Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan – Pakar dari UGM ini menyampaikan bahwa pola makan dan menu adalah dua hal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes untuk menjaga kestabilan gula darah.

Lastdes Cristiany Friday selaku dosen dari Departemen Biostatistika, Epidemiologi dan Kesehatan Kependudukan, Departemen Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada membagikan delapan poin penting agar penderita diabetes dapat mengontrol gula darahnya agar tetap stabil.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Menurut Lastdes, diabetes terjadi karena produksi insulin yang tidak mencukupi sehingga gula darah naik dengan cepat dan tidak terkonsentrasi. Untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, makanlah makanan dengan indeks glikemik rendah.

Seberapa Akurat Alat Cek Gula Darah Untuk Penderita Diabetes Mellitus?

Meski makan gula, vegetarian harus memperhatikan kebutuhan kalorinya terlebih dahulu. Sayangnya, 60 persen kalori adalah karbohidrat, meski makanan berkarbohidrat seringkali memiliki kandungan glukosa yang tinggi.

“Kebutuhan kalori tergantung berat badan, tinggi badan, jelas jenis kelamin, usia,” kata Lastdes dalam acara Radio Indonesia Sehat UGM pada Rabu, 3 September 2021, seperti dilansir Tempo dari ugm.ac.id.

Setelah mempertimbangkan kebutuhan kalori, kata Lastdes, maka penyiapan makanan direncanakan dengan memperhatikan indeks glikemik. Indeks glikemik sendiri ditentukan berdasarkan kandungan karbohidrat dan kandungan serat. Makanan tinggi serat umumnya memiliki indeks glikemik yang rendah.

“Daripada nasi putih, pilihlah nasi yang berwarna, misalnya nasi merah, nasi merah, dan nasi hitam,” ujar dosen FKKMK UGM ini.

Sindografis: Cocok Buat Penderita Diabetes, 5 Jus Ini Bisa Turunkan Gula Darah

Makanan dengan indeks glikemik tinggi tidak boleh dimakan, tetapi harus diawasi. Misalnya, Lastdes melarang penderita diabetes makan pisang setelah makan karena berbahaya bagi penderita diabetes.

Meski bukan berarti penderita penyakit ini tidak bisa menikmati buahnya. “Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi penderita diabetes adalah mangga, jeruk, wortel, apel, anggur, dan lain-lain,” ujarnya.

Lantas bagaimana penderita diabetes bisa menikmati makanan enak, tanpa khawatir dengan lonjakan gula darah?

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Atau cuka. Contohnya adalah pai ikan dengan syarat tidak diberi minyak. Untuk menambah cita rasa, Lastdes menyarankan untuk menambahkan sambal terasi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Gula Darah Tinggi Dengan Cepat Secara Alami

Selain menjaga pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi glukosa, Lastdes juga memberikan panduan nutrisi bagi penderita diabetes. Setengah lingkaran adalah sayuran, setengah lingkaran dibagi menjadi makanan hewani atau sayuran, protein, dan karbohidrat,” kata Lastdes, gula darah di atas 400 mg/dL dapat menyebabkan banyak masalah penyakit. Lihat cara menurunkan kadar gula tinggi di sini.

Saat Anda mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah yang sangat rendah, Anda akan mengalami banyak gejala, seperti tremor, jantung berdebar kencang, dan pusing.

Sedangkan ketika Anda mengalami hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi, Anda bisa mengalami sejumlah komplikasi jangka pendek hingga jangka panjang. Kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak diobati.

Kadar gula darah disebut tinggi jika hasil tes menunjukkan gula darah di atas 400 mg/dL. Jadi, bagaimana Anda bisa mengatasinya?

Waspadai Gula Darah Rendah Pada Penderita Diabetes Di Malam Hari

Secara umum, kadar gula darah normal menurut American Diabetes Association (ADA) berkisar antara 80-130 mg/dL sebelum makan, dan kurang dari 180 mg/dL setelah makan.

Namun, kadar gula yang disarankan dapat bervariasi dari orang ke orang. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter untuk mengetahui kadar gula darah yang aman sesuai kondisi.

Satu hal yang pasti, ketika gula darah melebihi 400 mg/dL, angka tersebut bisa menandakan bahwa Anda memiliki kadar gula darah yang sangat tinggi.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

“Penyebabnya mungkin karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan makanan manis, gaya hidup yang tidak sehat, diabetes yang tidak terkontrol, dan obesitas,” kata dr. Arina.

