Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Motif Batik Cirebon Mega Mendung – Apa yang paling menarik dari batik? Warna dan motif, masing-masing daerah juga memiliki ciri khas tersendiri.

Pola dan motif yang berbeda ini, jika dipadukan dan dijadikan pakaian gaya modern, terlihat sangat etnik dan cantik.

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Warna biru merupakan warna asli Mega Mendung yang dimaknai sebagai seorang pemimpin yang harus mampu menjadi pengayom bagi banyak orang, khususnya masyarakat.

Motif & Model Batik Mega Mendung (asal Cirebon)

Walaupun motif awan pada batik ini bercirikan lingkaran, artinya dipengaruhi oleh ragam hias Cina.

Padahal, motif asli Batik Mega Mandung hanya memiliki dua warna primer, yakni biru dan merah, yang sarat makna.

Jadi jika melihat gambar di atas, warna merah dan biru merupakan kesatuan filosofis yang dimaknai sebagai keadaan tenang dan keberadaan langit yang sangat luas.

Warna merah berarti hujan akan segera datang dan siap membasahi permukaan bumi, saat suasana hati sedang resah, resah dan terganggu.

Megamendung Batik Seamless Pattern Hintergrund 665573 Vektor Kunst Bei Vecteezy

Misalnya, komedian dan Tarzan yang berperan sebagai Pak RT dalam sitkom Tetanga Masa Geetu terlihat beberapa kali memakainya.

Meski tidak menghilangkan kesan utama warna Mega Mandung, penambahan warna kuning merupakan tambahan yang dimaknai sebagai sinar kehidupan.

Jika ditelaah bersama, warna coklat merupakan simbol bumi atau tanah yang memberikan kesan nyaman, hangat, dan banyak sisi psikologis dari sejarah Batik Mega Mandung itu sendiri.

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Singkatnya, semoga siapapun yang memakainya menjadi pribadi yang percaya diri dan kuat.

Mewah Dan Penuh Makna, Ini Jenis Jenis Motif Batik Untuk Kerajaan

Di sini asal muasal Batik Mega Mandung sangat menarik karena polanya yang meliuk-liuk dan melingkar, sehingga disimpulkan pengaruh warisan Tionghoa sangat dalam.

Meski saat ini didesain dengan warna cerah yang lebih atraktif, namun tidak mengurangi esensi dalam menyampaikan filosofi kekinian.

Motif Mega Mendung ini mengisyaratkan bahwa keseimbangan alam akan membawa kedamaian bagi pikiran orang-orang di sekitarnya.

Merah jambu atau pink sendiri tercipta karena perpaduan dua warna yang masing-masing melambangkan suatu unsur, yaitu api (merah) dan air (putih).

Batik Mega Mendung Dan Penjelasannya

Seperti yang kita ketahui, warna biru tua dapat diartikan sebagai merangsang kejiwaan, sedangkan warna biru muda dapat meningkatkan level titik konsentrasi seseorang.

Di bawah ini adalah contoh hasil kombinasi pakaian batik yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari Anda.

Bentuk pola yang kaya dan tidak beraturan dengan garis lengkung cocok untuk semua jenis pakaian dan cocok untuk pria dan wanita.

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Bagi yang menyukai warna-warna tua klasik, batik ini direkomendasikan.

Batik Mega Mendung Stock Illustrations

Dipadukan dengan motif liris yang tangguh, sangat cocok untuk menghadiri acara formal atau berdandan sebagai seragam kerja.

Meski memiliki motif floral, Anda bisa tampil maskulin dengan kombinasi motif yang tepat dan warna yang berani.

Dengan kombinasi dan kecerahannya yang modern, Anda dapat mengenakan atasan ini untuk jalan-jalan dan acara informal.

Bahannya katun polos, didesain dengan garis leher V, kancing di bagian depan dan ikat pinggang.

Jual Batik Trusmi Hafiyan Batik Tulis Mega Mendung 3 Dimensi Batik Premium Mega Mendung Batik Wanita Batik Pria Batik Couple Modern Bahan Batik Tulis Batik Murah Batik Seragam Kerja Lebaran Ramadhan Batik

Siapa bilang pria tidak pantas mengenakan batik warna-warni? Perpaduan warna yang tepat pada desain batik megamendung vertikal ini akan membuat Anda terlihat lebih maskulin namun tetap rendah hati.

