Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara – Satu dari empat wanita Indonesia berusia 50-80 tahun berisiko terkena osteoporosis. Inilah sebabnya mengapa pencegahan osteoporosis sangat penting. Osteoporosis adalah suatu kondisi kepadatan tulang berkurang, yang dapat menyebabkan kerapuhan dan bahkan patah tulang. Masalah ini sering dikaitkan dengan usia. Risiko osteoporosis dapat meningkat karena beberapa faktor. Untuk mengurangi risiko ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya, memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D sejak dini untuk membentuk tulang yang kuat. Lalu, adakah vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah osteoporosis?

Kemampuan tubuh untuk meregenerasi atau meregenerasi sel tulang yang rapuh dan rusak meningkat seiring bertambahnya usia. Tidak heran orang tua berada pada risiko yang lebih besar untuk kondisi ini. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi kaum muda untuk mengalami osteoporosis juga.

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

“Osteoporosis sekarang tidak hanya menyerang orang tua, tetapi banyak osteoporosis dini yang didiagnosis di masa dewasa. Ini karena tidak ada yang mencapai kepadatan tulang maksimumnya. puncaknya pada usia remaja atau dewasa,” jelas Kelvin Halim, ahli gizi.

Pdf) Pola Hidup Sehat Mencegah Osteoporosis Dan Nyeri Sendi Pada Kelompok Umur Diatas 35 Tahun

Nah, selain usia, ternyata ada beberapa hal yang mempengaruhi risiko osteoporosis. Faktor risiko ini dibagi lagi menjadi faktor yang dapat dicegah dan tidak dapat dicegah.

Berdasarkan faktor risiko osteoporosis di atas, potensi pengeroposan tulang dapat dikurangi dengan dua cara penting. Yang pertama adalah olahraga teratur dan yang kedua adalah makan makanan bergizi.

Olahraga teratur tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah, yang berguna untuk memberikan nutrisi pada tulang. Sedangkan pola makan yang sehat membantu mencegah stres yang bisa membebani tulang.

Berbicara tentang kekuatan tulang, tentu saja kalsium dan vitamin D adalah jagoannya. Namun ternyata, vitamin C juga berperan untuk kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis, lho. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Waspada, Osteoporosis Tak Hanya Menyerang Lansia, Tapi Juga Orang Muda

Kalsium adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pertumbuhan tulang dan gigi yang optimal terjadi pada masa kanak-kanak. Oleh karena itu, kebutuhan kalsium harus terpenuhi sejak masa kanak-kanak guna menjaga kepadatan dan kekuatan tulang hingga dewasa.

Sayangnya, tubuh tidak dapat membuat kalsium sendiri. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, maka massa tulang yang hilang akan lebih besar dari massa tulang yang diganti setiap harinya. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan cenderung patah.

“Kepadatan tulang tertinggi terjadi pada usia muda kemudian menurun seiring bertambahnya usia. Pembentukan kepadatan tulang bisa optimal jika pola makan kita benar. Kepadatan tulang itu terjadi semaksimal mungkin. Makanan seperti seafood, susu, daging, dan lain-lain. tinggi kalsium.

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Mineral ini juga memiliki peran lain untuk membantu mengaktifkan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Inilah sebabnya mengapa kalsium merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

Setengah Dari Seluruh Wanita Akan Mengalami Osteoporosis

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, Anda bisa memasukkan jenis makanan dan minuman berikut dalam menu harian Anda:

Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari suplemen. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah suplemen yang mengandung kalsium organik, yang merupakan sumber makanan kalsium.

Sebagian besar suplemen kalsium di pasaran terbuat dari kalsium karbonat, yang ditemukan dalam bahan anorganik seperti kapur, tiram dan kulit telur, serta batu. Sumber kalsium diklasifikasikan sebagai anorganik. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum minum obat.

Bersama dengan kalsium, vitamin D berperan penting dalam proses regenerasi tulang sekaligus menjaganya agar tetap sehat dan mencegah risiko osteoporosis.

