Membuat Aplikasi Android Database Mysql

Membuat Aplikasi Android Database Mysql

Membuat Aplikasi Android Database Mysql – Tutorial ini akan menggunakan contoh aplikasi manajemen keuangan pribadi. Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana yang terdiri dari beberapa bagian penting yaitu :

Langkah pertama dalam pengembangan aplikasi adalah membuat proyek dengan Android Studio. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat proyek untuk aplikasi kita:

Membuat Aplikasi Android Database Mysql

Membuat Aplikasi Android Database Mysql

Dan untuk menguji aplikasi native yang sedang berjalan, kita dapat mengklik tombol Run. Android Studio akan membutuhkan waktu untuk mengkompilasi, membuka AVD (jika belum berjalan) dan mengirimkan hasil aplikasi kita ke perangkat atau perangkat virtual yang dipilih.

Pdf) Pembuatan Aplikasi Terintegrasi, Pendataan Barang Di Gudang Berbasis Android

Ketika proses kompilasi selesai, kita akan mendapatkan hasil yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Biarkan AVD tetap berjalan (untuk menghemat waktu memulai AVD) dan lanjutkan ke langkah pengembangan proyek berikutnya.

Setelah proyek berjalan dengan baik, saatnya menambahkan komponen lain ke proyek kita. Aplikasi yang akan kita bangun memiliki beberapa tampilan dengan alur kerja yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Berdasarkan gambar tersebut, berarti kita membutuhkan minimal 4 interface tampilan yang disebut dengan Activity dalam pemrograman Android. Saat ini kami memiliki 1 tampilan sebagai halaman utama dan halaman yang pertama kali dibuka saat kami memulai aplikasi yaitu kami membutuhkan 3 aktivitas tambahan.

Kita tidak perlu membuatnya, karena Android Studio sudah membuatnya saat kita membuat project. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan kode

Tutorial Crud Flutter Php Dan Mysql Part Pertama Membuat Back End

Setelah membuat tampilan untuk aplikasi, langkah selanjutnya adalah membuat kelas model yang merupakan representasi dari tabel database SQLite yang akan kita gunakan. Pada proyek ini kita akan menyimpan data transaksi berupa nama transaksi, jenis transaksi (input/pengeluaran), jumlah dan deskripsi.

Kelas Model yang dimaksud adalah kelas standar Java yang dilengkapi dengan properti dan metode untuk keperluan manipulasi data. Langkah-langkah produksinya adalah sebagai berikut:

Setelah menampilkan data di ListView, sekarang kita akan menampilkan data lengkap transaksi menggunakan DetailView. Untuk melakukannya, pertama-tama tambahkan tindakan saat Anda menyentuh (atau mengeklik) item dalam daftar.

Membuat Aplikasi Android Database Mysql

Kami telah berhasil menampilkan data pengujian dalam ListView, lalu kami mengganti tampilan tersebut dengan koneksi ke database lokal.

Membuat Aplikasi Iot Dengan Kodular (espdev) Part 2

) Karena modelnya berbeda dengan database berbasis server (seperti MySQL), model koneksi dan manipulasi SQLite juga berbeda. Dalam pemrograman Android, untuk dapat mengakses SQLite kita perlu menyiapkan 2 hal yaitu class contract database dan class helper database.

Kelas kontrak adalah kelas Java standar yang digunakan untuk mendefinisikan konstanta dan beberapa kueri yang terkait dengan membuat dan mengakses tabel dasar. Untuk membuat kontrak tabel untuk aplikasi yang sedang kita kerjakan, kita dapat memodifikasi kelas model

Kelas kedua yang perlu kita buat untuk mengakses database adalah kelas helper, yang digunakan untuk mengeksekusi perintah SQL pada struktur tabel dan data tabel. Pembantu kelas yang kami gunakan untuk aplikasi kami adalah:

Setelah menyelesaikan dua kelas untuk membantu koneksi database, kami akan menggunakan kelas-kelas ini di aplikasi kami. Pertama-tama kita akan menggunakannya untuk memasukkan data melalui formulir, lalu menampilkan data melalui MainActivity dan ListView, dan terakhir menghapus data di DetailsView.