Tips Atasi Kolesterol, Hipertensi, Gula Darah Tinggi, Dan Asam Urat Halaman All

Lalu, dr. Atika menambahkan, penyebab lain tingginya kadar gula darah bukanlah penggunaan insulin atau obat penurun gula darah. Selain itu, adanya kondisi kesehatan tambahan lainnya seperti infeksi juga bisa terpengaruh.

Tanda pertama gula darah tinggi adalah sering buang air kecil dan rasa haus yang berlebihan.

“Komplikasi seperti ketoasidosis metabolik (KAD) dan hiperglikemia hiperosmolar (HHS). Ini adalah kondisi di mana gula terlalu tinggi dan mengganggu fungsi organ tubuh lainnya hingga membahayakan nyawa,” jelas dr. Atika.

Adapun masalah penyakit lain yang bisa dialami oleh penderita gula tinggi menurut dr. Tengah yakni penyakit jantung, stroke, retinopati diabetik, dan kerusakan ginjal.

Gula Darah Di Atas 400? Ini Yang Harus Dilakukan

Jika hasil atau pembacaan gula darah Anda lebih tinggi dari 400 mg/dL tetapi Anda tidak memiliki gejala, Anda harus curiga. Sebab, ada kemungkinan hasil kadar gula darah tidak akurat.

Kesalahan pembacaan ini disebabkan, antara lain, adanya partikel makanan di jari, penggunaan kartrid uji yang lama atau tidak disimpan dengan baik, atau mungkin pembacaan yang tidak akurat.

Jika Anda melakukan tes gula darah dan tetap mendapatkan hasil di atas 400 mg/dL, ikuti saran dokter Anda.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Menurut dr. Arina, penanganan pertama yang bisa dilakukan bagi penderita gula darah tinggi adalah dengan mengonsumsi obat antidiabetes. Cara ini untuk menstabilkan gula darah dengan baik.

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Diabetes

“Langkah pertama ketika gula darah melebihi 400 adalah mengunjungi IGD. Kontrol gula darah yang tepat dan cepat itu penting, termasuk terapi air,” jelas dr. Atika.

Itulah kisaran pengobatan bagi penderita gula darah di atas 400 mg/dL. Jika ingin bertanya lebih lanjut mengenai gula darah tinggi, hubungi dokter melalui Ask a Doctor. Situasi wabah COVID-19 dengan New Normal menuntut kita untuk menjaga kesehatan agar tidak terserang penyakit ini, dan penderita diabetes melitus (DM) seperti itu.

DM atau disebut kencing manis (kencing manis) adalah penyakit metabolisme darah tinggi (Gula Darah Puasa > 126 atau gula darah 2 jam setelah makan > 200 atau Hb1AC > 6,5%). Penyakit ini seringkali ditandai dengan gejala sering haus (polidipsi), sering lapar (polifagia), sering buang air kecil (poliuria) dan penurunan berat badan yang cepat.

Komplikasi pada penderita DM terbagi atas komplikasi mikrovaskuler dan makrovaskuler serta gangguan pada sistem saraf (neuropati). Masalah makrovaskular biasanya mempengaruhi jantung (koroner), otak (otak) dan pembuluh darah; masalah mikrovaskular yang mempengaruhi ginjal (gagal ginjal) dan mata (retinopati); sedangkan neuropati ditandai dengan mati rasa, kesemutan, dan kulit kering.

Gejala Diabetes, Ciri Ciri Diabetes, Penyebab Diabetes, Serta Penanganan Penyakit Diabetes Yang Perlu Kamu Tahu

DM juga merupakan penyakit autoimun, yaitu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh melemah sehingga lebih rentan terhadap infeksi dan meningkatkan respon inflamasi (peradangan). Selain DM, ada penyakit yang berhubungan dengan tuberkulosis, gagal ginjal, HIV dan lain-lain. Selama wabah COVID-19, banyak penderita DM juga menderita COVID-19, seperti yang dilansir dari data RS Karyadi Semarang (Maret-Maret 2020) bahwa hampir setengah dari pasien yang mengidap COVID-19 hadir dengan komorbid DM. . , bahkan kematian. Tingkat COVID-19 meningkat pada pasien dengan DM.

Melihat keadaan tersebut maka penting untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit DM, tidak hanya pencegahan makro dan mikrovaskular, tetapi juga perlu perencanaan pencegahan infeksi pada penderita DM.

