Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat – 25 Jenis Makanan Tinggi Serat Tanggal Dipublikasikan: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Diulas 13 Juni 2019 Waktu Baca: 5 menit

Makanan berserat adalah makanan yang tidak dapat dicerna atau diserap tubuh dengan sempurna. Untuk itu, makanan berserat akan menghasilkan energi atau kalori yang sangat sedikit bagi tubuh, namun tetap bermanfaat dan diperlukan bagi tubuh kita, terutama untuk membantu pencernaan. Memenuhi kebutuhan serat Anda juga dapat membantu Anda menghindari kekurangan serat.

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Serat larut adalah serat yang masih dapat dicerna oleh tubuh. Serat ini akan mengikat lemak yang berasal dari makanan dan membuangnya.

Mengapa Kita Butuh Asupan Serat Yang Cukup?

Serat tidak larut adalah serat yang tetap utuh hingga dikeluarkan dari tubuh, serat ini dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga bermanfaat untuk diet.

Setelah dikonsumsi, serat akan dibawa di usus halus ke usus besar untuk selanjutnya dibuang. Adanya makanan kaya serat di usus besar dapat membantu proses metabolisme untuk memperlancar buang air besar.

Menurut data Badan Penelitian dan Pengembangan Gizi Kementerian Kesehatan RI, rata-rata penduduk Indonesia mengonsumsi serat sekitar 10,5 gram. Padahal, asupan serat harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah 25-35 gram.

Terlihat bahwa tingkat konsumsi serat masyarakat Indonesia masih jauh dari anjuran. Padahal, Indonesia kaya akan sayur dan buah yang bisa memenuhi kebutuhan serat harian.

Baik Untuk Pencernaan, Ini 6 Buah Yang Mengandung Serat Tinggi

Untuk membutuhkan serat ini, Anda perlu menambahkan makanan kaya serat ke dalam diet harian Anda. Asupan serat yang tinggi dapat diperoleh dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sayuran hijau adalah makanan yang harus dikonsumsi. Selain mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh, sayuran juga merupakan makanan kaya serat yang sering kita jumpai.

Selain mengandung vitamin A, wortel juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dibandingkan sayuran lainnya, sekitar 4 gram per 100 gram wortel.

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Selain kaya karbohidrat, kentang juga mengandung banyak serat, sekitar 3 gram serat per 100 gram kentang.

Makanan Yang Mengandung Zat Besi Dan Manfaatnya

Sayuran ini mengandung serat yang sangat kaya, yaitu 2,8 gram per 100 gram bayam yang dikonsumsi setiap hari.

Sayuran ini mengandung kalsium dan vitamin yang tinggi, serta merupakan makanan yang kaya akan serat nabati yaitu sebanyak 2,0 gram per 100 gram kangkung.

Selain bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan pada tubuh, seledri juga memiliki kandungan serat sebesar 1,5 gram per 100 gram seledri.

Sayuran ini juga kaya akan serat. Setiap 100 gram kacang-kacangan mengandung 1,2 gram serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baik Untuk Ibu Hamil, Ini Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Sayuran ini memiliki kandungan serat yang cukup sekitar 0,9 gram per 100 gram dan merupakan salah satu makanan sehat rendah kolesterol. Baca juga: 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Ternyata sayur ini memiliki serat yang cukup, yaitu sekitar 0,6 gram serat bila Anda mengonsumsi 100 gram salad hijau ini.

Sayuran yang biasa disebut suki ini merupakan jenis ketimun berwarna hijau tua dan mengandung serat yang cukup banyak, dengan 0,5 gram serat untuk setiap 100 gram ketimun jepang.

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Sayur pahit ini sebenarnya mengandung vitamin C, asam amino, kalsium dan serat dengan kadar 0,8 gram per 100 gram pare.

Makanan Yang Banyak Mengandung Serat, Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah tidak hanya merupakan sumber vitamin yang tinggi, tetapi juga sumber serat alami, bahkan dapat memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada beberapa sayuran.

Banyak orang menyukai buah ini karena rasanya. Buah ini kaya akan kalsium dan serat. Satu buah alpukat mengandung 10 gram serat yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Buah ini rendah kalori, namun kaya vitamin C dan tinggi serat, yaitu 7,3 gram serat per 100 gram daging buahnya.

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan anggur juga mengandung serat yang sangat tinggi. Satu cangkir buah beri ini bisa mengandung 5,5 gram serat.

Makanan Sehat Tinggi Serat Yang Cocok Untuk Diet

Selain banyak nutrisi yang dikandungnya, apel ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yaitu sekitar 4,4 gram per 1 buah apel.

Pir memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan apel, dengan kandungan air yang lebih tinggi. Buah ini mengandung serat sebanyak 3,1 gram per 100 gram buah.

Buah mangga merupakan buah yang mengandung cukup serat, dimana 100 gram buah mangga memiliki kandungan serat sebesar 1,6 gram.

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Buah dengan daging berwarna jingga atau kuning ini juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan, karena mengandung 1,3 gram serat per 100 gram daging buahnya.

Rekomendasi 5 Makanan Kaya Nutrisi Untuk Tubuh Sehat

Selain mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, nanas juga memiliki serat sebanyak 1 gram per 100 gram daging buahnya.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan makanan berserat tinggi. Jangan remehkan ukurannya yang kecil dan sering menjadi makanan tambahan, karena serat yang dikandungnya melebihi kandungan serat sayur dan buah.

Kacang lima adalah jenis kacang asli Amerika Tengah. Kacang ini dimakan sebagai sayuran sehat. Kacang ini mengandung banyak serat, sekitar 19 gram per 100 gram.

