Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1 – Penyakit kencing manis (diabetes) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak dan sel-sel yang membentuk otot dan jaringan dalam tubuh kita. Ada dua jenis utama penyakit ini, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Indonesia sendiri masuk dalam 10 besar negara penderita diabetes. Pada tahun 2013 diperkirakan di Indonesia terdapat sekitar 8,5 juta penderita diabetes pada rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari International Diabetes Federation). Tapi kurang dari 50% dari mereka memahaminya.

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal diabetes. Baik untuk mereka yang berisiko tinggi dan mereka yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi diabetes.

Gejala Diabetes Tipe 1 Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai

Sementara itu, banyak penderita diabetes tipe 2 tidak menyadari dirinya mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera dapatkan bantuan medis. Deteksi dini memungkinkan kita untuk mencegah memburuknya diabetes.

Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin karena sistem kekebalan tubuh pasien menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas penghasil insulin. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar glukosa yang menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Sejauh ini, penyebab diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti.

Penderita diabetes tipe ini biasanya berusia di bawah 40 tahun, biasanya muncul saat remaja atau masa kanak-kanak. Untuk alasan ini, diabetes tipe 1 juga dikenal sebagai diabetes remaja.

Kenali Bahaya Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2!

Diabetes tipe 1 lebih jarang terjadi dibandingkan diabetes tipe 2. Dari 10 orang penderita diabetes, diperkirakan hanya sekitar 1 orang yang mengidap tipe 1.

Selain harus menerima suntikan insulin setiap hari, penderita diabetes tipe 1 juga disarankan untuk menjaga keseimbangan kadar glukosa darah. Misalnya dengan melakukan pola makan sehat dan melakukan pemeriksaan darah secara rutin.

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang lebih umum. Sekitar 90% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes jenis ini.

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe ini disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh atau sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Ketidakpekaan sel-sel tubuh ini dikenal sebagai resistensi insulin.

Apa Saja Tipe Penyakit Dm?

Gejala pada penderita diabetes tipe ini biasanya dapat dikendalikan dengan diet sehat dan pemantauan kadar glukosa darah. Namun, selalu waspada karena penyakit ini akan terus berkembang di dalam tubuh dan secara bertahap akan membutuhkan tindakan pengobatan.

Diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan obesitas. Tentu saja, tidak semua orang yang mengalami obesitas otomatis akan terkena diabetes tipe 2. Namun, semakin tinggi indeks massa tubuh seseorang, semakin tinggi juga risiko terkena diabetes tipe ini. Diabetes akibat obesitas biasanya menyerang orang lanjut usia.

Diabetes juga sering menyerang ibu hamil. Beberapa wanita memiliki kadar glukosa darah yang sangat tinggi selama kehamilan, sehingga tubuh mereka tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk menyerapnya. Diabetes, yang dikenal sebagai diabetes gestasional, dapat terjadi pada sekitar 15 sampai 18 dari 100 wanita hamil.

Penderita diabetes tipe 1 saat hamil juga akan berisiko tinggi karena dapat memengaruhi ibu maupun janin. Sangat penting bagi penderita diabetes selama kehamilan untuk menjaga keseimbangan kadar gula darahnya.

Bagaimana Memilih Dan Mengkombinasi Obat Anti Diabetes Oral?

Wanita hamil harus memantau kadar gula darah secara ketat selama trimester kedua (minggu 14-26). Selama periode ini, diabetes gestasional biasanya berkembang dan kemudian menghilang setelah melahirkan. Namun, risiko diabetes tipe 2 pada wanita dengan diabetes gestasional sekitar tiga kali lebih tinggi daripada populasi umum. (Sumber: dr. Lestri Rahma)

Dapatkan buku “Pedoman Teknik Uji Laboratorium Klinik Bagi Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medis”. Disusun oleh Gilang Nugraha, S.Si., M.Si, dkk. Buku pembelian/pesanan melalui WA https://wa.me/6285862486502. Informasi lengkap mengenai buku tersebut dapat dilihat disini: Dijual Buku “Panduan Teknik Uji Laboratorium Klinik Bagi Mahasiswa Teknolog Laboratorium Medis” Torium Medical

Penting: Terima kasih telah mengunjungi website kami. Bagi yang mengambil artikel dari situs kami, harap sertakan sumbernya pada tulisan/artikel yang anda upload. Terimakasih telah berkunjung. Terimakasih telah berkunjung. Publikasi kerjasama media, kirim email ke alamat: [email protected]

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Diposting oleh adalah saluran informasi teknologi laboratorium medik meliputi materi kuliah D3 dan D4, informasi seminar ATLM, lowongan kerja. Untuk mendukung situs agar tetap aktif, silakan berdonasi melalui DANA = 085862486502. Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh manusia. Namun, pada penderita diabetes, glukosa tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Rumah Sakit Universitas Indonesia

Kadar gula (glukosa) dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas. Namun, bagi penderita diabetes, pankreas tidak dapat memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Glukosa yang tidak terserap sempurna oleh sel-sel tubuh akan menumpuk di dalam darah. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Jika tidak dikontrol dengan baik, diabetes dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin. Hal ini menyebabkan kadar glukosa darah meningkat dan kemudian menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Diabetes tipe 1 juga dikenal sebagai diabetes autoimun. Penyebab diabetes tipe 1 masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada dugaan penyakit ini berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan.

Kaitan Kualitas Tidur Dengan Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang paling banyak terjadi, yaitu sekitar 90-95%. Diabetes tipe 2 terjadi ketika sel-sel tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat digunakan dengan baik. Kondisi ini juga dikenal sebagai resistensi insulin.

