Cara Bikin Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Cara Bikin Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Cara Bikin Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim – Beranda / Budaya / Budaya Betawi / Budaya Indonesia / DIY / Desain Rumah Kebaya / Rumah Kebaya / Seni dan Budaya

Halo teman-teman, sudahkah Anda mencium liburan? Pasalnya, siswa sekolah Indonesia baru saja lulus penilaian akhir tahun bahkan ujian semester. Namun, jangan kehilangan motivasi Anda. Untuk teman-teman yang sedang menyelesaikan tahun seniornya, bersenang-senanglah dengan teman dan guru Anda sebelum Anda meninggalkan mereka dan pergi ke sekolah baru. Ambil foto bersama dan buat video untuk kenangan masa depan.

Cara Bikin Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Cara Bikin Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Meskipun liburan sudah di depan mata, saya tetap ingin berbagi beberapa informasi yang saya harap berguna ketika saya memiliki tugas kelas nanti. 😁

Rumah Adat Indonesia Lengkap + Gambar & Penjelasan

Sekarang mari kita bicara tentang Casa Kebaya. Beberapa teman saya di Jakarta sudah mengetahui apa itu kebaya, mungkin sudah familiar dengan bentuk rumah yang sudah ada sejak zaman dahulu. Ya, Rumah Kebaya merupakan salah satu rumah adat suku Betawi, selain Rumah Joglo, Rumah Magatzem dan Rumah Escenika.

Disebut Rumah Kebaya atau Rumah Bapang, bentuk lipatan atap dari samping mirip dengan lipatan baju kebaya. Bisa dibilang inilah awal berdirinya rumah adat Betawi yang termasuk dalam kategori rumah tanah liat yang disebut rumah Kebaya. Bentuk dan ragam hiasnya tentu saja dipengaruhi oleh orang Tionghoa yang menetap di Batavia. Tahukah Anda bahwa marga Betawi adalah campuran multietnis karena perkawinan silang kuno?

Pagar atau pagar kayu : fungsinya sebagai pembatas antara rumah dengan area luar. Namun filosofi pinggiran ini seperti pembatas antara pengaruh baik dan buruk. Artinya rumah ini mengandung harapan dapat menangkal kejahatan dari luar dan melindungi penghuni rumah.

Teras depan atau Gejogan dengan tanah yang dingin dan licin. Dipercaya memiliki kemampuan untuk menyejukkan atau menyejukkan suasana rumah dan menolak bala. Teras rumah kampung Betawi biasanya lebar. Jika Anda anak tahun 90-an pasti tahu teras rumah Bebe Sabeni di serial TV Si Doel Anak Sekohalan, di mana terdapat beberapa kursi untuk menyambut pengunjung dan di sudut lain terdapat kidung yang ditulis oleh Bebe Sabeni. akan bersantai dengan kopi.

Jual Miniatur Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Lorong atau ruang tamu. Jadi kalau tamu datang dari jauh bisa menginap di kamar ini. Namun ruangan ini sering dijadikan musala jika tidak ada tamu yang tidak sengaja.

Kamar biasanya 4 kamar, tapi tergantung jumlah anggota keluarga. Selain itu, ukuran kamar terbesar ditempati oleh suami istri pemilik rumah.

Rumah Betawi yang lebih tua biasanya memiliki sumur tradisional yang terletak di sebelah kamar mandi di luar rumah. Namun seiring berjalannya waktu, sumur bor menjadi pilihan dan letak kamar mandi diintegrasikan ke dalam rumah. Saat itu, ketika saya masih sangat muda, ada sebuah sumur besar di belakang rumah, serta kamar mandi luar dan tempat untuk mencuci dan menjemur pakaian. Dan sumur itu juga sumur ember. Tapi rumah kami juga memiliki 2 kamar mandi pribadi dan tempat menjemur di dalam (walaupun hujan, baju tidak kering, mereka menggunakan keran air biasa. Jika listrik padam, mereka mendapatkan air dari sumur.

Cara Bikin Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Cukup sekian, sedikit pembahasan tentang Rumah Kebaya. Sekarang saya ingin sedikit berbagi tentang cara membuat model rumah kebaya dengan hasil karya kakak saya kelas 6 semester ganjil lalu.

