Baju Batik Motif Mega Mendung

Baju Batik Motif Mega Mendung

Baju Batik Motif Mega Mendung – Batik Mega Mendung merupakan salah satu batik khas Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Batik Megamendung merupakan salah satu motif batik yang berasal dari daerah Cirebon. Batik ini bisa ditemukan di berbagai daerah, namun lebih baik mencarinya di daerah asalnya yaitu Cirebon. Banyak toko batik di Cirebon menghiasi koleksinya dengan awan mega batik. Salah satunya adalah Batik Trusmi. Ada berbagai macam motif batik, salah satunya mega batik group. Untuk informasi lebih lanjut tentang Batik Trusmi, silakan lihat artikel berikut: Kisah Sukses Owner Sally Giovanny Batik Trusmi

Batik Megamendung merupakan motif batik khas Cirebon yang sudah dikenal dunia. Namun apa bedanya batik motif lain dengan batik motif mega mendung? Perlu Anda ketahui bahwa Batik Megamendung memiliki filosofi yang tinggi terhadap penggunanya. Pemakai motif batik diharapkan dapat mengendalikan amarah, sikap, tingkah laku dan tingkah lakunya saat dalam keadaan sedih.Ibarat awan dalam keadaan mendung dapat menyejukkan suasana sekitar dan mensucikan awan tersebut. Oleh karena itu, motif batik meghamendung dibuat menyerupai awan.

Baju Batik Motif Mega Mendung

Baju Batik Motif Mega Mendung

Batik Megamendung atau Batik Megamendung? Dua kata dengan arti yang sama. Karena merujuk pada hal yang sama dengan motif batik yang menjadi identitas Cirebon. Batik ini tersebar di seluruh dunia. Semua motif Batik Megamendung mengandung filosofi tinggi bagi pemakainya. Semua manusia harus bisa mengendalikan amarahnya dalam keadaan tertekan atau sedih. Selain situasi yang mencerminkan… Ini sebenarnya adalah sikap bijak dalam keadaan apapun, terutama saat awan mendung (kesedihan, depresi, kesusahan, dll). ).

Jual Baju Kemeja Batik Pria Lengan Pendek Katun Solo Motif Mega Mendung

Seperti awan yang selalu datang saat terbentuk suasana mendung yang dapat menyejukkan suasana disekitarnya. Semua warna yang muncul pada semua motif Batik Megamendung melambangkan kepemimpinan dalam mencerdaskan masyarakat (bijaksana). Dilambangkan dengan warna biru (sifat pemimpin), ornamen penguasa menggabungkan tujuh lapis lingkaran warna untuk melambangkan tujuh bentuk langit dan tujuh bumi. Hukum pertanahan, dan 7 hari seminggu. Mega Batik Motif Mendung memang terlihat sederhana, namun memiliki makna yang luhur.

Saat ini, jumlah perubahan warna yang dihasilkan tidak selalu 7 karena permintaan pasar yang berbeda, bahkan ada batik mega mendung yang tidak ada gradasinya. Jika Anda menghilangkan atau mengurangi jumlah variasi warna, apakah Anda akan menemukan motif mega batik? Apakah filosofi ini memudar? Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjadi bahan diskusi kita sebagai penikmat Batu Indonesia.

Dari segi filosofis, tingkat perubahan warna batik meghamendung kurang bisa direduksi, karena mereduksi esensi nilai luhur dari kain batik raksasa itu sendiri, yang secara tidak langsung merugikan budaya bangsa. sebut saja sebagai motif jika ada motif minor jangan menilai batik mega mendung.

Sejarah batik Megamendung jika dicermati dari referensi buku dan literatur mengarah pada cerita kedatangan orang Tionghoa di Cirebon dan menyebutkan pernikahan dengan Sunang Gunung Jati. Ratu Ong Tien pada abad ke-16. Masyarakat Cirebon juga mengenal karya seni Tionghoa seperti plakat bertema awan, tembikar, dan tekstil.

Jual Kain Batik Motif Mega Mendung Tembokan Putihan

Awan dalam pengertian Tao mewakili nirwana sebagai transformasi yang luas, abadi, bebas dan bermakna ke konsep sakral. Awan juga diwakili oleh para sufi sebagai ekspresi umum dari konsep yang luas dan liberal.

Inilah seorang pembatik cirebon yang menuangkan di atas kain batik untuk menciptakan motif mega batik baru yang mendung. Satu hal yang membedakan motif batik Tionghoa dengan batik mega mendung adalah pola awan yang tercipta jika motif batik Tionghoa memiliki awan atau lingkaran yang melingkar. , dan segitiga.

Menurut cerita lain, perkembangan batik di Cirebon juga terkait dengan sejarah pergerakan tarekat yang bertugas di keraton Cirebon sebagai sumber pendapatan untuk membiayai sekelompok ksatria. Saya tinggal di desa Trusmi, 4 km dari keraton.

