Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan – Anak-anak, remaja dan dewasa muda beresiko kekurangan vitamin D dan gizi yang tidak mencukupi, sebagian besar vitamin D diperoleh dari sinar matahari, dan sedikit diperoleh dari makanan. Alasan utama kekurangan vitamin D adalah kurangnya sinar matahari. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 91 siswa sekolah dasar di Jakarta menunjukkan prevalensi hipovitaminosis vitamin D, dengan 75,8% anak mengalami defisiensi atau defisiensi vitamin D.

Sebuah penelitian terhadap anak usia 2-13 tahun di 48 kabupaten di Indonesia menunjukkan bahwa anak usia 6 tahun ke atas mulai memiliki kadar vitamin D yang rendah, dengan 45,1% mengalami defisiensi vitamin D.

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Vitamin D merupakan vitamin yang berperan sebagai hormon dan berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan di usus. Asupan kalsium yang tinggi tidak bermanfaat kecuali disertai dengan vitamin D yang cukup. Sinar ultraviolet B (UVB) akan mengubah kadar vitamin D di kulit menjadi vitamin D3 (cholecalciferol), yang diubah menjadi vitamin D aktif ( calcitrichol/dihydroxycholecalciferol) di hati dan ginjal. Selain perannya dalam produksi kalsium dan fosfor, vitamin D ini juga memiliki manfaat meningkatkan massa tulang yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta fungsi saraf. Kadar metabolit vitamin D (25-hidroksivitamin D3) diukur untuk menentukan kecukupan vitamin D. Kadar vitamin D normal adalah 30-100ng/mL.

Tanda Kekurangan Vitamin D

Anak yang kekurangan vitamin D akan mengalami keterlambatan pertumbuhan. Kekurangan vitamin D menyebabkan rendahnya tingkat metabolisme kalsium, fosfor dan tulang. Penurunan penyerapan kalsium dan fosfor di usus menyebabkan peningkatan hormon paratiroid, yang memecah kalsium dari tulang dan meningkatkan ekskresi fosfor dalam urin. Kondisi ini menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah (osteomalacia).

Kekurangan vitamin D yang parah pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis gizi. Rakhitis biasanya diamati pada anak-anak dari 6 hingga 2,5 bulan dengan tanda-tanda kelemahan otot, perkembangan motorik yang lambat, pertumbuhan pergelangan tangan dan lutut yang lambat. Kaki berbentuk O. Pertumbuhan gigi.

Untuk mencegah kekurangan vitamin D, perlu dilakukan berbagai aktivitas di luar rumah agar anak dapat terpapar sinar matahari minimal 5-15 menit, 3 kali seminggu. Waktu terbaik untuk mendapatkan sinar matahari UVB adalah antara pukul 10 pagi hingga 2 siang. Namun, hati-hati jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari untuk menghindari efek sinar matahari, selain itu gunakan makanan yang mengandung Vitamin D, seperti salmon, mackerel, tuna, keju, daging ayam shiitake. , dan biji-bijian.

Vitamin d vitamin untuk anak sehat tumbuh kembang gigi anak# obstetri (kebidanan) (9966) anak (dokter anak) (6101) hermina Bekasi (3770) penyakit dalam (3726) bedah (3221) dokter gigi (3218) hermina depok (2378) hermina jatinegara(2363)7 Penyakit berbahaya akibat kekurangan vitamin D Diterbitkan: 22 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 Dilihat 13 Juni 2019 Waktu baca: 4 menit

Gepostet Von @mymilk_id Ultra Milk: Berdasarkan Hasil Penelitian Menzies Research Institute, Hobart Australia, Anak Anak Tidak Akan Tumbuh Optimal Atau Bahkan Terhenti Pertumbuhannya Jika Kurang Memperoleh Vitamin D.si Kecil Bisa Mendapatkan Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin sinar matahari karena merupakan vitamin yang dapat diproduksi tubuh saat terkena sinar matahari, dimana kadar provitamin D dalam tubuh diubah menjadi vitamin D. Manfaat utama vitamin D adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Baca juga: Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh

Menurut banyak penelitian, rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan. Apakah mereka? Ini adalah berbagai penyakit yang menyebabkan kekurangan vitamin D.