Selain kedua jenis diabetes tersebut, ada satu jenis diabetes yang biasa terjadi pada ibu hamil, yaitu diabetes gestasional. Diabetes tipe ini disebabkan oleh perubahan hormonal selama masa kehamilan, namun biasanya kadar gula darah pasien akan kembali normal setelah melahirkan.

Khusus untuk wanita, ibu hamil dengan diabetes gestasional bisa lebih rentan terkena diabetes tipe 2. Selain itu, wanita dengan riwayat sindrom ovarium polikistik (PCOS) lebih rentan terkena diabetes tipe 2.

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat selama beberapa minggu atau bahkan berhari-hari. Sedangkan pada diabetes tipe 2, banyak penderitanya yang tidak menyadari dirinya mengidap diabetes selama bertahun-tahun, karena gejalanya cenderung tidak spesifik.

Diabetes Terkontrol Bila Taati 5 Pilar Ini

Sementara itu, ada juga beberapa orang yang menderita pre-diabetes, yaitu kondisi kadar gula darah di atas normal tetapi belum cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes. Namun, seseorang dengan pradiabetes juga bisa terkena diabetes tipe 2 jika tidak dikelola dengan baik.

Jika Anda memiliki faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, disarankan agar Anda memeriksakan kadar gula darah secara rutin. Tujuannya adalah untuk menemukan penyakit dan mengobatinya sejak dini.

Pasien disarankan untuk mengatur pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah, sayuran, protein gandum, serta makanan rendah kalori dan lemak. Memilih makanan untuk penderita diabetes juga perlu diperhatikan.

Bila perlu, pasien juga dapat mengganti asupan gula dengan pemanis yang lebih aman, seperti sorbitol. Pasien dan keluarganya juga dapat melakukan konseling gizi dan diet dengan dokter untuk mengontrol pola makan sehari-hari.

Flipbook Diabetes Pages 1 13

Untuk membantu mengubah gula darah menjadi energi dan meningkatkan kepekaan sel terhadap insulin, pasien disarankan untuk rutin berolahraga, minimal 150 menit dalam seminggu. Pasien juga dapat berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan olahraga dan olahraga yang sesuai.

Pasien harus mengontrol kadar gula darahnya secara disiplin melalui pola makan yang sehat, agar gula darahnya tidak naik di atas normal. Selain itu, pasien juga akan diberikan jadwal menjalani tes HbA1C mandiri untuk memantau kadar gula darah selama 2-3 bulan terakhir.

Tes gula gratis dilakukan minimal 4 kali sehari, sebelum makan dan sebelum tidur, terutama bagi mereka yang menjalani pengobatan insulin. Frekuensi pemeriksaan yang dilakukan tergantung dari anjuran dokter. Setelah itu, hasil tes akan dicatat dan catatan ini wajib dibawa saat melakukan pemeriksaan ke dokter.

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Diabetes menyebabkan berbagai komplikasi, baik yang terjadi secara tiba-tiba (akut) maupun dalam jangka panjang (kronis). Komplikasi akut yang dapat terjadi pada pasien diabetes adalah ketoasidosis diabetik dan sindrom hiperglikemik hiperosmolar (HHS).

Perbedaan Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2

Diabetes gestasional juga dapat menyebabkan komplikasi pada ibu hamil dan bayi, misalnya preeklampsia. Sementara itu, beberapa komplikasi yang dapat muncul pada bayi adalah:

Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah karena penyebabnya tidak diketahui. Sedangkan diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes antara lain:

Apakah Anda menemukan perbedaan dalam layanan sipil di daerah Anda? Buat laporanmu sekarang juga agar pelayanan publik di daerahmu bisa lebih baik

Laporan! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Rakyat Online) adalah sarana aspirasi dan pengaduan masyarakat untuk memantau rencana dan kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan dan pelayanan publik.Diabetes adalah penyakit ketika kadar gula darah seseorang melebihi batas normal. Penyakit ini di Indonesia lebih dikenal dengan penyakit kencing manis.

Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2 Semakin Meningkat Jumlahnya, Apa Bedanya?

Kadar gula darah adalah kadar glukosa darah tanpa memperhitungkan kadar gula lain seperti fruktosa, sukrosa, maltosa, dan laktosa. Jenis gula lain ini juga akan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh, namun proses metabolismenya sangat lama tergantung pada jenisnya sehingga efeknya terhadap kadar gula darah secara keseluruhan dianggap tidak signifikan.

Kadar glukosa darah dikendalikan oleh insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas. Insulin akan memerintahkan sel untuk mengambil glukosa dari darah, dan menggunakannya sebagai sumber energi. Glukosa yang tersisa akan disimpan dalam bentuk glikogen dan akan dipecah lagi menjadi glukosa saat gula darah mencapai kadar rendah.

Kerusakan pankreas menyebabkan penurunan produksi insulin hingga proses penguraian glukosa menjadi energi terganggu. sebagai hasilnya

Apa Yang Dimaksud Diabetes Tipe 1

Apa yang dimaksud diabetes tipe 2, apa yang dimaksud dengan diabetes tipe 2, apa yang dimaksud diabetes melitus, yang dimaksud diabetes tipe 2, apa yang dimaksud diabetes, apa yang dimaksud diabetes tipe 1 dan 2, apa yang dimaksud diabetes tipe 1, apa yang dimaksud penyakit diabetes, apa yang dimaksud dengan diabetes, apa yang dimaksud dengan diabetes tipe 1, apa yg dimaksud diabetes tipe 2, yang dimaksud diabetes tipe 1

Related posts