Cara Mudah Untuk Menunda Menopause

Juga dikenal sebagai “vitamin sinar matahari”, vitamin D berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Karena itu, jika tidak ada vitamin D di dalam tubuh, penyerapan kalsium tidak maksimal. Akibatnya, kadar kalsium dalam tubuh juga otomatis berkurang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin D dan kalsium dapat meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang telah memasuki masa menopause. Selain itu, vitamin matahari juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit rakhitis.

Tidak hanya itu, peran vitamin D lainnya untuk mencegah osteoporosis adalah mendukung perbaikan jaringan tulang agar berjalan dengan baik dan mendukung fungsi otot agar tidak mudah jatuh.

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Jadi, bangun kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari dan perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin D untuk mencegah osteoporosis.

Tulang Yang Berisiko Terkena Osteoporosis

Selain sumber di atas, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen seperti Nutrimax Vitamin D3 1000 IU ISI 60 kapsul (RP 139.380).

Apa hubungan antara vitamin C dan osteoporosis? Jangan salah, selain kalsium dan vitamin D, vitamin C memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan tulang.

Menurut Lee dan Kim, dalam penelitian mereka, stres akibat radikal bebas (atau stres oksidatif) berperan dalam pengeroposan tulang. Sebagai antioksidan, vitamin C mampu melindungi sel-sel tulang dari efek negatif radikal bebas yang memicu osteoporosis.

Fungsi lain dari vitamin C adalah produksi kolagen, protein yang merupakan bagian dari struktur tulang. Dengan memenuhi asupan vitamin C harian, kepadatan tulang akan terjaga, bahkan meningkat. Anda juga akan terhindar dari osteoporosis di kemudian hari. Oleh karena itu, vitamin C juga dikenal sebagai salah satu vitamin tulang yang baik.

Apa Itu Osteoporosis?

Selain fungsinya dalam menjaga kesehatan tulang, ketiga nutrisi ini juga diketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kalsium berperan dalam mengaktifkan sel imun untuk melawan kuman penyebab penyakit, termasuk virus.

Demikian juga, vitamin D dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi pernapasan.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, ada satu hal yang harus Anda perhatikan saat memilih suplemen pencegah osteoporosis yang mengandung vitamin C.

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Vitamin C dalam suplemen terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya vitamin C tipe C-ester dan asam askorbat. Nah, menurut uji klinis, sebaiknya pilih suplemen vitamin C jenis ester-C karena lebih ramah terhadap lambung manusia.

Diperingati Hari Osteoporosis Sedunia, Yuk Simak Gejala Dan Pencegahannya » Bertuahpos

Contoh suplemen jenis ini adalah Holisticare Ester C (Rp 230.000) yang mengandung 247 miligram vitamin C dan 27 miligram kalsium. Produk ini bisa kamu dapatkan di official store atau official store Shopee.

Itulah beberapa mineral dan vitamin yang dapat menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis. Namun, pengeroposan tulang hanya dapat dicegah dengan menjaga pola makan yang sehat. Anda juga perlu memiliki gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari . Untuk menemukan rekomendasi vitamin harian Anda, Anda juga dapat mengunduh file . Ini adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan pribadi. Aplikasi ini tersedia melalui Google Play Store dan App Store.

Kim, M.H., & Lee, H.J. 2016. Osteoporosis, asupan vitamin C dan aktivitas fisik pada orang dewasa Korea berusia 50 tahun ke atas. Jurnal Ilmu Terapi Fisik. 28 (3): 725-730.

Osteoporosis Terjadi Karena Tubuh Kekurangan Apa?

Grinstein, S., & Klip, A. 1989. Homeostasis kalsium dan aktivasi saluran kalsium dalam sel-sel sistem kekebalan tubuh. Jurnal Kesehatan Perkotaan. 65(1): 69-79.

Gruenwald, J., Graubaum, H., Busch, R., & Bentley, C. 2006. Keamanan dan tolerabilitas Ester-C® dibandingkan dengan asam askorbat biasa. Kemajuan dalam kedokteran. 23 (1): 171-178.

