Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman – Indonesia merupakan negara agraris, sangat kaya akan hasil pertanian salah satunya adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan sebagai makanan sumber energi dan protein telah lama digunakan oleh penduduk Asia, Afrika, Amerika Latin, dan negara-negara lain.

Terdapat lebih dari 12.000 jenis kacang-kacangan di Indonesia, antara lain kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang polong, koro, dan kedelai. Kacang merah mengandung protein yang tinggi dan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Protein yang terdapat pada kacang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, terutama untuk kesehatan jantung. Kacang merah diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Tanaman kacang merah telah menyebar dari benua Amerika hingga Eropa sejak abad ke-16. Pusat distribusinya dimulai di Inggris pada tahun 1594, kemudian menyebar ke negara-negara Eropa dan Afrika, hingga Indonesia. Kacang merah memiliki nama ilmiah

Pdf) Pengaruh Perbedaan Intensitas Cahaya Dan Penyiraman Pada Pertumbuhan Jagung (zea Mays L.) ‘sweet Boy 02’

. Kacang merah dalam bentuk biji. Jika benih itu jatuh ke tanah, lama kelamaan benih itu akan berkecambah. Proses ini disebut perkecambahan.

Kecambah meningkatkan daya cerna karena kecambah adalah proses katabolik yang menyediakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tanaman melalui reaksi hidrolisis nutrisi cadangan yang terdapat dalam biji. Bertunas akan meningkatkan daya cerna legum, sehingga waktu pemasakan atau pengolahan akan berkurang. Pada saat perkecambahan, karbohidrat, protein dan lemak dihidrolisis menjadi senyawa yang lebih sederhana sehingga mudah dicerna. Selama proses ini, jumlah protein dan vitamin meningkat dan kandungan lemaknya menurun.

Selama perkecambahan terjadi beberapa perubahan biologis yaitu terurainya berbagai komponen benih menjadi berbagai jenis senyawa yang lebih sederhana yang siap dicerna oleh embrio atau kecambah yang berkecambah (Vinarno, 1985). Kondisi dan lokasi mempengaruhi proses perkecambahan. Faktor lingkungan yang mempengaruhi adalah air, gas, suhu dan cahaya.

Cahaya memegang peranan penting bagi tanaman. Dengan bantuan cahaya, tumbuhan dapat hidup dengan baik. Selain itu, cahaya juga sangat bermanfaat dalam proses pertumbuhan, perkecambahan, fotosintesis dan lain-lain. Kurangnya sinar matahari akan mengganggu fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun cahaya tergantung pada jenis tanaman. Selain itu, kekurangan cahaya pada saat perkembangan akan menimbulkan gejala defoliasi dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat tetapi lemah dan daun menjadi kecil, tipis dan pucat (tidak hijau). Semua ini terjadi tanpa adanya cahaya, yang memaksimalkan fungsi auksin. Namun dalam konteks ini, kami menggunakan cahaya sebagai pembanding untuk mengetahui keefektifan sinar matahari dan cahaya untuk pertumbuhan kacang merah.

Makalah Percobaan Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Makalah Makalah Makalah

Mencermati uraian latar belakang, bentuk masalah yang akan dibahas dalam laporan penelitian ini adalah:

Penulisan Laporan penelitian ini dibuat untuk mencapai tujuan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Secara khusus, tujuan penulisan laporan penelitian ini adalah:

Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran secara kuantitatif (massa, panjang) sebagai akibat pertambahan jumlah sel dan bersifat ireversibel (tidak dapat kembali) akibat pembelahan mitosis. Perkembangan adalah proses kemajuan kuantitatif kematangan menuju perkembangan tubuh organisme.

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Proses pertumbuhan dan perkembangan ditentukan oleh interaksi antara faktor internal (gen dan hormon) dan faktor lingkungan seperti suhu, oksigen, cahaya dan kelembaban. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman dimulai dengan perkecambahan biji. Tunas-tunas tersebut kemudian tumbuh menjadi tanaman kecil yang sempurna, yang kemudian tumbuh menjadi lebih besar. Setelah mencapai tahap tertentu, tanaman berbunga dan menghasilkan biji.

