuat indeks, mengelola hak akses pengguna, menghapus data dalam spreadsheet, menerapkan kueri, dan banyak lagi. Operasi MySQL biasanya berbentuk konsol dan sulit digunakan oleh pemula karena mereka menggunakan kueri/kode yang berbeda. Tetapi dengan munculnya phpMyAdmin, siapa pun dapat dengan mudah mengelola data. Anda juga dapat mengimpor database ke phpMyAdmin.

Localhost/phpmyadmin merupakan gabungan dari localhost dan phpmyadmin. phpmyadmin disimpan di host lokal di komputer yang disebut localhost. Jadi pada dasarnya host/phpmyadmin ini adalah simulasi ketika Anda meng-host situs web di hosting yang sebenarnya. Hosting adalah tempat semua file web disimpan. Seperti halnya localhost, semua file web disimpan dalam file lokal di komputer. Sekarang berfungsi untuk localhost/phpmyadmin untuk pengaturan manajemen basis data. Jadi Anda tidak perlu menanyakan konsol secara manual melalui mysql. Anda dapat dengan mudah melakukan proses entri tabel dengan memasukkan data. Ingin tahu

Cara Instal Website WordPress Di Localhost Dengan Xampp

Jadi localhost, phpMyAdmin dan XAMPP adalah kombinasi yang tepat untuk membuat database di komputer Anda sebelum memasukkannya ke dalam hosting. Sebelum melanjutkan dengan membuat localhost phpmyadmin – XAMPP database MySQL, pastikan Anda mengetahui dasar-dasar HTML dan PHP untuk membuat website.

XAMPP tersedia gratis di Windows, Linux, atau Linux.

Membuat database di xampp, cara buat database xampp, cara membuat website dengan xampp, cara membuat database di xampp, cara membuat website dengan database, membuat website dengan database, cara membuat website xampp, cara membuat website dengan xampp dan wordpress, membuat database mysql xampp, cara membuat website di xampp, membuat web database dengan xampp, membuat website dengan xampp

Related posts