Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia – Wilayah Indonesia terdiri dari wilayah terluar? Nenek moyang bangsa kita berasal dari banyak bangsa di dunia.

Seperti dilansir dari YouTube Historic Indonesia, kita akan menganalisis empat teori tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, apa saja teorinya.

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Jadi jangan salah paham. Menurut teori Yunan, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunan, daerah ini dianggap sebagai asal manusia modern di Asia Tenggara.

Asal Usul Petani Padi Di Indonesia

Tokoh pendukung teori ini antara lain Robert Von Heine Geldern, Johann Heinrich Heine, jer Foster, jer logon, Sangkot Marzuki, dan Mohammad Ali.

Dasar yang mendukung teori ini adalah bahwa keberadaan Khan sebagai hasil kebudayaan berupa kapak kuno yang ditemukan di Nusantara ternyata memiliki kesamaan dengan kapak kuno yang ditemukan di kawasan Asia Tengah.

Menurut teori ini, pembagian leluhur bangsa Indonesia juga terbagi menjadi 2 gelombang, yang pertama ras Proto-Melayu yang membawa budaya Neolitik, dan yang kedua ras Deutero-Malaya yang membawa budaya metal.

Diyakini bahwa orang-orang ini masuk ke Nusantara melalui hulu sungai utama benua Asia… Mereka tinggal di Vietnam untuk waktu yang lama.

Gambar Atau Tanda Pada Peta

Baca Juga: Top 10 Acara TV Tayang Kamis 24 Februari 2022: Ada Hubungan Cinta, Aku Bukan Wanita Pilihan dan Dewi Rindu Rumah

Teori ini juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari daerah yang menggunakan bahasa Campa atau bahasa yang saat ini digunakan di daerah Kamboja.

Teori ini mengatakan bahwa bangsa kita berasal dari kepulauan itu sendiri. Teori ini didukung oleh Muhammad Yamin, Gorys Keraf Sutan Takdir Alisyahbana dan J Crawford.

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Lantas apa yang mendasari teori ini?menurut teori ini bangsa melayu adalah bangsa yang sudah memiliki peradaban yang tinggi.

Asal Usul Manusia Indonesia

Adapun orang Indonesia pertama mengenai penemuan fosil Homo soloensis dan Homo wajakensis, menurut teori ini kemungkinan orang Melayu yang meliputi wilayah Indonesia adalah Malaysia, Singapura, Brunei dan sebagian Thailand.

Merupakan keturunan dari bilangan wushu wajakensis NCC. Tidak adanya fosil homo soloensis dan homo wajakensis di kawasan Indocina juga memperkuat teori Nusantara dan membantah teori asal usul manusia Indonesia dari luar.

Teori yang didukung oleh pakar Harry Truman Simanjuntak ini didasarkan pada sederet argumentasi awal.Menurut teori ini, tidak ada pola genetik yang sama antara kromosom manusia Indonesia dengan manusia di daratan China.

Pendekatan genetik adalah menelusuri asal usul manusia melalui pemeriksaan kromosom dan DNA berdasarkan hasil survei tahun 2018 terhadap 3.700 orang Indonesia dari 35 etnis berbeda.

Teori Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Terlengkap

Dan yang dimaksud orang Austronesia adalah memasukkan suku-suku yang ada di Taiwan, sebagian Asia Tenggara hingga Kepulauan Pasifik.

Berdasarkan teori out-of-Taiwan, imigrasi leluhur dari Taiwan pertama kali tiba di Filipina utara sekitar 4500 hingga 3000 SM.

Kemudian, hingga tahun 2010, masyarakat yang mendiami Filipina kembali merantau ke Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara, lalu menyebar ke pulau Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara, Papua, Oseania bagian barat bahkan Madagaskar. .

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Landasan lain dari teori ini adalah pendekatan linguistik atau pendekatan bahwa bahasa-bahasa yang digunakan dan berkembang di Nusantara adalah bahasa-bahasa yang termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia.

Top 10 Merumuskan Tentang Migrasi Dan Penyebaran Ras Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia 2022

Karena kesulitan membaca di Indonesia bersumber dari bahasa Austronesia yang berkembang di Taiwan, nenek moyang orang Indonesia kemungkinan besar berasal dari asal yang sama dengan bahasa mereka.

Itulah teori out of Africa menurut teori out of Africa homo sapiens atau manusia modern di Indonesia bahkan sebagian besar dunia berasal dari daratan Afrika.

Di Afrikalah jejak Homo sapiens lahir dan sejak itu mereka telah meninggalkan Afrika dalam beberapa gelombang migrasi untuk mendiami penjuru dunia yang belum terjangkau.

Sebelumnya, Homo sapiens bentuk pertama di luar Afrika hanya dianggap sebagai spesies tersendiri, yang kemudian punah.Teori ini cukup membingungkan jika para ilmuwan tidak menjelaskannya secara lengkap.

