Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan – – Salah satu aplikasi yang paling umum di dunia bisnis adalah Microsoft Excel. Aplikasi ini digunakan untuk mengolah data dan angka. Sebelum memasuki dunia bisnis, Anda harus terlebih dahulu memahami rumus-rumus Excel. Pasalnya, tidak sedikit pekerjaan yang membutuhkan kandidat untuk menguasai aplikasi.

Tidak perlu khawatir karena pada tutorial kali ini Anda akan mempelajari rumus-rumus dasar Excel yang paling umum digunakan dalam dunia bisnis. Jadi jangan lewatkan kesempatan bagus ini. Silahkan baca dan pahami rumus Excel atau rumusnya saja disini.

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Sebelum kita terlalu jauh ke dalam pembahasan, mari kita kenali dulu rumus-rumus Excel. Definisi rumus di Microsoft Excel adalah cara untuk mengeksekusi perintah yang dimulai dengan tanda = atau sama dengan.

Cocok Bagi Pemula, 7 Rumus Excel Yang Wajib Diketahui Ini Seringkali Digunakan

Rumus Excel dibagi menjadi dua jenis, yaitu rumus dan fungsi. Apa perbedaan di antara mereka? Berikut penjelasannya.

Rumus dan fungsi sama-sama penting di Excel. Anda tidak dapat memilih yang terbaik dari keduanya. Umumnya, rumus digunakan untuk perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, dan pembagian.

Fungsi digunakan untuk mengeluarkan perintah yang termasuk dalam kategori yang diperluas. Contohnya adalah mencari nilai rata-rata dari data. Pada dasarnya, fungsi dirancang untuk memudahkan pengguna menggunakan rumus yang rumit.

Rumus atau fungsi atau rumus excel dapat dibandingkan dengan menggunakan toolbar atau toolbar. Pasalnya, banyak tools atau alat yang dapat mempermudah pekerjaan Anda dan tentunya membantu Anda mengatasi berbagai masalah.

Fungsi Rumus Devsq Pada Excel Yang Perlu Kita Pelajari

Manfaat pertama adalah hasil perhitungan yang akurat. Saat menghitung data dalam jumlah besar secara manual, kemungkinan kesalahan atau kelalaian tinggi.

Rumus atau fungsi digunakan untuk mendapatkan hasil perhitungan yang lebih akurat. Komputer memiliki perhitungan yang lebih baik dan lebih akurat daripada manusia. Oleh karena itu, kehadiran fungsi ini memang bisa mengurangi berbagai kesalahan dalam perhitungan.

Tidak hanya untuk keperluan fungsional seperti perhitungan yang tepat, fungsi ini juga membantu Anda menampilkan data. Visualisasi atau penyajian data bisa menjadi sangat menarik dengan menggunakan fungsi.

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Jika Anda harus mengolah data dalam jumlah besar dan banyak, data ini bisa menjadi tersebar. Ada kemungkinan data tersebar dan tidak terhubung dengan data lain yang sejenis/

Panduan Belajar Excel Untuk Para Pemula

Hilangnya informasi ini akan membuat pekerjaan Anda lebih sulit. Jadi, Anda memerlukan bantuan fungsi untuk mengatur data Anda. Contohnya termasuk mengurutkan data dari nilai terendah hingga tertinggi atau mengelompokkan data berdasarkan kategori tertentu.

Jelas, pemrosesan data manual memakan waktu. Di sinilah manfaat fungsi atau rumus Excel nyata ikut berperan. Fungsi dapat dilakukan secara otomatis. Terkadang Anda perlu menulis satu rumus dan menerapkannya ke ribuan baris data.

Oleh karena itu, waktu untuk mengolah data jauh lebih singkat. Pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Jadi Anda bisa melakukan sesuatu yang lain.

Bekerja dengan rumus di Excel sangat praktis. Anda harus memilih atau memasukkan formula yang diinginkan. Petunjuk penggunaan rumus kemudian akan langsung muncul. Anda harus mengikuti instruksi yang diberikan.

Rumus Excel Untuk Admin Yang Harus Dipelajari

Anda dapat memilih beberapa data sekaligus untuk memasukkan formula. Data tersebut kemudian akan diproses. Tidak akan memakan banyak waktu, Anda akan segera mendapatkan hasil dari penggunaan rumus.