Membuat Aplikasi Android Sendiri Di Delphi Xe

Di bagian pembuatan aktivitas, kami telah membuat desain untuk formulir sehingga yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan tampilan formulir dengan logika java. Berikut ini adalah kelas yang dimodifikasi

Setelah memasukkan data di form, langkah selanjutnya adalah menampilkan 5 data terbaru di dashboard dan menampilkan semua data di ListView. Karena kita telah membuat tata letak di bagian sebelumnya, dan bahkan menampilkan daftar menggunakan ArrayList, di bagian ini kita hanya perlu mengganti bagian ArrayList untuk mendapatkan data dari database.

Untuk menampilkan semua data dalam tampilan daftar, kita perlu membuat metode baru untuk mengambil data dari database dan memanggilnya saat aktivitas dibuat. Kode lengkapnya ditunjukkan di bawah ini: Dalam posting ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana aplikasi Android dapat melakukan operasi CRUD (Create Retrieve Update Delete) pada database MySQL menggunakan pustaka Retrofit.

Membuat Aplikasi Android Database Mysql

Hai teman-teman apa kabar? Semoga sehat selalu. Di era pandemi Kovid-19 ini, mari kita tetap di rumah saja teman-teman. Selalu aman. Saat di rumah, di website sambil belajar, atau di channel YouTube. Seperti kalimat pembuka di atas, postingan kali ini akan mengajak sobat untuk bermain MySQL CRUD di Android. Sebelum memulai, terlebih dahulu kita harus memahami konsepnya. Mungkin Anda bisa melihat gambar di bawah ini terlebih dahulu.

Jual Buku Pemrograman Android & Database Abdul Kadir

Dari gambar di atas, kita dapat melihat bahwa proses koneksi ke database MySQL menggunakan Android sangatlah rumit. Singkatnya, Android tidak dapat mengambil data langsung ke database MySQL. jadi bagaimana Anda melakukannya? Pendekatannya melalui web service/API bridge yang merupakan satu baris kode program yang menampilkan data dalam format JSON. Seperti apa tampilan JSON.

Jadi kurang lebih seperti itulah representasi data dalam bentuk JSON. Nah data dalam bentuk JSON ini bisa dibaca oleh Android melalui library bernama Retrofit. Jadi prosesnya panjang. Nah, begitulah, bersabarlah, ini ujian. hehehe oke lanjut.

Saya telah memberikan semua tautan alat unduhan yang disebutkan di atas di bagian bawah posting ini… Lihat.

Di Bagian 1, kita hanya akan melakukan bagian R dari CRUD, yaitu mengambil data. Kasus yang saya presentasikan kali ini adalah tentang data laundry dari Palembang. Ini kasus hipotetis ya … hehehe. Disini kita akan membaca data laundry dari database MySQL, kemudian kita akan menampilkannya pada card view yang terhubung dengan recycler view. Kurang lebih aplikasi kita akan seperti ini.

Membuat Aplikasi Android Sederhana Tanpa Coding

Beberapa sumber daya yang mungkin Anda perlukan adalah pustaka CardView, RecyclerView, Material Design, Retrofit 2, Converter-Json, dan SwiperFreshLayout yang dapat Anda salin dan tempel ke Gradle (.app). Ada perpustakaan di sini.

Sumber daya berikutnya yang mungkin Anda perlukan di Bagian 1 adalah Database (.sql) dan Layanan Web (.php). Sebenarnya, Anda dapat mengikuti video untuk membuat database dan membuat kode layanan web. Tapi Anda juga bisa menyedot langsung di sini.

Yah… bahkan di sini. apa kamu sudah siap??? Silakan tonton video di bawah ini atau langsung ke channel YouTube di https://www.youtube.com/ Jangan lupa like, share dan subscribe ya… heheheheHalo teman-teman 48😁 apa kabar? Semoga kamu baik-baik saja selalu. Sekarang saya akan membagikan tutorial membuat aplikasi Android CRUD menggunakan database MySQL dengan library Volley. Disini aplikasi CRUD berupa data kontak yang baru saja saya buat, sebagai contoh saja. Jadi, tolong buat lagi, teman. Anda hanya perlu menambahkan field dari database, πŸ˜„ Saya harap Anda sudah mengerti masalahnya

Membuat Aplikasi Android Database Mysql

Bagi Anda yang belum mengenal MySQL, MySQL adalah sebuah software SQL Database Management System atau DBMS yang bersifat multithreaded dan multi-user. MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang dilisensikan di bawah GPL (General Public License). MySQL sebenarnya adalah turunan dari SQL. SQL (Structured Query Language) adalah konsep pengoperasian basis data, khusus untuk menyeleksi atau menyeleksi dan memasukkan data, yang memungkinkan operasi data dilakukan secara otomatis dan mudah.

