Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat – Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah sebuah provinsi di Kepulauan Nusa Tenggara dan terdiri dari beberapa pulau. Ada dua pulau utama di wilayah NTB, yaitu Lombok dan Sumbawa. Masing-masing pulau tersebut memiliki pakaian adat NTB dari dua budaya yang berbeda.

Suku Sasak tinggal di pulau Lombok, dan suku Bima tinggal di pulau Sumbawa. Kedua jenis ini memiliki ciri khas yang berbeda dan khas dari pakaian adatnya. Budyanesia menjelaskan arti dan pentingnya pakaian adat NTB.

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Pakaian adat NTB menjadi salah satu hal yang sering membuat bingung para wisatawan yang pergi ke sana. Karena pakaian adat di daerah ini memiliki ciri khas tersendiri. Masyarakat NTB sangat melestarikan budayanya melalui pakaian adat tersebut.

Pakaian Adat Ntt Berdasarkan Suku Yang Mendiami

Pengecualian pada pakaian adat NTB terdapat pada suku Dayak dan Bima. Kedua suku ini masih menggunakan pakaian adat untuk berbagai acara penting seperti upacara adat, pernikahan dll.

Pakaian adat NTB juga terkenal dengan kain musiknya yang terlihat berkelas dan indah. Hal ini dikarenakan kain merupakan salah satu komponen utama dari pakaian adat NTB. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke NTB untuk melihat keindahan pakaian adat tersebut.

Bagi Anda yang belum tahu, nama dan jenis pakaian Dayak dan Bima NTB adalah:

Pakaian adat Sasak memiliki dua fungsi, yaitu laki-laki dan perempuan. Pakaian tradisional ini memiliki kualitas yang sangat istimewa. Pakaian adat Sasak terbagi menjadi dua jenis, yaitu Pegon dan Lambung. Berikut penjelasannya:

Erick Thohir Pakai Baju Adat Pulau Rote Di Upacara Hut Ke 77 Ri, Ini Maknanya

Pakaian tradisional Pegon dibuat untuk pria. Pegon berasal dari budaya Eropa dan Jawa yang dibawa ke NTB pada zaman dahulu. Pakaian ini berupa jaket hitam yang dipasangkan dengan Wiron yang memiliki bagian bawah nangka terbuat dari kain pelung berwarna hitam.

Selain itu, pakaian adat ini menggunakan beberapa aksesoris seperti Capuq (hiasan kepala mirip udeng Bali) dan Leang (sabuk yang terbuat dari kain yang dijahit dengan benang emas) dan keris yang diikatkan di bagian belakang ikat pinggang. .

Dalam kebanyakan kasus, orang yang terlibat dalam budaya suku ini menggunakan selendang hitam, merah, dan putih sepanjang empat meter yang disebut umbak.

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Busana adat Lambung merupakan busana adat wanita di NTB. Pakaian adat Lambung digunakan untuk menyambut tamu. Pakaian tersebut juga dikenakan pada saat upacara adat yang disebut Mendakin atau Nyongkol.

Gadis Asal Masbagik Dinobatkan Sebagai Duta Lingkungan Ntb 2021

Busana ini berupa kemeja hitam berlengan V-neck. Keistimewaan dress ini adalah bagian jahitannya yang mengembang. Selanjutnya, Hull juga memiliki syal Ragi Genep di bahu kiri dan kanannya.

Beberapa barang yang digunakan pada pakaian adat Lambung adalah gelang dan gelang perak, anting-anting berbentuk lingkaran yang terbuat dari daun lontar. Lalu, ada juga bunga yang dibungkus seikat rambut oleh Arbor Pliset.

Bagian bawah baju adat Lambung menggunakan sehelai kain panjang yang dililitkan di pinggang. Setelah itu dibuat juga ikat pinggang atau sebentuk kain yang ujungnya ke kiri disebut sabuk anteng.

Pakaian adat suku Bima disebut Rimpu. Pakaian ini berbentuk seperti hijab atau mukena. Rimpu terdiri dari dua bagian, yaitu menutupi kepala dan perut serta menutupi perut dan kaki.