Baju Batik Motif Mega Mendung

Sejarah munculnya motif mega mendung berdasarkan buku dan literatur selalu dikaitkan dengan sejarah kedatangan orang Tionghoa di Cirebon. Pelabuhan Muara Jati di Cirebon tentunya menjadi tujuan para pendatang dalam dan luar negeri. Sejarah dengan jelas menceritakan bahwa Sunan Gunung Jati yang menyebarkan Islam di Cirebon pada abad ke-16 menikah dengan ratu Cina Ong Tien. Beberapa benda seni yang didatangkan dari Tiongkok, seperti keramik, piring, dan kain, dihiasi dengan bentuk awan.

Batik Paling Populer Di Indonesia, Ada Dari Daerah Kamu?

Dalam istilah Tao, bentuk awan mewakili dunia atas. Bentuk awan adalah citra global, bebas dan memiliki makna transendental (ilahi). Konsep awan juga mempengaruhi dunia kesunyian dalam Islam abad ke-16, dan para Sufi menggunakannya untuk mewakili dunia yang luas dan hutan belantara.

Upacara pernikahan Sunan Gunung Jati dan Ratu Ong Tien akan menjadi pintu gerbang untuk memperkenalkan budaya dan tradisi Tionghoa ke Cirebon. Pengrajin keraton menanamkan motif batik mereka dengan budaya dan tradisi Tionghoa. Namun terdapat perbedaan antara motif mega mendung Cina dan motif Cirebon karena sentuhan khas Cirebon. Misalnya pada motif Megamendung Cina, garis awannya berbentuk lingkaran atau melingkar, sedangkan garis awan Cirebon cenderung berbentuk persegi panjang, meruncing dan segitiga.

Sejarah batik Cirebon juga terkait dengan perkembangan gerakan batik yang berpusat di Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Batik pada awalnya dilakukan oleh para abdi dalem yang bertugas di keraton sebagai sumber ekonomi untuk membiayai kelompok kerajaan. Pengikut sekte tersebut tinggal di dalam dan sekitar desa Tulusumi. Desa ini terletak sekitar 4 km sebelah barat daya Cirebon atau ke arah Bandung. Sehingga sampai ke Cirebon batik sekarng seperti batik Trusmi.

Motif megamendung selalu berwarna biru di awal dan titik merah untuk melambangkan kejantanan dan kekuatan. Ini karena campur tangan laki-laki dalam proses kreatif. Laki-laki anggota suku yang pertama kali memelopori tradisi membatik. Warna biru dan merah tua juga mewakili psikologi umum populasi Lugas yang terbuka dan egaliter.

Short Sleeve Batik Shirt

Biru juga dikatakan mewakili warna langit yang luas, ramah dan tenang. Biru digunakan dari biru muda ke biru tua. Biru muda mewakili kehidupan dengan warna biru terang dan gelap menggambarkan awan gelap yang mengandung air hujan dan memberi kehidupan.

Dalam perkembangannya, motif Megamendung banyak mengalami perkembangan dan berubah sesuai permintaan pasar. Motif megamendung bercampur dengan motif binatang, bunga dan motif lainnya. Penggabungan motif-motif tersebut sebenarnya sudah dilakukan oleh para perajin batik tradisional sejak dulu, namun dengan campur tangan para perancang busana, perkembangannya menjadi sangat pesat, dulu warnanya biru dan merah, namun sekarang sudah berkembang menjadi sebuah berbagai warna. Ada motif mega mendung seperti kuning, hijau dan coklat.

Proses produksi yang digunakan untuk batik churi dan topi batik diproduksi secara massal dengan percetakan pabrik untuk efektivitas biaya. Bahan bermotif mega mendung yang dihasilkan dari proses semacam ini tidak bisa disebut batik.

Baju Batik Motif Mega Mendung

Dulu dikenal hanya berupa kain batik, bentuk motif mega mendungpung kini bisa dijumpai di berbagai jenis barang. Ada hiasan dinding seperti lukisan kaca, produk interior seperti ukiran kayu dan aksesoris rumah seperti sarung bantal, sprei dan taplak meja.

Warna Batik Yang Bagus Dan Cocok Untuk Segala Acara

Motif Megamendung yang digunakan masyarakat Cirebon sebagai pola dasar batik sudah tidak asing lagi tidak hanya bagi penikmat batik di Indonesia tetapi juga bagi komunitas penikmat batik di luar negeri. Sebagai bukti kepopuleran batik, Megamendung yang berasal dari Cirebon digunakan sebagai sampul buku batik edisi asing berjudul Batik Design karya Pepin Van Roojen dari Belanda.

Gambar motif batik mega mendung, nama motif batik mega mendung, motif batik mega mendung, motif batik mega mendung dari, motif batik mega mendung simple, jenis motif batik mega mendung, motif kain batik mega mendung, warna motif batik mega mendung, asal motif batik mega mendung, motif batik mega mendung adalah, contoh motif batik mega mendung, mewarnai motif batik mega mendung

Related posts