Iklan Beli Onkologi via HDmall Gratis Ke Seluruh Indonesia ️ Bisa COD ️ GRATIS Konsultasi Obat

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Vitamin D sterol adalah pro-hormon yang larut dalam lemak. Secara umum, penggunaan vitamin D adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Baca juga: Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh

Akibat Kekurangan Vitamin Adek

Tentu saja vitamin ini dapat diproduksi oleh tubuh manusia dari sinar matahari yang diserap oleh kulit, oleh karena itu disebut vitamin sinar matahari. Selain itu, vitamin D dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai makanan, seperti ikan berlemak, hati sapi, jamur, keju, dan kuning telur.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin D setiap hari, biasanya antara 400 dan 800 IU per hari, tergantung pada usia dan status kesehatan orang tersebut. Kekurangan vitamin D tidak hanya berkaitan dengan kesehatan tulang, tetapi mungkin juga berkaitan erat dengan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, demensia, depresi, skizofrenia, dan berbagai jenis kanker. Berbagai penyakit akibat kekurangan vitamin D adalah sebagai berikut:

Mendapatkan cukup vitamin D erat kaitannya dengan pencegahan osteoporosis di kemudian hari. Hal ini karena vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme pertumbuhan tulang. Osteoporosis sendiri biasanya baru terdiagnosis setelah pasien mengalami patah tulang karena terjatuh atau kondisi lainnya.

Oleh karena itu, International Osteoporosis Organization (IOF) merekomendasikan 400-800 IU vitamin D untuk orang dewasa di bawah 50 tahun dan 800-1000 IU untuk orang dewasa di atas 50 tahun untuk mencegah osteoporosis.

Jenis Vitamin Yang Perlu Kamu Tahu! (update 2020)

Rakhitis adalah tulang lunak dan lemah yang disebabkan oleh kelebihan dan kekurangan vitamin D pada anak-anak. Penyakit yang menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk ini lebih sering terjadi pada anak-anak antara usia 6 bulan hingga 3 tahun, dan pada masa ini pertumbuhan tulang sangat pesat.

Advertisement Beli Obat Jantung Gratis Ongkos Kirim Ke Seluruh Indonesia ️ Bisa COD

Oleh karena itu, bayi dan anak-anak usia ini disarankan untuk mendapatkan setidaknya 8,5 hingga 10 mikrogram vitamin D per hari untuk menjaga kesehatan tulang dan perkembangannya di masa depan.

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Satu studi menemukan bahwa orang dengan kadar vitamin D rendah 3 kali lebih mungkin meninggal karena gagal jantung dan 5 kali lebih mungkin meninggal karena kematian jantung mendadak. Namun, tidak jelas apakah meningkatkan jumlah vitamin D mengurangi risiko ini. Baca Juga: Sehatkah Jantung Anda? Inilah 5 Tujuan Kesehatan Jantung

Benarkah Banyak Penduduk Indonesia Yang Kekurangan Vitamin D?

Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association 2015, pria yang kekurangan vitamin D memiliki risiko disfungsi ereksi 32% lebih tinggi daripada pria dengan vitamin D yang cukup.

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh vitamin D terhadap fungsi pembuluh darah, termasuk pembuluh yang membawa darah ke alat kelamin. Dalam beberapa kasus, disfungsi ereksi yang dialami pria juga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes, kanker prostat, dan tekanan darah tinggi.

Demensia adalah penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak dan bersifat kronis atau progresif. Pasien akan mengalami berbagai gejala seperti penurunan kemampuan kognitif, kehilangan memori, dan perubahan perilaku yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Penyakit Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia dan menyumbang sekitar 80% dari kasus demensia. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kondisi ini terkait dengan kekurangan vitamin D. Orang dengan kekurangan vitamin D memiliki 125% peningkatan risiko terkena demensia dan penyakit neurodegeneratif.