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari komplikasi DM, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini, antara lain:

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Himbauan ini sudah disampaikan ke Gugus Tugas COVID-19, sehingga orang yang menggunakan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi orang, serta mencuci tangan) dan yang terkena DM adalah sama. Seperti yang telah disebutkan di atas, DM adalah penyakit autoimun, sehingga jika Anda terkena atau terinfeksi bakteri dalam jumlah kecil dapat menyebabkan infeksi, terutama infeksi paru-paru. Oleh karena itu, para penderita DM harus mengindahkan seruan Gugus Tugas COVID-19 untuk kepentingan diri sendiri dan orang lain.

Kadar Gula Darah Normal Dan Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Tujuan penatalaksanaan diet pasien DM bukan untuk mengurangi asupan makanan, tetapi diet harus seimbang dan sesuai dengan kalori dan kebutuhan gizi individu. Menderita DM bukan berarti berpuasa dari karbohidrat, tetapi mengatur asupan karbohidrat sesuai kebutuhan yaitu 45-46% dari total kalori. Karbohidrat yang dianjurkan adalah yang tinggi serat seperti buah, biji-bijian, dan gandum. Protein dan lemak juga penting bagi penderita DM (20-25% dari total kalori per orang) karena berfungsi untuk mempercepat penyembuhan, seperti ikan, udang, cumi, daging tanpa lemak, ayam tanpa lemak, susu kecil, tahu dan tempe. .

Dengan melakukan pengecekan kadar gula darah menggunakan monitor glukosa darah setiap hari, penderita DM dapat memantau pengaruh pola makan dan olahraganya. Jadi jika gula darah tinggi atau tinggi bisa dikendalikan dengan makan atau mengurangi makanan dan olahraga

Olahraga merupakan salah satu pilar pengelolaan DM. Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga teratur 3-5 hari seminggu selama 30-45 menit dalam beberapa bentuk aktivitas fisik, seperti berlari, bersepeda, dan berenang. Di masa wabah seperti ini, saat berolahraga juga harus tetap menggunakan tindakan pencegahan kesehatan (menggunakan 3M). Dengan berolahraga, Anda menjadi lebih sehat, menurunkan berat badan, mengontrol gula, menurunkan kolesterol, dan menjaga tekanan darah.

Bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas) penurunan 0,5-1 kg/minggu atau penurunan berat badan 5-7% dalam enam bulan adalah baik. Menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan tapi pasti, yaitu melalui olahraga teratur dan pola makan seimbang.

Kenali Tanda Gula Darah Terlalu Tinggi Dan Cara Tepat Mengatasinya

Di masa pandemi seperti ini, semua sektor mengalami kemunduran. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Pada penderita DM, stres dapat menyebabkan peningkatan katekolamin dan glukagon yang menyebabkan tingginya kadar gula darah. Teknik pengurangan stres dapat dilakukan seperti meditasi relaksasi, latihan renungan (LPD), dan doa.

Menjaga kelembapan kulit penting bagi penderita DM, terutama yang memiliki kulit kering. Hal ini membuat kulit tidak mudah terkelupas hingga menimbulkan luka dan penyakit. Mempertahankan kelembapan dapat dilakukan dengan menggunakan lotion, minyak zaitun, atau produk lain yang melembapkan kulit.

“Jaga orang sakit di antara kamu dengan hadiah, perkuat hartamu dengan zakat, dan persiapkan doa untuk menghadapi musibah.” Inilah sabda Nabi untuk menghadapi berbagai situasi agar Allah mudahkan sabdanya bagi kita.

Gula Darah Tinggi Apa Yang Harus Dilakukan

Marilah kita selalu berusaha menjaga kesehatan agar terhindar dari segala macam penyakit, termasuk DM dan komplikasinya. Selamat Hari Diabetes Sedunia 2020. Semoga di masa pandemi ini, kita semua, terutama calon tenaga medis, selalu diberikan kesehatan, keselamatan, dan perawatan. Selain makanan bergizi, nikmati makanan enak

Rsup Dr. Sardjito

Apa yang harus dilakukan ketika tensi tinggi, apa yang harus dilakukan jika gula darah tinggi, apa yang harus dilakukan jika tekanan darah tinggi, gula darah 400 apa yang harus dilakukan, jika darah tinggi naik apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan saat tekanan darah tinggi, apa yang harus dilakukan jika tensi tinggi, saat tensi tinggi apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan saat gula darah tinggi, apa yang harus dilakukan ketika gula darah tinggi, gula darah 500 apa yang harus dilakukan, jika gula darah naik apa yang harus dilakukan

Related posts