Pengertian Dan Fungsi Atlas

Teori ini didasarkan pada kajian genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan laki-laki Penyebaran manusia dari Afrika ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, terjadi melalui beberapa cara.

Namun hal itu memakan waktu ratusan ribu tahun, maka jangan heran jika terjadi perubahan bentuk fisik dalam prosesnya akibat perbedaan lingkungan tempat asalnya.

Teori ini didukung oleh Maxim Nenden Herawati sudoyo.Menurut teori ini, sejarah manusia di Indonesia dimulai 72.000 tahun yang lalu, ketika sekelompok homosapiens melakukan perjalanan dari Afrika ke bagian selatan Jazirah Arab dan berlanjut ke timur ke kepulauan Indonesia.* * *

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Link dan Cara Beli Tiket Konser BLACKPINK World Tour di Jakarta Tanggal 1 dan 2, Jangan Salah Rencana

Asal Usul Nenek Moyang Pribumi Asli Bangsa Indonesia Halaman 1

Daftar Harga 8 Hotel Mewah Tempat Para Kepala Negara Menginap di KTT G20 Bali, Termahal Capai Rp 130 Juta per Malam Pertama, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan dan Campa. Argumen ini mengacu pada pendapat Moh. Ali dan Kern sekitar 3000 SM. – 1500 SM terjadi gelombang perpindahan negara di Yunan dan Campa akibat tekanan dari negara Asia Tengah lainnya yang lebih kuat. Argumen ini diperkuat dengan kesamaan bahasa, nama hewan dan nama peralatan yang digunakan di kepulauan Indonesia, Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia.

Kedua, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri. Argumen ini merujuk pada pendapat Mohammad Yamin yang didukung dengan ditemukannya fosil dan artefak manusia tertua di Indonesia dalam jumlah besar. Sementara itu, fosil dan artefak manusia tertua jarang ditemukan di benua Asia.

Ketiga, orang pertama yang menduduki wilayah Indonesia termasuk ras Melayu. Oleh karena itu, bangsa Melayu diposisikan sebagai nenek moyang bangsa Indonesia. Argumen ini mengacu pada pendapat Hogen. Bangsa Malaysia yang merupakan nenek moyang bangsa Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu:

Proto-Melayu memiliki budaya yang lebih tinggi dari budaya Homo Sapiens di Indonesia. Budaya mereka adalah Budaya Batu Baru (Neolitik). Hasil budaya mereka masih batu, tapi dikerjakan dengan sangat baik (tanpa masalah).

Peta Kabupaten Sumba Barat Daya

Kapak persegi merupakan hasil kebudayaan masyarakat proto-Melayu yang masuk ke Indonesia melalui jalur barat dan kapak lonjong melalui jalur timur. Keturunan proto-Melayu yang masih hidup hingga saat ini antara lain suku Dayak, Toraja, Batak, dan Papua.

Sejak tahun 500 SM, orang Melayu Deutro memasuki wilayah Indonesia secara bergelombang melalui jalan barat. Budaya Melayu Deutro lebih unggul dari Melayu Proto. Hasil kebudayaan mereka terbuat dari logam

. Kebudayaan mereka sering disebut dengan kebudayaan Don Song, yaitu sebutan untuk kebudayaan daerah Tonkin yang memiliki kemiripan dengan kebudayaan Melayu Deutro. Daerah Tonkin dianggap sebagai tempat asal suku Melayu Deutro, sebelum menyebar ke wilayah Indonesia. Produk penting budaya perunggu di Indonesia adalah kapak corong atau kapak sepatu, nekara dan bejana perunggu. Keturunan Melayu lainnya yang masih hidup, termasuk etnis Melayu, Batak, Minang, Jawa, Bugis Indonesia adalah bangsa yang sangat besar, bangsa dengan suku, bahasa, ras, golongan dan agama tertentu. namun banyak orang yang tidak mengetahui asal usul nenek moyang bangsa Indonesia itu sendiri. Sebagai orang yang berbudi luhur, kita tidak boleh melupakan sejarah dari mana asalnya dan penyebab yang membawa kita berada di Indonesia. Tentu saja, kita harus mengakui nenek moyang kita, yang merupakan cikal bakal keberadaan kita sekarang, meski hanya dari pengetahuan belaka.