Kacang ini sangat terkenal karena mengandung banyak serat, yaitu sekitar 5 gram per 100 gram. Selain itu, kacang pinto juga rendah lemak, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Nutrisi Dalam Sayur Sayuran

Kacang ini biasa digunakan sebagai campuran kue atau dimakan sebagai camilan. Almond mengandung serat sebanyak 12,2 gram per 100 gramnya.

Kacang ini merupakan kacang yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Kacang mengandung serat sebanyak 8,5 gram per 100 gram.

Kacang ini biasanya diolah menjadi tahu, tempe atau susu kedelai. Kedelai mengandung serat sebanyak 4,2 gram per 100 gram.

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Beberapa makanan olahan berbahan dasar gandum juga merupakan makanan yang mengandung serat dalam kadar tinggi. Makanan ini meliputi:

Inilah 6 Makanan Tinggi Serat Bagus Untuk Kesehatan Usus Dan Cegah Diabetes

Karena terbuat dari biji-bijian utuh, oatmeal rendah kalori dan tinggi serat. Makan oatmeal akan membuat Anda lebih cepat kenyang, dan pencernaan akan selalu lancar dan terjaga.

Berbeda dengan roti tawar biasa, roti yang terbuat dari gandum memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.

Mengonsumsi makanan berserat yang cukup akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain mencegah sembelit, menjaga kestabilan kadar gula darah, mengurangi risiko obesitas, menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit jantung koroner, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan lain-lain. stroke, mengurangi risiko terkena wasir, mencegah kanker usus besar, mengurangi risiko kanker kolorektal dan kanker saluran cerna.

Tim editorial berdedikasi untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber tepercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Okezone Edukasi :: Berita Edukasi Seputar Pendidikan Di Indonesia

Artikel ini ditujukan untuk informasi kesehatan saja dan bukan untuk diagnosis medis. kami menyarankan Anda untuk tetap berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Konten ini ditulis atau diulas oleh dokter dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

Tim redaksi berkomitmen untuk menyajikan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Serat merupakan nutrisi penting untuk pencernaan yang baik. Mari temukan berbagai makanan berserat yang baik untuk menurunkan kesehatan.

Buah Yang Tinggi Kandungan Seratnya

Mengonsumsi makanan kaya serat merupakan langkah sederhana untuk memulai hidup sehat. Itu karena nutrisi tersebut bermanfaat bagi tubuh, mulai dari memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan kulit, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Satu buah apel mengandung sekitar 4,4 gram serat. Anda bisa makan dua buah apel setiap hari, di pagi dan sore hari.

Satu piring brokoli mengandung sekitar 5,1 gram serat. Sayuran hijau ini paling baik dikonsumsi mentah (dicuci), direbus atau dikukus.

Namun, jika Anda akan mengukus atau merebus brokoli, pastikan tidak lebih dari 5 menit. Hal ini agar kandungan gizinya tidak hilang.

Kelompok Jenis Makanan Yang Mengandung Protein Nabati

Kacang yang sering ditemukan di restoran Jepang ternyata bisa memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Dalam 100 gram edamame (setara dengan 1 mangkok), terdapat kandungan serat sebanyak 5 gram.

Satu potong roti gandum mengandung sekitar 2,2 gram serat. Kandungan inilah yang membuat roti gandum lebih baik dari roti putih (biasa) pada umumnya.

Ada 2,6 gram serat dalam 100 gram pisang. Pisang hijau atau mentah juga mengandung

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Ada 2,8 gram serat dalam 100 gram wortel. Wortel mudah didapat dan cukup mudah dicerna, menjadikannya sumber serat yang sangat baik.

Pakar Ugm: 8 Kunci Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Tetap Stabil

Bit merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi seperti folat, besi, mangan, tembaga dan potasium. Selain itu, memiliki kandungan serat sebesar 2,8 gram per 100 gram buah bit.

100 gram almond mengandung 13,3 gram serat. Almond juga mengandung lemak baik, vitamin E, mangan dan magnesium.

Alpukat mengandung banyak lemak baik dan kaya akan serat. Ada 6,7 ​​gram serat dalam 100 gram alpukat.

Meski beberapa makanan kaya serat di atas bagus, Anda tetap harus membatasi konsumsinya. Asupan serat yang dianjurkan untuk wanita adalah 25 gram per hari, sedangkan untuk pria 38 gram per hari.

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Untuk Menunjang Diet Sehatmu

Nah, di antara pilihan makanan berserat tinggi di atas, kamu lebih suka yang mana? Jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam menu di siang hari agar segera merasakan manfaat kesehatannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang nutrisi, Anda dapat menggunakan layanan Live Chat di aplikasi untuk berkonsultasi langsung dengan dokter pilihan Anda. Makanan sangat mempengaruhi keadaan organisme kita. Jika kita tidak pintar dalam memilih makanan, mungkin makanan yang kita makan hanya membuat kita kenyang, tapi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu kebutuhan penting tubuh yang perlu dipenuhi adalah serat.Serat umumnya terdapat dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Umumnya, serat terdapat pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Oleh karena itu, tidak heran jika makanan ini berperan penting dalam kesehatan tubuh. Yuk, temukan berbagai makanan yang mengandung serat!

Banyak serat

Makanan Yang Mengandung Banyak Serat

Jenis makanan yang banyak mengandung serat, makanan yang mengandung banyak serat dan protein, buah yang mengandung banyak serat, makanan yang banyak mengandung serat untuk menghindari, makanan yang banyak mengandung serat, sayuran mengandung banyak serat, sayuran yang banyak mengandung serat, makanan yang paling banyak mengandung serat, contoh makanan yang banyak mengandung serat, makanan yang banyak mengandung serat adalah, buah mengandung banyak serat, makanan banyak mengandung serat

Related posts