Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia – Dia berlayar dari Lisbon menyusuri pantai Afrika dari tahun 1478. Pada tahun 1486 kapalnya karam oleh badai di ujung selatan Afrika. Tempat ini disebut Tanjung Topan, tetapi oleh penguasa disebut Tanjung Harapan.

Pada 1497, Vasco da Gama berlayar dari Lisbon mengikuti ekspedisi Bartholomew Diaz. Pada tahun 1498, ia tiba di Calicut, sebuah kota perdagangan di pantai barat daya India.

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Pada tahun 1511, Alfonso berhasil merebut Malaka dari Sultan Mahmud Shah. Sejak itu Portugis mendominasi perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara. Pada tahun 1512 Portugis merebut Maluku.

Mengapa Bangsa Indonesia Bersikap Ramah Dengan Kedatangan Bangsa Barat

Jika Portugis menjelajahi lautan di timur, Spanyol menjelajahi lautan di barat. Pada tanggal 2 Agustus 1492, Columbus mulai berlayar melintasi Samudera Atlantik. Pada 12 Oktober 1492 tiba di Bahama. Dia berpikir bahwa dia datang ke India agar orang-orang di sana bisa disebut orang India. Pada tahun 1493 ia kembali ke Spanyol dan bergabung dengan penjelajah dan ahli geografi Amerigo Vespuci.

Pada 10 Agustus 1519 Magellan memulai perjalanannya melintasi Atlantik. Dari ujung selatan benua Amerika, Magellan melanjutkan perjalanannya melintasi Samudera Pasifik. Pada 1521 Magellan mencapai pelabuhan Massava. Wilayah itu kemudian dinamai Filipina setelah raja Spanyol, Raja Phillip

Dipimpin oleh de Abreu, Portugis melanjutkan perjalanannya dari Malaka ke Maluku. Pada tahun 1512 ia tiba di Maluku. Di sana mereka membeli rempah-rempah. Awalnya mereka disambut baik oleh masyarakat Maluku, namun masyarakat Laut tidak senang karena Portugis ingin menguasai perdagangan dan menguasai Maluku.

Pada tahun 1521 sebuah kapal Spanyol tiba di Maluku. Mereka membeli banyak parfum. Saat itu terjadi persaingan antara Portugis dan Spanyol.

Menentukan Sikap Berkaitan Dengan Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia Kelas 5 Sd

Belanda pertama kali tiba di Indonesia yaitu di pelabuhan Banten pada tahun 1596. Pada tahun 1602, Belanda mendirikan VOC untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Indonesia.

Pertanyaan baru dalam IPS adalah dampak dari hasil tambang, terutama yang sifatnya tidak terbarukan, dieksploitasi tanpa mempertimbangkan kelestarian lingkungan??? jawab kak/… kak Perhatikan tabel berikut! Tidak. Manfaat Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia (1) Memelihara persatuan bangsa. (2) Memulai konflik dengan unsur-unsur SAR … A. (3) Stabilitas nasional terjaga. (4) Pembangunan nasional terhambat. Berdasarkan tabel di atas, keunggulan tidak mandiri ditunjukkan oleh angka … . sebuah. (1) dan (2) b. (1) dan (3) c. (2) dan (4) bab. (3) dan (4) di bawah ini! memaksa warga negara untuk mengenyam pendidikan dasar b. menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran c. memperbaiki gedung sekolah yang rusak d. memberikan dukungan buku nasional gratis untuk 7. Negara Indonesia memiliki banyak budaya yang berbeda. Budaya ini wajib kita lestarikan karena termasuk upaya menjaga kemerdekaan NKRI. Cara lain untuk melestarikan budaya… a. menghormati wilayah Indonesia b. tidak mau mempelajari budaya di kawasan budaya c. budaya nasional harus diklaim oleh negara lain d. menganggap budaya lokal kuno 6. Dodi berasal dari suku Betawi. Bonar berasal dari suku Batak. Meskipun mereka berasal dari bangsa yang berbeda, sikap mereka harus… a. saling menghormatib. dan permusuhan c. tidak berteman satu sama lain d. Tidak diakui oleh negara-negara Barat dalam catatan sejarah telah menjadi salah satu kelompok yang menulis kisah gemilang negara India Timur. Jika Hindia Barat mengenal India, maka Hindia Timur adalah negara kepulauan (Indonesia di dalamnya).

Kedatangan bangsa barat di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa peristiwa penting di Eropa. Jika diperhatikan dengan seksama asal usul kedatangan bangsa Barat di Nusantara, terdapat perbedaan dan kesamaan antara asal usul Portugis dan Spanyol di satu pihak dengan Belanda di pihak lain.

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Setidaknya ada tiga wilayah (area) yang menunjukkan perbedaan dan dua wilayah (area) yang menunjukkan kesamaan.