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat rumus Excel, Anda juga harus memahami cara menggunakannya. Sebuah fungsi atau rumus sederhana biasanya terdiri dari 3 komponen utama beserta bagian-bagiannya.

Untuk menggunakan rumus Excel, Anda bisa mengetikkannya ke dalam sel. Namun syaratnya adalah harus mengingat rumus yang akan digunakan. Jika Anda seorang pemula dan tidak mengetahui rumus Excel, ada cara mudah untuk berlatih. Ini dia.

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Setelah mengklik tombol enter, hasilnya akan langsung muncul di kotak. Ini akan terjadi jika Anda memasukkan data yang benar ke dalam fungsi. Jika terjadi kesalahan, dialog kesalahan akan muncul.

Rumus Microsoft Excel Apa Saja Yang Wajib Dikuasai Lulusan Baru?

Jika kesalahan seperti itu terjadi, Anda perlu menemukan bagian fungsi yang salah dan mencoba lagi.

Excel memiliki ratusan rumus atau fungsi. Di antara ratusan fungsi tersebut, terdapat 17 fungsi yang paling banyak digunakan di dunia kerja.

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap mengenai rumus-rumus penting yang perlu Anda pahami. Semua rumus yang dijelaskan di bawah ini memiliki aplikasi sederhana. Oleh karena itu, sering digunakan untuk pengolahan data dalam dunia bisnis.

Rumus Excel pertama yang harus Anda pahami adalah SUM. Fungsi rumus ini adalah untuk menambahkan angka pada sel yang Anda pilih. Sel kosong akan diabaikan.

Daftar 15 Rumus Excel Yang Sering Digunakan Di Dunia Kerja, Fresh Graduate Wajib Pelajari

Seperti SUM, rumus hitungan Excel ini berguna untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka dari rentang yang Anda pilih. Seperti halnya SUM, sel yang kosong atau tidak memiliki angka akan diabaikan.

Setelah memasukkan rumus, tekan Enter dan hasilnya akan muncul. Menggunakan rumus di atas, Anda mendapatkan 17.

COUNTA sebenarnya sangat mirip dengan COUNT. Perbedaan di antara mereka sangat halus. Jika Anda dapat menggunakan COUNTA untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, maka COUNTA dapat menghitung jumlah sel yang berisi angka atau karakter lain.

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Jadi jika ada huruf di dalam sel, maka akan dihitung juga. Format entri untuk rumus Excel COUNTA adalah sebagai berikut:

Rumus Excel Sering Digunakan & Cara Penggunannya

Sedang adalah kata bahasa Inggris ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Seperti namanya, fungsi ini juga berguna untuk menghitung nilai rata-rata angka dalam suatu rentang sel.

Rumus Excel MIN dan MAX adalah dua hal yang berbeda. Karena sering digunakan bersamaan, kali ini akan dijelaskan secara bersamaan. Formula MAX digunakan untuk menentukan nilai terbesar dalam kumpulan data.

MIN kebalikan dari MAX. Anda dapat menggunakan rumus ini untuk menemukan nilai terkecil dalam kumpulan data. Sebagai contoh, lihat tabel di bawah ini.

Sekarang mari kita bahas rumus Excel yang sedikit lebih rumit dari rumus 5 di atas. Kali ini nama fungsi di posisi keenam adalah IF. Fungsi ini sangat penting dan sering dibutuhkan saat mengolah data.

Ini Contoh Buku Kas Umum Yang Biasa Digunakan!

Anda bisa menggunakan rumus IF Excel untuk mengambil atau mengenali data berdasarkan logika tertentu. Umumnya, rumus ini digunakan untuk menentukan apakah informasi itu benar atau salah.

Kemungkinan besar terjadi kesalahan saat memasukkan data. Salah satu kesalahan paling umum adalah memiliki terlalu banyak ruang. Kesalahan ini mungkin kecil dan minor. Namun, dalam beberapa kasus pemrosesan data ini mungkin gagal.

Di sini Anda memerlukan rumus TRIM untuk menghilangkan ruang ekstra ini. Contoh spasi berlebihan termasuk spasi ganda, spasi di akhir kalimat, dan spasi di awal kalimat.