Inilah 34 Pakaian Adat Tradisional Di Indonesia

Seperti pakaian adat lainnya, Rimpu memiliki dua fungsi, yaitu Rimpu Cili untuk wanita yang belum menikah dan Rimpu Colo untuk wanita yang sudah menikah. Rimpu Cili digunakan untuk menutupi seluruh bagian tubuh (kecuali mata), kemudian Rimpu Colo menutupi seluruh bagian tubuh (kecuali wajah).

Pria menggunakan ikat kepala yang terbuat dari kain tenun atau sambolo. Kain ini dipakai di ujung dan di sekitar kepala. Pakaian adat suku Bima untuk gunung ini bentuknya sama dengan baju panjang panjang. Saat ini, untuk bawahannya menggunakan lagu sarung berjudul Tembe Me’e.

Busana pengantin adat NTB berasal dari suku Sumbawa. Pakaian adat Sumbawa juga dibuat dari kain musik. Kain songket biasanya menggunakan benang emas dan perak atau disebut Selungka.

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Pakaian adat mempelai pria disebut Gadu. Bajunya seperti baju hitam panjang berhias cepa (bunga) emas. Lalu, ada juga kain berwarna merah yang disebut Simbaga dengan bunga-bungaan berwarna di atas baju.

Mengenal Keunikan Dan Aneka Macam Baju Adat Ntt

Bagian bawahnya sendiri menggunakan celana berwarna hitam dengan bordiran di pinggir celana. Celana ini juga dipadukan dengan Tope yaitu rok yang terbuat dari kain merah lembut dan dihiasi cepa emas berukuran besar. Lumpur menjadi seperti sabuk emas.

Pengantin wanita mengenakan pakaian adat yang disebut Lamung Naju. Pakaian adat ini merupakan ciri warisan dari keluarga bangsawan. Lamung Naju berlengan pendek dengan model bodo sulawesi berbahan kain lembut. Selanjutnya ada ornamen emas dengan pola sepa.

Di bahu kirinya terdapat selendang berhias daun yang terbuat dari benang perak atau emas. Detail ini sering disebut Kida Sanging. Untuk penontonnya memakai rok panjang atau Tope Belo dan rok pendek bernama Tope Pene yang dihiasi motif floral.

Selain itu, mempelai wanita juga mengenakan hiasan kepala bernama Sua yang dihiasi dengan bunga terbang. Kemudian ada Puyung Lakang atau sanggul rambut, menggunakan beberapa perhiasan seperti anting-anting, kalung dan paku emas seperti paku panjang yang digunakan sebagai sepatu.

Daftar Nama Pakaian Adat Dari Setiap Provinsi Yang Ada Di Indonesia

Busana adat NTB tidak hanya dikenakan oleh pria dan wanita dewasa, namun anak-anak juga bisa menggunakannya. Saat ini sudah banyak sanggar atau tempat persewaan pakaian adat NTB untuk anak-anak.

Anda dapat menemukannya secara online atau di platform pasar. Harga sewa pakaian NTB untuk anak bervariasi mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Dalam banyak hal, anak-anak membutuhkan pakaian adat untuk merayakan hari nasional, seperti Hari Kartini.

Pakaian adat NTB merupakan budaya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Oleh karena itu, masyarakat NTB sangat peduli dengan budayanya agar diakui dunia. Selain itu, Anda akan merasakan budaya NTB melalui pakaian internasionalnya. Alasannya adalah koneksi utas tidak harus dikonfigurasi dengan cara yang sama.

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Di Nusa Tenggara Barat yang merupakan daerah yang terdiri dari dua pulau yaitu Lombok dan Sumbawa dengan suku yang berbeda terdapat filosofi berbusana berdasarkan aturan adat. Baju adat beda warna di NTB, ini yang perlu kamu ketahui.

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Sasak, Fahri Singgung Kekalahan Di Ntb

Rimpu adalah pakaian adat suku Dompu. Pakaian ini dikenakan secara eksklusif oleh wanita dan dibedakan berdasarkan status dan status sosialnya. Untuk wanita yang sudah menikah memakai Rimpu Colo. Dan yang belum menikah disebut Rimpu Mpida.

Rimpu adalah selendang tradisional Dompu dengan dua sarung. Pakaian tradisional ini secara logis dipahami sebagai pakaian pelindung, hormat, dan pribadi.

Pakaian adat yang dikenakan pria Dompu disebut Ketente Tembe. Pakaian seperti itu sering dipakai di lapangan. Bentuk celana pendek terbuat dari bahan kain. Kecuali Ketente Tembe, laki-laki suku Dompu setiap hari memakai baju coco.