Teka Teki Silang Online Worksheet

Spanyol dan Portugal (satu kekuatan) diperintah oleh umat Islam selama tidak kurang dari 5 abad hingga mereka dibebaskan pada tahun 1492. Setelah umat Islam dikalahkan, keinginan untuk membalas dendam kepada umat Islam menjadi jelas. Mereka ingin masuk Kristen dengan melakukan kegiatan Katolik di semua wilayah Muslim. Berbeda dengan Belanda yang belum pernah diperintah oleh umat Islam sebelumnya, semangat religius untuk membalas dendam tidak seagresif Spanyol dan Portugal. Namun, semangat tetap ada untuk melanjutkan karya penyebaran Protestan, seperti Zending.

Anda tidak hanya ingin mengambil rempah-rempah langsung dari sumbernya, Spanyol dan Portugis, seolah-olah segala sesuatu yang bernada ekonomis adalah properti. Imperialisme awal yang berkembang di negara mereka memperkuat tindakan mereka di bidang ekonomi ini. sedangkan Belanda, dilihat dalam semangat imperialisme modern, Pasar Belanda, cenderung mencari sumber daya hijau/resources, dan pekerja industri.

Keinginan Spanyol dan Portugal untuk menguasai kawasan itu sangat jelas, terutama ke luar negeri. Rasa haus akan kekuasaan dan kejayaan (Glory) tentunya berdasarkan fakta sejarah, mereka diperintah oleh umat Islam selama lebih dari 5 abad. Mereka ingin menunjukkan bahwa bangsanya lebih baik, sangat berbeda dengan kondisi beberapa abad yang lalu. Ternyata dengan konvensi politik kekuasaan/kemuliaan ini, mereka bisa menerima dengan baik Timor Portugis (Timor Leste) meskipun tempat itu tidak ada hubungannya dengan keuntungan ekonomi (yang penting administrasi). Berbeda dengan Belanda, negara Kincir Angin ini begitu terlihat rezim ini tidak terlalu kuat. Bagi mereka, wilayah/kerajaan itu dikuasai kemudian setelah mereka “berhasil” dalam perdagangan, dan ini dapat ditunjukkan dalam modus “pertempuran” VOC dari tahun 1602 hingga akhir abad ke-19. Hal itu tidak membuat Belanda haus akan politik kekuasaan, tetapi politik didorong untuk memperkuat posisinya.

Kemiripan antara bangsa Spanyol, Portugal dan Belanda ini sama-sama ingin menghimpun dana kekayaan ekonomi negaranya setelah lama dikuasai/dijajah oleh bangsa asing. Kemandirian (Standing) di bidang ekonomi telah memberikan andil dalam pencarian mereka akan parfum yang laris manis di pasar Eropa hingga Dunia Timur. Caranya adalah dengan langsung (ke Indonesia) karena lebih murah, dan dijual di Eropa dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Deskripsikan Awal Kedatangan Bangsa Barat Di Indonesia

Kesamaan asal usul antara Spanyol, Portugal dan Belanda adalah sama-sama ingin menerapkan sekaligus membuktikan kebenaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang saat itu (Renaissance). Ini bertepatan dengan penemuan ilmiah dan teknologi modern: teori bumi bulat, penemuan kompas, dan berbagai teknologi transportasi antarbenua.

Oleh karena itu, perbedaan dan persamaan tersebut di atas sangat dipengaruhi oleh pengalaman sejarah bersama sebagai bangsa yang tertindas secara politik dan ekonomi, dan semangat sebagai orang yang bernalar dalam konteks jiwa masa Reformasi juga ikut berperan. Pencarian dan perjalanan Spanyol, Portugis, dan Belanda. di Dunia Timur. Baca Juga: Disebut Rawa Dengan ‘Plot Twist’ Terbesar Dalam Sejarah, Kisah Pembunuhan Tiran Roma Kuno Terakhir Juga Jadi ‘Mantra’ Kuno.

Baca Juga: Akibat Banyaknya Korban dari Kelompok Yang Bertikai, Mangkunegara Diberi Julukan Pangeran Sambernyawa, Kepemimpinannya Juga Upaya Menghadapi Tiga Musuh Sekaligus.

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Dalam buku History of Indonesia: The Entry of Islam into Colonialism (2020) karya Ahmad Fakhri Hutauruk, kedatangan bangsa barat di kepulauan itu bukanlah suatu kebetulan.

Daya Tarik Apa Yang Mendorong Datangnya Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia?faktor Pendorong Apa Saja

Akan tetapi, kedatangan bangsa Eropa di Indonesia disebabkan oleh jatuhnya Konstantinopel di Laut Tengah pada tahun 1453.