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

DAN adalah salah satu rumus Excel yang termasuk dalam kategori logika. Anda dapat menggunakan ini untuk menentukan apakah sel memiliki nilai Benar atau Salah. Contoh rumusnya adalah sebagai berikut.

Rumus Excel Yang Sering Dipakai Data Analyst

Berdasarkan rumus di atas, nilai A1 akan benar atau salah jika kedua syarat terpenuhi, yaitu lebih besar dari 10 dan lebih kecil dari 20. Jika salah satu dari kondisi tersebut tidak terpenuhi, maka hasilnya salah atau false.

Dengan rumus Excel yang berasal dari grup logis. Kali ini ada OR yang fungsinya untuk menentukan isi sel valid atau tidak. Pada diagram, fungsinya sama dengan Dan.

Namun pada OR ini, nilai sel akan benar jika salah satu dari kedua kondisi tersebut benar. Contoh penggunaan rumus adalah sebagai berikut.

Jika nilai sel A1 adalah 25, hasilnya benar atau salah. Alasannya, angka 25 memenuhi salah satu kriteria yang ditentukan, yaitu lebih besar dari 10.

Rumus T Excel Lengkap

Rumus Excel NOT memiliki properti yang berbanding terbalik dengan AND dan OR. Jika nilai sel tidak memenuhi kondisi yang ditentukan dalam rumus, itu akan menjadi BENAR. Bingung? Pertama lihat contoh untuk dipahami.

Hasil yang didapatkan adalah BENAR karena 25 tidak memenuhi syarat bahwa nilai A1 harus lebih besar dari 30. Bisakah Anda mengetahuinya?

Fungsi LEN berguna untuk menghitung karakter dalam sel. Hanya angka dan huruf yang tidak dihitung di sini. Konjungsi dan berbagai tanda baca juga akan dikenali dan dihitung sebagai karakter.

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Untuk mendapatkan jumlah karakter seperti gambar di atas, Anda perlu mengetikkan rumus =LEN(A2) lalu tekan Enter. Jika demikian, Anda dapat menyalin rumusnya.

Rumus Excel Dasar Yang Sering Digunakan Di Perusahaan

Nama fitur ini benar-benar dapat menggambarkan kegunaannya. AREAS digunakan untuk menentukan jumlah area yang Anda pilih. Format penggunaan rumusnya tidak terlalu rumit.

HLOOKUP terlihat rumit. Tapi jangan salah, rumus Excel ini bisa mempermudah pekerjaan Anda jika Anda tahu cara menggunakannya.

Formula tunggal ini berfungsi untuk mengambil data yang disusun secara horizontal. Misalnya, Anda menawarkan beberapa produk dengan biaya layanan dan harga yang berbeda. Setiap pelanggan memilih produk yang berbeda, jadi Anda memerlukan HLOOKUP untuk memproses data.

Seperti HLOOKUP, rumus VLOOKUP Excel adalah rumus yang berguna untuk mengekstraksi data dari subtabel yang disusun secara vertikal. Konsep dan pengoperasiannya sama dengan HLOOKUP.

Fungsi If Dalam Rumus Excel Dan Cara Menggunakannya, Cocok Untuk Mengolah Data

Dengan demikian, kode atau nama produk pada tabel utama akan cocok dengan kode atau nama pada tabel tambahan. Selanjutnya, data yang diperlukan akan ditransfer ke tabel utama. Format penggunaan rumus adalah sebagai berikut.

Seperti HLOOKUP, pergeseran yang dapat disalin juga harus mutlak. Untuk mempelajari cara membuat rumus Excel menjadi absolut, tekan F4 setelah memilih area yang akan diganti.

Fungsi CHOOSE sangat mirip dengan VLOOKUP dan HLOOKUP, tetapi lebih dari itu

Rumus Excel Yang Biasa Digunakan Di Perusahaan

Rumus excel yang sering digunakan di perusahaan, excel yang biasa digunakan admin, rumus perkalian di excel, rumus excel yang sering digunakan di kantor, rumus pajak di excel, rumus excel yang sering digunakan di perusahaan pdf, rumus tambah di excel, rumus rumus di excel, rumus yang sering digunakan di excel, rumus excel yang biasa digunakan admin, rumus mengurangi di excel, rumus pembagian di excel

Related posts