Pengertian Domain Hosting Dan Website

Pengertian Domain Hosting Dan Website

Pengertian Domain Hosting Dan Website – Sebelum membahas ketiga pengertian di atas, saya sarankan Anda membuat analogi. Hal ini karena untuk menggambarkan dunia maya, terlebih dahulu harus dihubungkan dengan dunia nyata. Analogi sederhana untuk membandingkan ketiga hal di atas adalah ketika ingin membangun rumah. Dalam hal ini tanah dibutuhkan untuk membangun rumah. Selanjutnya, Anda harus memberikan alamat rumah Anda agar orang lain dapat dengan mudah mengingat di mana Anda tinggal.

Lalu apa hubungan antara domain, hosting dan website pada analogi di atas?Apa hubungan antara SSL dengan ketiga hal di atas?Beri tahu saya.

Pengertian Domain Hosting Dan Website

Pengertian Domain Hosting Dan Website

Menggunakan analogi yang telah dijelaskan di atas, saat membangun rumah, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah lokasi rumah agar mudah ditemukan. Dalam hal ini, rumah yang kita bangun memang akan memiliki alamat, dan jika ada yang mencari rumah kita, alamat inilah yang menjadi tujuan masa depan mereka. Jadi saya membandingkan alamat dengan nama domain. Domain adalah huruf atau angka unik yang dapat digunakan sebagai alamat referensi untuk mengunjungi website kita. Misalnya, alamat domain situs web adalah nama saya sendiri, Okta Priyana, dengan ekstensi .com, yang digabung menjadi .

Pengertian Domain, Hosting, Dan Website Serta Hubungannya Dengan Ssl

Bagaimana cara memilih nama domain? Sobat yang ingin membeli nama domain harus ingat bahwa nama domain harus terkait dengan jenis bisnis atau nama bisnis yang harus diperhatikan saat membeli nama domain, setelah nama domain dibuat, tidak dapat diubah secara permanen. Mengenai ekstensi yang digunakan untuk membuat domain, kami lebih memilih ekstensi standar global di sini, bahasa Indonesia .com atau .id. Selain kedua ekstensi tersebut, masih banyak lagi yang tersedia (.ac.id, .sch.id, .or.id, .my.id, dll.). , .org, .store, .club, .info, .online, .art dll.

Setelah membandingkan letak rumah sebagai domain selanjutnya, kami membandingkan tanah rumah kami. Untuk membangun rumah, Anda membutuhkan tanah yang sudah memiliki alamat rumah yang akan Anda bangun. Ukuran/luas tanah menentukan besar kecilnya rumah yang kita bangun. Tanah yang saya hosting, ukurannya mempengaruhi ketersediaan masing-masing. Katakanlah Anda seorang fotografer dan ingin membuat situs web untuk menyimpan foto portofolio Anda. Tentu saja, Anda memerlukan hosting/tanah untuk menampung semua foto yang Anda ambil di situs web Anda. Pada titik ini, Anda tahu apa artinya hosting. Hosting adalah sebuah ruangan atau tempat dimana Anda dapat menyimpan data website berupa teks, video, gambar, musik atau dokumen.

Selain mempertimbangkan luas tanah dan letak tanah untuk membangun rumah, tentunya juga memperhatikan desain rumah. Jadi desain rumah yang akan kita bangun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan kita. Tentu saja, desainnya tidak boleh ceroboh. Sekarang saya membandingkan rumah saya dengan sebuah situs web. Sebuah rumah berdiri di atas tanah dengan alamat tertentu. Demikian pula, situs web dihosting di alamat domain tertentu. Dalam hal desain website tentunya seperti membangun sebuah rumah, website seperti apa yang akan dibangun kedepannya akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Harus mudah dilihat dan digunakan oleh pengunjung (user-friendly), dan menu mana yang dikandungnya berdasarkan fungsinya.

Terakhir, setelah rumah kita jadi, hal yang perlu kita perhatikan adalah melindungi rumah kita dari kejahatan, dalam hal ini pencurian. Untuk melindungi rumah Anda dari kejahatan, Anda memerlukan pagar di sekitar rumah Anda, serta kamera keamanan yang memantau aktivitas kriminal yang terjadi di rumah Anda. Melalui analogi ini, situs web dikenal dengan nama SSL (Secure Sockets Layer). Ini adalah jalur terenkripsi atau hubungan ke pagar keamanan antara server Anda dan browser web pengunjung situs web Anda. Cegah pengunjung mencuri data di website yang kita bangun.

Pengertian Hosting Dan Domain

Dari keempat hal tersebut di atas, Domain, Hosting, Website, dan SSL sangat erat kaitannya dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Jika salah satunya hilang, website yang kita buat belum 100% selesai. Demikian artikel yang saya buat, semoga bermanfaat bagi para pemula yang baru ingin membuat website, jika ada pertanyaan jangan berkomentar di bawah, terima kasih. Setiap komputer di komputer Anda memiliki alamat IP (alamat IP). Namun, alamat IP adalah rangkaian angka yang sulit diingat. Oleh karena itu ide nama domain.

Domain, atau nama domain, adalah alamat situs web yang ditulis pengguna internet di bilah URL untuk mengakses alamat komputer server Anda dengan mudah. Sebagai contoh:

Saya butuh website yang bisa dibuka. Situs web itu disebut hosting. Untuk memiliki domain, Anda harus mendaftarkan nama domain Anda ke pendaftar domain.