Jual Lampu Tidur Jamur Mini (sensor Cahaya)

Perkembangan tanaman dimulai dengan pemupukan. Pada awal perkembangannya, embrio menerima nutrisi dari kotiledon. Kotiledon ditemukan dalam biji tumbuhan tingkat tinggi. Tumbuhan dikotil memiliki dua kotiledon, sedangkan monokotil memiliki satu kotiledon. Pertumbuhan awal tanaman dari biji menjadi tanaman baru disebut perkecambahan. Menurut lokasi kotiledon, perkecambahan dapat dibagi menjadi dua jenis: epigeal dan hipogeal. Pada perkecambahan epigeal, kotiledon hadir di permukaan tanah karena didorong ke atas oleh pertumbuhan hipokotil. Selama perkecambahan hipogeal, kotiledon tetap berada di bawah tanah, dan pucuk muncul dari bawah permukaan tanah karena pertumbuhan epikotil.

Struktur pertama yang muncul yang memecahkan kulit biji adalah radikula, yang merupakan calon akar primer. Akar adalah bagian dari hipokotil. Di bagian atas adalah epikotil (batang potensial). Bergantung pada lokasi kotiledon, dua jenis perkecambahan dibedakan: epigeal dan hipogeal.

Pertumbuhan tanaman terjadi pada meristem (zona pertumbuhan) yang terletak di ujung akar dan batang. Meristem mengalami pembelahan mitosis. Akibatnya, ujung batang dan ujung batang akan bertambah panjang dan besar.

Pertumbuhan disebabkan oleh peningkatan ukuran dan panjang sel itu sendiri. Ada dua jenis tunas pada batang, yaitu tunas yang terletak di ujung batang, disebut tunas apikal, dan mengandung meristem apikal, serta tunas lateral, yang kemudian membentuk cabang batang, daun, dan bunga.

Pdf) Pengaruh Suhu Dan Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Jamur Tiram Di Tangerang

Batang tanaman tidak hanya menjadi lebih panjang, tetapi juga lebih besar. Hal ini disebabkan oleh aktivitas kambium yang mengandung jaringan meristem yang sel-selnya aktif membelah. Lokasi kambium antara xilem dan floem. Kambium akan terus membentuk jaringan xilem dan floem baru, sehingga batang akan semakin besar. Aktivitas kambium meninggalkan batas yang jelas di batang. Batas ini disebut siklus tahun.

Kacang termasuk dalam produk nabati, sekelompok kacang-kacangan; keluarga dengan kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo dan kacang uchi. Ada banyak jenis kacang merah, diantaranya kacang merah, kacang tanah

(kacang merah besar). Kacang-kacangan sebagai makanan sumber energi dan protein telah lama digunakan oleh penduduk Asia, Afrika, Amerika Latin, dan negara-negara lain.

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Kacang merah mengandung protein yang tinggi dan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Protein yang terdapat pada kacang merah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, terutama untuk kesehatan jantung. Kacang merah diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Penyebarannya dari Amerika ke Eropa terjadi sejak abad ke-16. Pusat distribusinya dimulai di Inggris pada tahun 1594, kemudian menyebar ke negara-negara Eropa dan Afrika, hingga Indonesia.

Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau

Sinar matahari adalah faktor utama dalam fotosintesis untuk produksi glukosa (karbohidrat). Kekurangan cahaya akan mengganggu proses fotosintesis dan pertumbuhan, meskipun kebutuhan cahaya tergantung pada jenis tanaman. Kurangnya cahaya pada saat perkecambahan akan menimbulkan gejala ekspulsi dimana batang kecambah akan tumbuh lebih cepat tetapi lebih lemah dan daun menjadi kecil, tipis dan pucat bukan hijau. Berbeda dengan perkecambahan yang terjadi di titik terang, ia akan tumbuh lebih lambat, tetapi daunnya tampak lebih lebar, lebih tebal, lebih hijau, dan lebih segar, serta batang kecambah tampak lebih kuat. Namun, hal yang berbeda jika tanaman diletakkan di bawah cahaya karena cahaya memiliki panjang gelombang yang berbeda dan menghasilkan jenis cahaya yang berbeda dibandingkan dengan sinar matahari.