Lulus dari Fashion School di Jakarta. Dia saat ini bekerja sebagai desainer. Senang berbagi melalui blog pribadi. Fara Nisa hanya 1 Facebook.? Apa arti kata pergaulan dalam arti yang sama, karena mengacu pada hal yang sama yaitu Batik Mega Mandung yang memang menjadi identitas Batik Cirebon yang sudah mendunia. Setiap motif batik megamendung memiliki filosofi yang tinggi bagi pemakainya, yaitu setiap orang harus mampu melampiaskan amarahnya dalam keadaan rendah atau sedih atau dalam keadaan sedemikian rupa sehingga ketika menerima tekanan batin, kita harus mengendalikan sikap, perbuatan. Konteks dan perilaku positif.. Penting untuk memiliki sikap yang bijaksana dalam situasi apa pun, terutama dalam kondisi mendung

(sedih, sedih, galau, dll), seperti awan yang selalu muncul saat cuaca mendung, yang dapat menyejukkan suasana di sekitarnya. Setiap warna yang muncul pada setiap motif batik megamendung melambangkan kepemimpinan yang kuat

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Orang (bijaksana). Ornamen biru menunjukkan warna biru (ciri khas pemimpin) beserta tujuh lapis warna, melambangkan bentuk tujuh lapis langit, serta bumi dengan tujuh lapis tanah dan tujuh harinya. dalam seminggu. Motif batik Mega Mandung memang terkesan sederhana, namun sarat akan makna yang luhur.

Jual Kain Batik Katun Motif Mega Mendung

Perlu diketahui juga bahwa jumlah gradasi warna yang ada saat ini tidak selalu tujuh karena perbedaan kebutuhan pasar, dan ada juga jenis batik megamendung yang tidak memiliki gradasi. Jika kita menghilangkan atau mengurangi gradasi warna, apakah pola batik megamandung akan tercapai? Apakah filosofi ini akan hilang? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menjadi bahan bagi kita sebagai pecinta batik Indonesia. Jika dilihat dari sisi filosofis ini, sama sekali tidak mungkin untuk mereduksi tingkat gradasi warna Batik Mega Mendung, karena akan mereduksi esensi nilai-nilai luhur dari kain Batik Mega Mendung, yang secara tidak langsung akan merugikan itu. budaya bangsa. Jika ada sedikit perubahan motif sebaiknya diberi nama motif lain agar generasi mendatang tidak salah menilai Batik Mega Mendung.

Sejarah motif batik Mega Mendung jika dicermati berdasarkan sumber referensi, buku dan literature yang ada, mengarah pada cerita kedatangan bangsa Tionghoa di wilayah Qirbon yang selanjutnya berkaitan dengan perkawinan Sunan Gunung. Pada abad ke-16, ia ditemani oleh Ratu Aung Tien. Kemudian masyarakat Zirbon mengenal banyak kesenian Cina, seperti piring, keramik, dan tekstil dengan desain berbentuk awan.

Dalam Taoisme, awan melambangkan nirwana sebagai gambaran alam semesta yang luas, abadi, bebas dan memiliki makna transendental sebagai konsep ketuhanan. Awan diwakili oleh para sufi sebagai ungkapan yang serupa, yaitu konsep yang meliputi segalanya dan yang bebas.

Menjadi perhatian para pembatik Cirebon bahwa motif baru bernama motif batik Mega Mendung telah diperkenalkan pada pakaian batik. Salah satu yang membedakan antara motif Batik China dengan Batik Mega Cloudy adalah motif awan yang tercipta dimana motif Batik China memiliki garis awan yang berbentuk lingkaran atau circle, sedangkan Batik Cloudy Cirebon memiliki garis awan yang dalam bentuk lingkaran. . Jadilah tajam, lonjong dan segitiga.

Batik Mega Mendung By Herry10 On Deviantart

Cerita lain menyebutkan bahwa perkembangan batik Cirebon juga terkait dengan sejarah perkembangan gerakan tarekat yang menjadi sumber pendapatan untuk membiayai kelompok tarekat di Keraton Cirebon. Rombongan tinggal di Desa Trusm yang terletak 4 kilometer dari Keraton Cirebon.

Makna lain dari motif batik mega mendung adalah warna biru bercampur merah yang melambangkan kejantanan, kedinamisan, keterbukaan, kesederhanaan dan kesetaraan. Juga sebagai simbol datangnya hujan yang diharapkan membawa kesuburan.