Tanda Tanda Kalau Tubuh Kamu Kekurangan Vitamin D

Beli simvastatin melalui iklan! Gratis ongkos kirim ke mana saja di Indonesia ️ Bisa COD ️ GRATIS Rekomendasi Apoteker ️ Pesan sekarang 6. Frustasi

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan bahkan depresi. Dalam analisis skala besar terhadap lebih dari 31.000 penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Agriculture, para ahli menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dan depresi.

Para ahli percaya bahwa kondisi ini terkait erat dengan peran vitamin D dalam mempengaruhi neurotransmiter di otak, yang dapat menyebabkan pelepasan serotonin, yang berperan penting dalam produksi hormon bahagia.

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Skizofrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan delusi, halusinasi, dan perubahan perilaku. Menurut sebuah studi observasional yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, seseorang dengan kekurangan vitamin D dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan skizofrenia.

Makanan Yang Mengandung Vitamin D, Apa Saja Sih?

Sampai saat ini skizofrenia belum sepenuhnya sembuh. Perawatan saat ini bertujuan untuk mengurangi dan mengendalikan gejala yang ada. Beberapa di antaranya penggunaan obat antipsikotik, psikoterapi hingga terapi elektrokonvulsif.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan kanker tertentu seperti multiple sclerosis, kolitis, kanker payudara, kanker pankreas, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

Tim Editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang berkualitas kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan profesional medis dan menggunakan sumber terpercaya dari otoritas terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Kekurangan vitamin D pada orang dewasa: kapan harus menguji dan bagaimana mengobatinya. Pusat Informasi Bioteknologi Nasional. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2912737/)

Penyakit Kronis Akibat Kekurangan Vitamin D, Dari Diabetes Hingga Kanker

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis klinis. Ia menyarankan untuk terus berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Konten ini telah ditulis atau ditinjau oleh seorang profesional medis dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang valid.

Tim Editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang berkualitas, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan efektif. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

Kekurangan Vitamin D Dapat Mengakibatkan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat WhatsApp kami di 0821-2425-5233 atau email [email protected]. Seiring dengan gaya hidup yang tidak sehat, kekurangan vitamin D juga menyebabkan kanker. Betulkah? Lihat informasi medis di bawah ini.

Suplemen Vitamin D: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, Dll.

Kekurangan vitamin D merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kesehatan tulang tidak terlindungi saat tubuh kurang membutuhkan vitamin D.

Namun, beberapa orang dengan berbagai jenis kanker memiliki kadar vitamin D yang rendah. Kadar vitamin D yang lebih rendah dikaitkan dengan lebih banyak kanker.

, Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kematian pada kanker usus besar, kanker payudara, kanker ovarium dan kanker prostat.

Vitamin D memiliki sifat antitumor, kata MS Thomas Churilla dari Commonwealth Medical College, AS. Vitamin ini mengontrol gen yang terlibat dalam reproduksi dan proliferasi sel kanker.

Gejala Kekurangan Vitamin D

Dalam studi tersebut, para peneliti mengumpulkan sampel darah dari 160 pria dan wanita penderita kanker dan mengukur kadar vitamin D. Lima jenis kanker yang paling umum adalah payudara, prostat, paru-paru, tiroid, dan kanker.

Nilai rata-rata

Kekurangan vitamin a dapat mengakibatkan, kekurangan vitamin d mengakibatkan penyakit, kekurangan faktor kalsium dan vitamin d mengakibatkan, kekurangan vitamin d dapat mengakibatkan penyakit, kekurangan vitamin c dapat mengakibatkan, kekurangan vitamin d mengakibatkan mudah terserang penyakit, kekurangan vitamin d mengakibatkan, kekurangan vitamin b12 dapat mengakibatkan, kekurangan vitamin c dapat mengakibatkan penyakit, kekurangan vitamin e dapat mengakibatkan, kekurangan vitamin b dapat mengakibatkan, kekurangan vitamin d dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh gangguan tulang seperti ini disebut

Related posts