Baca juga: Badai Munculkan Perang Jawa: Pangeran Diponegoro Pimpin 100.000 Prajurit Evakuasi Banyak Kondensor Sakit Kecanduan.

Penolakan para penguasa baru di Mediterania (kesultanan Utsmaniyah) dalam hal aktivitas barat di wilayah tersebut menyebabkan mereka mencari tempat baru.

Baca juga: Kehidupan di Bumi Akan Segera Berakhir, Begini Cara Umat Manusia Hadapi Pandemi Terburuk Sepanjang Sejarah, Gunakan Strategi Sederhana Ini

Tolong Uplod Gambar Peta Rute Bangsa Barat Ke Indonesia

Baca Juga: Pantas Musuh Habis, Ini Lima Unit Militer Paling Aneh Sepanjang Sejarah, Salah Satunya ‘Pasukan Hantu’ yang Pakai Suara di Perang Dunia II.

Baca Juga: Gunakan Nama ‘Nusantara’ Sebagai Ibu Kota Baru Indonesia, Ternyata Sejarah Nama Nusantara Memiliki Sejarah Hampir Sama Dengan Malaysia Dan Digunakan Oleh Malaysia Untuk Menyebut Ini.

Apalagi pada masa itu, Portugal memiliki angkatan laut yang modern dan kuat, memiliki hubungan perdagangan dengan pelabuhan-pelabuhan di Mediterania dan Eropa utara.

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Kisah perjalanan Marcopoli ke negeri timur (Tiongkok) tertuang dalam buku karangan Rustichello berjudul The Travels of Marcopolo.

Lkpd Sejarah Kelas 8

Baca Juga: Kejam pada Musuhnya Tapi Sayang pada Rakyatnya, Inilah Lu Zhi dari Dinasti Han, Kaisar Pertama yang Memerintah China, Meninggalkan Saingannya di Kandang Babi Setelah Dikorupsi.

Baca juga: Bekerja di Front Kemanusiaan dan Sering Terabaikan, Berikut Tiga Perawat Terkenal Dalam Sejarah, Salah Satu Pendiri Palang Merah Amerika.

Pada masa pemerintahan imperialis kuno, Portugal dan Spanyol adalah dua kerajaan Katolik yang memiliki kekuatan angkatan laut, seni mengemudikan kapal dan kapal dibandingkan negara lain.

Baca Juga: Setelah Kegemilangan Popularitasnya, Siapa Sangka Grup Penari Chippendales Ini Punya Sisi Gelap, Bahkan FBI Turun Tangan Untuk Mengungkapnya.

Buatlah Peta Konsep Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Baca Juga: Tak Percaya VOC Lihat Kondisi Parah Ratusan Prajurit Mataram Dihukum Sultan Agung Karena Kalah Perang.

Baca juga: Ditemukan di Kairo, Mesir, Seorang Ibu dengan Toples Kanopi Enam, Artinya Dua Lebih Banyak dari Biasanya Ditemukan di Tubuh Sang Ibu, Lantas Apa Dua Toples Lainnya?

#cara mengetahui weton dari tanggal lahir dan tahun #kim ung yong #anjing vs pria #genedigaeth weton #pendaftaran komcad 2023 #wanita #estefania gutierrez lazaro #militer #pancasila #junko furuta kenapa bangsa indonesia bersahabat dengan kedatangan dari bangsa barat. Web awalnya dibuat oleh orang Eropa yang menjelajah atau berdagang antar negara. Namun, ini akhirnya menjadi koloni. Web 2) semua orang barat, kecuali Belanda, harus meninggalkan daerah Gowa.

Kedatangan Bangsa Bangsa Barat Ke Indonesia

Jaring kehidupan sosial yang semakin material berdampak pada aspek sosial bangsa Indonesia yang sering disebut atau dikenal. Namun, ini akhirnya menjadi koloni. Menurut saya, web benar menyatakan Indonesia sebagai bangsa yang ramah, tapi mari kita lihat pandangan kehidupan batin orang Indonesia.

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat Ke Indonesia Yang Harus Anda Tahu

Web 1 adalah koloni asing. Belanda adalah negara yang paling lama menjajah Indonesia.

Kedatangan bangsa inggris ke indonesia, sejarah kedatangan bangsa belanda ke indonesia, kedatangan bangsa barat ke nusantara, kedatangan bangsa eropa ke indonesia, jelaskan kedatangan bangsa barat ke indonesia, faktor kedatangan bangsa barat ke indonesia, proses kedatangan bangsa barat ke indonesia, kedatangan bangsa belanda ke indonesia, kedatangan bangsa barat ke indonesia, tujuan kedatangan bangsa barat ke indonesia, sejarah kedatangan nenek moyang bangsa indonesia, kedatangan bangsa portugis ke indonesia

Related posts