Dr. Stefani | 08 November 2022 Artikel Baru Mempererat Hubungan, Ini 5 Manfaat Percakapan Selengkapnya

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Previous article 12 cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi Next article Apa saja dampak kelebihan vitamin C bagi tubuh?

Osteoporosis Adalah Kelainan Tulang Berupa

Dengan , produk yang Anda pesan merupakan hasil rekomendasi berdasarkan kebutuhan Anda. Menggunakan teknik pembelajaran mesin, ini akan membantu mencocokkan kebutuhan tambahan Anda berdasarkan pertanyaan yang Anda jawab selama aplikasi. Plus, Anda tidak perlu khawatir tentang pemesanan ulang karena Anda dapat berlangganan. Dan jangan khawatir, Anda dapat berlangganan kapan saja.

Estimasi pengiriman langsung maksimal 4 jam setelah obat diterima oleh kurir, sedangkan estimasi pengiriman reguler mengikuti estimasi perjalanan yang dipilih customer., Jakarta – Osteoporosis dikenal luas sebagai penyakit yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. . Meski demikian, penyakit ini sering diremehkan karena dianggap hanya menyerang orang tua. Padahal, orang yang masih muda bisa mengalami osteoporosis.

Tulang adalah jaringan hidup yang terus-menerus dipecah dan diganti. Nah, osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak sesuai dengan hilangnya tulang lama. Akibatnya, kepadatan tulang menurun seiring waktu, menyebabkan tulang menjadi rapuh.

Osteoporosis terjadi secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Seringkali penyakit ini juga tidak menimbulkan gejala. Pasien tidak menyadari bahwa kepadatan tulangnya sudah mulai berkurang hingga mengalami patah tulang.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Begitu tulang melemah karena osteoporosis, gejalanya akan muncul. Orang dengan osteoporosis mungkin mengalami sakit punggung yang disebabkan oleh tulang belakang yang retak atau retak.

Risiko patah tulang juga lebih tinggi, meski hanya ada tekanan ringan, seperti saat batuk atau bersin. Fraktur biasanya terjadi pada pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang.

Fraktur, terutama di tulang belakang dan pinggul, adalah komplikasi osteoporosis yang paling serius. Patah tulang pinggul dapat mengakibatkan kecacatan dan bahkan meningkatkan risiko kematian pada tahun pertama setelah cedera. Itu juga disebut osteoporosis

Penyakit Pengeroposan Tulang Dapat Dicegah Dengan Cara

Kehilangan kepadatan tulang adalah bagian normal dari penuaan, tetapi beberapa orang kehilangan tulang lebih cepat dari biasanya. Wanita menopause, misalnya, mengalami keropos tulang yang cepat dalam beberapa tahun pertama setelah menopause.

Faktor Penyebab Osteoporosis Yang Bisa Dan Tidak Bisa Dihindari

Namun, osteoporosis juga dapat menyerang pria, wanita muda, dan anak-anak. Beberapa faktor juga meningkatkan risiko seseorang terkena osteoporosis:

Caranya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh dan berolahraga secara teratur. Salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan dan kepadatan tulang adalah kalsium. Pria dan wanita antara usia 18 dan 50 membutuhkan 1000 miligram kalsium per hari.

Jumlah harian meningkat menjadi 1200 miligram ketika usia mencapai 50 tahun ke atas. Tidak hanya kalsium, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan tulang melalui

Penyakit pengeroposan tulang, cara mengobati pengeroposan tulang, penyakit jantung dapat dicegah dengan melakukan, penyakit pengeroposan tulang osteoporosis dapat dicegah dengan cara, cara mencegah pengeroposan tulang, cara mengatasi pengeroposan tulang, osteoporosis dapat dicegah dengan, penularan penyakit sifilis dapat dicegah dengan cara, penyakit jantung dapat dicegah dengan, gejala pengeroposan tulang dapat dicegah dengan cara, penyakit osteoporosis dapat dicegah dengan melakukan aktivitas, kifosis dapat dicegah dengan

Related posts