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Banyak pendapat yang dikemukakan tentang asal usul sebenarnya dari nenek moyang bangsa Indonesia. Sejarawan saling mengajukan argumentasi disertai dengan pembenaran asumsi masing-masing. Ada beberapa teori yang menjelaskan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, yaitu:

Apk Buku Siswa Kelas 10 Sejarah Indonesia Revisi 2017 Untuk Muat Turun Android

Asal nenek moyang kita berasal dari Yunnan, China. Teori ini didukung oleh Moh. Ali yang percaya bahwa orang Indonesia berasal dari daerah Mongolia yang mendapat tekanan dari negara yang lebih kuat, sehingga mereka bermigrasi ke selatan. Ada juga R.H Geldern dan J.H.C.Kern yang juga mendukung teori ini. Pandangan dasar dari keduanya adalah:

Menurut teori ini, migrasi penduduk Yunnan ke kepulauan Indonesia melalui 4 gelombang (menurut beberapa 3), yaitu;

Teori ini menyatakan bahwa penduduk kepulauan ini berasal dari Taiwan, bukan Cina daratan. Teori ini didukung oleh Harry Truman Simanjuntak. Menurut pendekatan linguistik, dijelaskan bahwa di antara semua bahasa yang digunakan oleh suku-suku di Nusantara, termasuk dalam rumpun yang sama, yaitu rumpun Austronesia. Akar semua cabang bahasa yang digunakan oleh nenek moyang yang menetap di Nusantara berasal dari rumpun Austronesia di Formosa atau dikenal dengan rumpun Taiwan. Selain itu, menurut penelitian genetika, mereka belum menemukan pola genetik pada ribuan kromosom yang sesuai dengan wilayah China.

Austronesia mengacu pada wilayah geografis yang penduduknya berbicara bahasa Austronesia. Wilayahnya meliputi pulau Formosa, kepulauan (termasuk Filipina), Mikronesia, Melanesia, Polinesia, dan pulau Madagaskar. Austronesia secara harfiah berarti “pulau selatan” dan berasal dari bahasa Latin austrālis yang berarti “selatan” dan bahasa Yunani nêsos (jamak: nesia) yang berarti “pulau”.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Jika bahasa Jawa termasuk dalam Suriname, cakupan geografisnya juga mencakup daerah itu. Studi ini juga menunjukkan bahwa ada komunitas berbahasa Melayu di wilayah pesisir Sri Lanka.

Salah satu cabang terbesarnya adalah cabang Sundik yang mewarisi bahasa Austronesia dengan jumlah penutur terbanyak yaitu: Jawa, Melayu (dan Indonesia), Sunda, Madura, Aceh, Batak dan Bali.

Rumpun bahasa Melayu-Polinesia adalah cabang utama dari rumpun bahasa Austronesia yang mencakup semua bahasa Austronesia yang dituturkan di luar Taiwan dan memiliki total sekitar 351 juta penutur. Bahasa Melayu-Polinesia (MP) secara luas dibagi menjadi dua subkelompok utama, Melayu-Polinesia Barat dan Melayu-Polinesia Tengah-Timur.

Peta Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Teori Nusantara menyatakan bahwa asal usul bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, bukan dari luar. Teori ini antara lain didukung oleh Muhammad Yamin, Gorys Keraf dan J. Crawford. Teori ini didasarkan pada beberapa argumentasi, antara lain:

Agustina Mulya Ningrum Bahan Ajar (pertemuan 3 Asal Usul Nenek Moyang Dan Jalur Rempah Masa Praaksara)

Berdasarkan hasil penelitian Gregorius Keraf (Gorys Keraf) tentang bahasa-bahasa nusantara, sebagaimana diuraikan dalam bukunya yang berjudul Comparative Linguistics Historia (1984), memunculkan teori baru tentang asal usul bahasa dan bangsa Indonesia. . Menurut teori Keraf, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri, bukan dari mana-mana, bukan dari daratan kepulauan Asia Tenggara maupun dari Semenanjung Malaka.

Teori ini menyatakan bahwa manusia modern yang hidup saat ini berasal dari Afrika. Dasar teori ini didasarkan pada genetika melalui pemeriksaan DNA mitokondria gen perempuan dan laki-laki. Menurut seorang ahli dari Amerika Serikat, Max Ingman, manusia modern yang ada saat ini berasal dari Afrika antara 100 sampai 200 ribu tahun yang lalu. Dari Afrika mereka menyebar ke seluruh Afrika. Berdasarkan hasil penelitian Ingman, tidak ada bukti bahwa gen manusia modern telah bercampur dengan gen dari spesies manusia purba.

Orang-orang Afrika yang bermigrasi keluar dari Afrika diyakini sedang berlangsung

Peta penyebaran nenek moyang bangsa indonesia, sebutkan asal usul nenek moyang bangsa indonesia, asal usul persebaran nenek moyang bangsa indonesia, makalah asal usul nenek moyang bangsa indonesia, jelaskan asal usul nenek moyang bangsa indonesia, asal usul nenek moyang bangsa indonesia, gambar peta persebaran nenek moyang bangsa indonesia, sejarah asal usul nenek moyang bangsa indonesia, teori asal usul nenek moyang bangsa indonesia, peta rute perjalanan nenek moyang bangsa indonesia, asal usul nenek moyang bangsa indonesia ppt, peta nenek moyang bangsa indonesia

Related posts