Crud Dengan Mysql

CRUD (Create Read Update Delete) adalah istilah untuk aplikasi dimana pengguna dapat menambah, mengedit, dan menghapus data. Aplikasi Contact CRUD ini menggunakan FAB (Floating Action Buttons) untuk mengisi data di form. Semua data akan ditampilkan di ListView. Untuk mengedit atau menghapus datanya, pengguna cukup menekan lama pada data yang ingin diubah atau dihapus. Sekarang, Anda sudah mengerti, bukan?

Oke, tanpa basa-basi lagi, mari kita buat dulu database bernama Resume dengan nama tabel Contact dan struktur tabelnya:

Jika sudah, kita akan membuat web service untuk mengurai data dari MySQL ke Android.Web service.php berisi connect.php, delete.php, edit.php, update.php, dan insert.php. Anda meletakkan file php di folder resume. Jadi, di folder xampp/htdocs Anda, buat folder android, lalu di folder android buat folder resume. Jika bingung, copy paste source code yang saya buat

1. Buat proyek baru di Android Studio dengan mengklik File β‡’ New Project Saat diminta untuk memilih aktivitas default, pilih Empty Activity dan klik Next. Untuk MinSDK, disini saya setting API 21 menjadi yes.

Jual Jasa Pembuatan Aplikasi Berbasis Website

3. Buat MainActivity.java. Kelas ini berfungsi untuk menampilkan data dalam ListView dari voli layanan web JsonArrayRequest. Setelah parsing, semua data array JSON akan disimpan di objek Data.java. Terakhir, panggil notifyDataSetChanged() untuk mengubah data adaptor. Kategori ini mencakup fungsi Sisipkan, Perbarui, Hapus, Pilih, dan Tampilkan formulir kontak.

8. Buat ContactAdapter.java. Kelas ini menampilkan data seperti id, nama, telp dan email, kemudian ditampilkan dalam listview.

9. Buat AppController.java. Kelas tunggal yang menginisialisasi kelas global yang diperlukan. Semua objek yang terkait dengan perpustakaan Volley diinisialisasi di sini.

Membuat Aplikasi Android Database Mysql

10. Buat data.java. Kelas ini berfungsi membuat objek untuk setiap item JSON yang diurai. Objek ini berisi informasi seperti ID, nama, telepon, dan email.

Membuat Aplikasi Crud Sqlite Dengan Content Provider Dan Circular Reveal Animation Di Android Part3

11. Buat server.java. Kelas ini berfungsi untuk mengatur web service ke link server sumber data yang akan diakses menggunakan alamat IP.

Dukung Blog Rivaldi 48 agar bisa terus berbagi artikel bermanfaat dengan klik link Sociabuzz di bawah ini : https://sociabuzz.com/azharrvldi_/donate (Bisa pakai GoPay, OVO, DANA, Transfer Bank)

12. Saat semuanya berakhir, Anda lari. Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, pasti aplikasi yang Anda buat akan berjalan sebagaimana mestinya. Namun, jika Anda menemukan kesalahan, silakan tinggalkan komentar dan kami akan membahasnya bersama. Berikut adalah hasil aplikasinya:

Saya berbagi informasi ini dengan Anda. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu agar mereka juga bisa ikut membaca Membuat Aplikasi CRUD Android Menggunakan Database MySQL dengan Volley Library. Subscribe juga Blog Rivaldi48 agar kalian mendapatkan notifikasi saat admin update artikel terbaru Semoga kalian semakin nyaman.

Aplikasi Alternatif Phpmyadmin

Membuat database mysql dengan phpmyadmin, membuat aplikasi web dengan php dan database mysql, membuat database dengan mysql, android database mysql, membuat database mysql xampp, cara membuat aplikasi android dengan database mysql, belajar membuat database mysql, membuat aplikasi android crud menggunakan database mysql, membuat aplikasi android dengan database mysql, membuat database mysql, cara membuat database mysql, cara membuat database di mysql

Related posts