Jual Miniatur Rumah Stick Es Krim Terbaru

Jangan lupa siapkan butter stick, karton bekas, karton hijau atau kuning, cat asturo, atau bisa juga menggunakan cat acrylic berwarna hijau, kuning atau coklat. Warna tradisional Betawi yang biasa adalah hijau, kuning, dan merah, jadi ya, tapi saya tidak memakai warna merah di sini. Jika Anda menggunakan kuas atau cat akrilik untuk mengecat bagian yang dicat, rendam kuas Anda dengan air hangat dengan sangat cepat, jika tidak, bersiaplah untuk merusak cat Anda seperti milik saya 😐 . Pemotong dan gunting, lem putih (saya rekatkan bagian dinding, pagar dan atap rumah dengan lem Fox dan lem panas. Jangan lupa pensil, penghapus, penggaris untuk menggambar pola dan dekorasi di rumah, dan hitam permanen) . menandai

1. Untuk alas rumah, saya mengikuti ukuran yang diberikan di buku pelajaran kakak saya, yaitu menggunakan karton bekas yang dipotong menjadi dua bagian berukuran 24 x 24 cm, alasnya tebal dan kuat. Setelah itu, lapisi alasnya dengan cat cokelat dan rekatkan. Jika saya tidak sengaja melukis, hanya akan terlihat sedikit di teras, jadi hanya teras yang akan diwarnai.

2. Karton yang digunakan untuk dinding depan dan belakang berukuran kurang lebih 24 x 9 cm, juga dipotong menjadi dua bagian. Bagian depan menunjukkan pintu dengan dua jendela di kedua sisi pintu. Kemudian untuk dinding belakang bisa diberi gambar pintu. Kemudian cat dengan warna pilihan Anda. Di sini, warna kuning digunakan untuk dinding, dan warna hijau dan kuning digunakan untuk pintu dan jendela.

3. Di bagian samping, Anda bisa langsung membuat kombinasi segitiga dan bujur sangkar. Dimensi persegi adalah 18 x 9 cm, dan kaki segitiga sama kaki 11 cm dan tinggi 7,5 cm. Lebih mudah untuk mengukur jika Anda melakukannya secara terpisah antara dinding belakang dan langit-langit, tetapi agak canggung untuk menyambungkannya.

Rumah Adat Betawi Dari Kardus

4. Potong karton bekas atap menjadi 29 x 24 cm, kemudian potong atau lipat potongan panjang karton menjadi 7 cm, 11 cm, dan 11 cm. Lebih baik membuat lapisan agar ukurannya benar. Lipat perlahan agar tidak luntur, cat langit-langit dengan warna cokelat dan gambar pola ubin dengan spidol permanen hitam.

5. Buat klip dengan kertas hijau atau kuning dan spidol hitam. Sayangnya, saya lupa memotret bagian gigi ini. Sebagai contoh, saya mendapatkan ini dari Google. Sekarang gigi botak ini menjadi ciri khas rumah Betawi pada dekorasi atap depan. Buat pola gigi 7 cm untuk hiasan atap depan, 24 cm untuk samping dan 7 cm untuk pola gigi.

6. Untuk pagar teras, teman-teman bisa menggunakan stik es krim sesuai selera. Kemarin kak semuanya dibuat hanya dengan kardus, karena kita kehabisan stik es krim di rumah, jadi kita benar-benar menggunakan bahan-bahan yang kita punya di rumah.

Cara Bikin Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Sekarang semuanya sudah siap, Anda bisa merekatkannya satu per satu. Anda bisa menggunakan lem putih atau lem panas. Lem putih bisa membuat benda bersih, tapi agak sulit untuk adikku, jadi lem panas itu panas jika kamu tidak sengaja menempelkannya di tanganmu, jadi ayah membantuku memilih lem tembak.

Pilihan Miniatur Rumah Adat Minangkabau Rumah Gadang Dari Bambu

Terlihat berantakan dari samping, tapi itu karena lem panasnya. Tapi ketika saya cek, kakak saya menilai tugas ini dengan sempurna. Alhamdulillah siapa tahu teman-teman mau coba juga. 😊

Naia Djunaedi Mantan Penulis Radio, Mantan Jurnalis, Ibu 3 Anak, Kutu Buku, Suka Drama dan Film, Ambivert, Suka Menertawakan Hidup, Wajah Bosan, Terlahir Galak.. LOL

Rumah adat dari stik es krim, gambar rumah adat betawi dari stik es krim, cara membuat rumah adat betawi dari stik es krim, rumah adat betawi stik es krim, buat rumah adat dari stik es krim, rumah adat betawi dari stik es krim, cara membuat miniatur rumah adat dari stik es krim, rumah adat banjar dari stik es krim, membuat rumah adat betawi dari stik es krim, cara membuat miniatur rumah adat betawi dari stik es krim, rumah adat melayu dari stik es krim, miniatur rumah adat betawi dari stik es krim

Related posts