Selain itu, cahaya akan mempengaruhi arah tumbuhnya kecambah, fenomena yang disebut fototropisme. Efek cahaya tidak hanya bergantung pada intensitasnya, tetapi ada faktor lain yang terlibat dalam cahaya yang terkait dengan panjang gelombangnya. Penelitian oleh Hendrick dan Borthwick pada tahun 1954 menunjukkan bahwa cahaya yang mempengaruhi pertumbuhan berada pada spektrum merah dengan panjang gelombang 600 nm. Eksperimen menggunakan spektrum infra merah dengan panjang 730 nm memberikan efek sebaliknya. Selain intensitas dan panjang gelombang, durasi juga mempengaruhi pertumbuhan, terutama saat pelepasan. Fenomena ini terlihat jelas pada tumbuhan di daerah subtropis yang memiliki empat musim, fenomena ini disebut fotoperiodisme.

Sinar matahari merupakan sumber energi yang sangat penting untuk fotosintesis. Proses ini menghasilkan nutrisi yang kuat untuk mendukung fotosintesis. Proses ini menghasilkan nutrisi yang berdampak besar pada pembelahan sel. Namun, sebenarnya pertumbuhan tanaman yang mendapat sinar matahari cukup lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan tanaman yang tidak mendapat sinar matahari. Demikian pula tanaman yang ditempatkan pada sumber cahaya yang berbeda seperti cahaya juga akan merespon secara berbeda.

Lampu adalah sumber cahaya yang panjang gelombangnya sesuai dengan jenis cahaya yang dipancarkan. Namun, cahaya memiliki banyak perbedaan dengan sinar matahari, yaitu panjang gelombang dan spektrum cahaya yang dipancarkan.

Perhatikan Gambar Tentang Pengaruh Cahaya Terhadap Hormon Dan Pertumbuhan Tanaman

Studi ini termasuk jenis pilot study. Karena dalam memperoleh data kajian, kami melakukan percobaan langsung untuk membandingkan laju pertumbuhan tanaman kacang merah yang diletakkan di bawah sinar matahari dan pertumbuhan tanaman kacang merah yang diletakkan di bawah cahaya.

Studi eksperimen adalah studi yang berusaha untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel terhadap variabel lain dalam kondisi yang sangat terkontrol (Tuckman dalam Cahyadi, 2006).

Jenis penelitian eksperimen ini kami pilih karena cocok untuk memecahkan masalah yang muncul, sehingga nantinya dapat diambil kesimpulan yang tepat dan tidak menyimpang dari teori.

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Populasi adalah sekelompok objek penelitian atau sekelompok subjek yang kesimpulannya akan digeneralisasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah kacang-kacangan.

Pdf) Pengaruh Penyinaran Terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau

Penelitian ini dilakukan pada minggu pertama bulan September 2012. Sedangkan pengambilan data dilakukan pada tanggal 6 sampai 13 September 2012 di SMA NEGERI 1 PASURUAN, Jl Soekarno Hatta no 10 Pasuruan, dan juga di rumah salah satu anggota kelompok kami.

Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode yang mendukung tujuan penelitian dengan memperhatikan faktor tenaga kerja, biaya, dan waktu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah eksperimen, kepustakaan dan dokumenter. Walaupun metodologi analisisnya menggunakan referensi dari berbagai sumber, dari buku-buku yang relevan, internet dan data yang diperoleh dari hasil penelitian.

Catatan : 1. Tiap pot (berisi 5 biji kacang merah). Tinggi dihitung dan kemudian dirata-rata. Cocok untuk pot yang diletakkan di bawah sinar matahari dan di bawah cahaya.

3.7.1 Instrumen berikut digunakan untuk mempelajari pengaruh jenis cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang merah:

Pengaruh Intensitas Spektrum Cahaya Warna Merah Dan Hijau Terhadap Perkecambahan Dan Fotosintesis Kacang Hijau ( Vigna Radiata L.)

3.7.2 Dalam mempelajari pengaruh pupuk urea terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau digunakan bahan sebagai berikut:

Dari hasil penelitian kami, kami memperoleh data tentang pengaruh jenis cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang merah. Kami menyajikan data yang dikumpulkan dalam bentuk tabel dan

Pengaruh ph terhadap pertumbuhan tanaman, pengaruh ph tanah terhadap pertumbuhan tanaman, pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman kacang tanah, pengaruh warna cahaya terhadap pertumbuhan tanaman, pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman pdf, pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan tanaman, jelaskan pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman, pengaruh tanah terhadap pertumbuhan tanaman, pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman, pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan, makalah pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman, pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman tomat

Related posts