Pengertian Domain Hosting Dan Website

Saat berselancar di web, kita sering menemukan istilah nama domain dan hosting. Terkadang Anda bingung membedakan antara domain dan hosting, terutama jika Anda sedang belajar membuat website. Artikel ini menjelaskan beberapa hal yang dapat Anda pelajari tentang domain dan hosting.

Apa Itu Domain Dan Hosting (kelas Pemula)

Domain dibandingkan dengan alamat. Setiap komputer yang saling terhubung memiliki alamat IP (alamat IP). Namun, alamat IP sulit diingat sebagai rangkaian angka. Maka lahirlah ide nama domain. Padahal, nama domain itu sendiri adalah semacam alat pengingat, yang memudahkan orang mengakses alamat komputer di Internet dalam bentuk rangkaian angka. Dengan kata lain, domain adalah alamat berupa nama domain sebagai pengganti alamat IP komputer server yang diakses.

Nama domain dibagi menjadi beberapa jenis seperti .com, .net, dan .org, yang disebut TLD (Top Level Domains) sesuai dengan sufiks atau kata nama domain yang berbeda. Ada dua jenis domain tingkat atas (TLD): domain tingkat atas generik (gTLD) dan domain tingkat atas kode negara (ccTLD).

GTLD adalah domain berakhiran .com, .net, .org, ccTLD adalah TLD khusus negara seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id, dll) atau Jepang dengan Kode jp (co . jp, ne.jp atau .jp, dll.).

Hosting adalah tempat Anda menyimpan data digital seperti teks, gambar, dan video, yang semuanya nantinya akan muncul di website Anda. Situs web perusahaan, situs web pribadi, situs web blog, dll. Situs web apa pun yang Anda harapkan memiliki akses massal online harus dihosting atau disimpan di media penyimpanan online. Demikianlah apa yang dimaksud dengan hosting. Ada banyak host yang tersedia di Internet saat ini. Dari berbayar hingga gratis.

Domain Dan Hosting

Shared hosting adalah istilah yang digunakan untuk layanan hosting web di mana banyak situs web berbagi sumber daya dari server web besar. Hosting web bersama adalah opsi hosting web termurah dan paling terjangkau, termasuk VPS dan server khusus.

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan paket web hosting yang menyediakan sumber daya khusus untuk satu klien di server khusus. Server khusus tidak berbagi sumber daya dengan klien lain, melainkan berjalan secara independen sebagai klien tunggal atau pengguna utama.

VPS hosting adalah singkatan dari virtual private server hosting. VPS hosting menyediakan pelanggan dengan mesin virtual. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting, dimana Anda bisa menjalankan beberapa situs dalam satu komputer server. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap akun diperlakukan sebagai mesinnya sendiri dengan sumber daya khusus. Hosting VPS lebih tinggi dari hosting bersama, tetapi masih lebih rendah dari server khusus.

Pengertian Domain Hosting Dan Website

Cloud hosting adalah teknologi terbaru yang tidak dimiliki oleh beberapa penyedia web hosting di internet. Cloud hosting merupakan salah satu jenis hosting yang menggunakan konsep cloud computing, tidak hanya mengandalkan satu server, melainkan menggunakan server dalam jumlah besar yang tersebar di berbagai lokasi dan negara, sehingga cepat dan aman. Saat ini, cloud hosting banyak digunakan oleh pengembang situs web untuk uji coba sistem dan persewaan kepada klien. Server Cloud Indonesia: Tips Sebelum Migrasi Server Feb 19, 2020 Domain Manager (Host Cara Merubah Data Pribadi Anda di Controls Feb 19, 2020

Domain Gratis, Lengkap Dengan Pengertian Dan Manfaatnya

Web Hosting Indonesia Terbaik – Siapa pun yang ingin memasuki ruang web harus memahami apa itu hosting, atau terkadang disebut web hosting. Web hosting sendiri sangat erat kaitannya dengan web space yang akan kita bahas nanti.

Jadi, mereka adalah layanan internet yang fungsinya untuk menyewakan tempat menyimpan berbagai jenis data atau file yang dibutuhkan jaringan. Data di sini berarti gambar, email, aplikasi, database, dll.

Dengan kata lain, bayangkan web hosting seperti mal dan situs web Anda seperti kios yang menyewa tempat di bagian mal. Pusat perbelanjaan menawarkan berbagai jenis fasilitas yang dibutuhkan oleh penyewa toko dan kios. Demikian juga, web hosting menyewakan ruang untuk pengguna web.

Menggunakan web hosting sendiri adalah tentang memudahkan pengguna web untuk menyimpan data yang mereka butuhkan untuk web yang mereka kelola. Selain itu, web hosting dapat menyimpan email, menyimpan informasi di Internet, menyimpan video, menyimpan gambar, dan menggunakannya.

Pengertian Hosting Dan Domain Serta Detail Lainnya Yang Perlu Diketahui

Pengertian domain dan hosting, website yang menyediakan pelayanan domain dan hosting disebut website, cara membuat website dengan domain dan hosting gratis, website domain and hosting, pengertian web hosting dan domain, website domain dan hosting gratis, pengertian domain subdomain dan hosting, apa pengertian hosting dan domain, jelaskan pengertian domain dan hosting, pengertian domain hosting, free website hosting and domain, cara membuat website setelah membeli domain dan hosting

Related posts