Kain kebaya disebut Lambung. Busana adat NTB yang harus anda ketahui adalah jenis cabayo pinggang dengan lengan pendek. Keistimewaan dari dress ini adalah warna utamanya hitam dan dipotong dengan kerah berbentuk V.

Gambar Dan Nama Pakaian Adat Tradisional Dari 33 Provinsi Di Indonesia ( Artikel Lengkap )

Aksesoris berupa anting bulat. Ditutupi dengan daun palem perak. Pakaian adat Lambung suku Sasak terdiri dari gelang tangan dan pinggang.

Pakaian adat Pegon dikenakan oleh pria suku Sasak. Pada potongan atas, gaun ini dipengaruhi oleh budaya Jawa dan mode Eropa. Lantainya ditutupi dengan kain lagu, juga dikenal sebagai Leang atau Dodot, diisi dengan jaggery. Bagian bawahnya juga dilapisi dengan kain Wiron. Panjang pergelangan kaki.

Kain tenun memiliki warna campuran. Filosofi pakaian adat suku Sasak NTB khususnya bagian Wiron merepresentasikan kesopanan. Membungkus kepala atau disebut Sapuk menunjukkan rasa hormat kepada Tuhan Yang Maha Pencipta dan menjaga kebersihan pikiran.

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Setelah itu pakaian adat berwarna hitam dan tidak bernada. Untuk wanita, warna hitam, hitam, hitam dan ungu dikenakan.

Daftar Terbaru 37 Pakaian Adat Indonesia, Aceh Hingga Papua

, merah digunakan untuk warna-warna cerah, terutama untuk anak perempuan. Sedangkan warna kuning dan hijau dikenakan oleh wanita bangsawan.

Penurut poro memakai sarung palek bergaris atau kotak-kotak. Mereka dikenakan di sekitar pergelangan kaki dan dipasangkan dengan gelang dan anting-anting.

Di Bima, mempelai wanita mengenakan pakaian adat yang disebut Poro Rante. Ini memiliki warna merah cerah dan penampilan bunga emas. Mereka sering dikombinasikan dengan songket bermotif bunga kakando, samobo atau satako atau tembe songke. Mengatakan kata

, mempelai wanita sering membawa selendang sutra atau selendang berhias benang perak. Juga hiasan kepala yang disebut kembang berayun atau Jungge Dondo.

Mulai Hari Ini, Pakaian Adat Jadi Salah Satu Pakaian Dinas Resmi Di Manggarai Barat

Pasangi adalah nama pakaian adat yang dikenakan oleh pengantin dari suku Bima. Gaun ini memiliki lengan panjang berwarna merah, ungu atau hitam. Untuk pengantin kerajaan berwarna hijau atau kuning. Gaun ini terlihat cantik karena dijahit dengan benang emas atau perak.

Celana dalam yang dikenakan dengan celana panjang, Sorowa Dondo juga dihiasi dengan benang emas atau perak. Kain songket digunakan untuk sarung yang dikenakan di atas lutut. Sepasang bermotif biasanya dikenakan oleh pengantin wanita. Aksesoris yang dikenakan mempelai pria adalah ikat pinggang, keris dan selendang kuning atau Pasapu Monca.

Donggo adalah nama salah satu suku di Kabupaten Bima. Pakaian adat masyarakat adat biasanya berwarna hitam. Pakaian yang sama dikenakan di pemakaman. Sabuk Salongo dari anyaman benang katun.

Pakaian Adat Nusa Tenggara Barat

Untuk anak laki-laki, benang katun yang digunakan berwarna hitam dengan garis-garis putih. Pola leher gaun itu unik

Jokowi Datang Ke Gedung Mpr Pakai Baju Adat Paksian Dari Bangka Belitung, Apa Maknanya?

Pakaian tradisional nusa tenggara barat, pakaian adat nusa tenggara, pakaian adat nusa tenggara timur, adat nusa tenggara, pakaian nusa tenggara, adat nusa tenggara timur, gambar rumah adat nusa tenggara barat, pakaian nusa tenggara timur, nama pakaian adat nusa tenggara barat, gambar pakaian adat nusa tenggara barat, pakaian adat asia tenggara, pakaian adat maluku tenggara

Related posts