Inilah gambar motif batik Mega Mandung yang kita kenal sekarang ini, jika kita padukan dengan jenis batik lain atau baju polos dengan warna yang kontras, kita bisa menjadi model baju batik modern. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang memiliki berbagai kegunaan dengan sejarah dan filosofinya. Salah satu motif batik yang terkenal adalah motif Mega Mendung Cirebon.

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Motif batik ini memiliki corak yang sangat unik. Bahkan produk batik ini terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan filosofi motif batik Mega Mendung, simak pembahasannya di bawah ini.

Batik Motif Mega Mendung Dan Wadasan: Serupa Tapi Tak Sama

Sejarah kemunculan motif batik Mega Mendung, berdasarkan buku dan literatur yang ada, selalu merujuk pada sejarah kedatangan bangsa Tionghoa di daerah Zirbon.

Hal ini tidak mengherankan karena pelabuhan suku Muara di Cirbon merupakan posko pementasan para pendatang dari dan ke luar negeri.

Dikutip dari Kode-Kode Nusantara: Penjelajahan Ilmu Pengetahuan Terkini dalam Jejak Tradisi di Nusantara Hoki Situngkir, suku Sunan Gunung yang menyebarkan agama Islam ke wilayah Tirbon pada abad ke-16, menikah dengan Ratu Ong Tien dari Cina.

Saat itu, banyak benda seni seperti keramik, piring, dan kain berhias bentuk awan yang didatangkan dari Tiongkok.

Motif Batik Megamendung Gaya Cirebon Pesisir

Dalam Taoisme, bentuk awan melambangkan dunia tertinggi. Bentuk awan merupakan gambaran alam semesta yang luas, bebas dan memiliki makna ketuhanan.

Konsep awan juga berpengaruh dalam dunia seni Islam pada abad ke-16, yang digunakan para sufi untuk menggambarkan alam semesta yang lebih besar atau dunia luar.

Perkawinannya dengan Ong Tien, Ratu suku Sunan Gunung, menjadi pintu gerbang budaya dan tradisi Tionghoa untuk masuk ke Istana Zirbon.

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Para pembatik keraton memasukkan budaya dan tradisi Tionghoa ke dalam motif batik yang mereka buat, namun dengan sentuhan khas Cirebon. Oleh karena itu, ada perbedaan antara motif Cina Mega Mendung dan Cirebon.

Motif Batik Cirebon (filosofi & Harga Terbaru)

Misalnya, pada motif Cina Mega Mendung, garis awannya berbentuk bulatan atau lingkaran, sedangkan pada Zirbon, garis awannya tajam dan berbentuk segitiga.

Sejarah Batik Mega Mendung di Cirebon juga terkait dengan perkembangan gerakan tarekat yang konon berpusat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Awalnya, pembuatan batik dilakukan oleh anggota Tarekat yang bertugas di Keraton Cirebon sebagai sumber ekonomi untuk membiayai kelompok Tarekat.

Pengikut Tarkat tinggal di dalam dan sekitar desa Trusm. Desa ini terletak sekitar 4 kilometer barat daya Circon atau ke arah Bandung. Oleh karena itu, hingga kini Batik Cirebon identik dengan Batik Trusmi.

Shawl, Hand Drawn Batik Mega Mendung On Silk 28×74″

Motif Batik Mega Mendung memiliki filosofi bahwa setiap orang harus bisa menahan amarahnya saat tertekan, sedih atau tertekan.

Sesuai dengan arti namanya yaitu Mega yang berarti awan dan Mendung yang berarti cuaca dingin. Batik Mega Mendung juga memiliki kesan maskulin, lugas, dinamis dan terbuka.

Seiring berjalannya waktu, motif batik megamendung mengalami banyak perubahan dan mulai dipadukan dengan binatang, bunga, dan motif lainnya.

Motif Batik Cirebon Mega Mendung

Selain itu, itu adalah warna aslinya

Belajar Kesabaran Dari Batik Mega Mendung Cirebon

Mega mendung cirebon, motif batik mega mendung, batik mega mendung cirebon, gambar motif mega mendung, kemeja batik mega mendung cirebon, mewarnai motif batik mega mendung, mega mendung dari cirebon, jenis motif batik mega mendung, motif batik mega mendung dari cirebon, motif mega mendung cirebon, batik cirebon motif mega mendung, gambar motif batik cirebon mega mendung

Related posts