Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2

Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2

Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2 – Mulai 7 November 2022, berbagai transaksi online dapat dilakukan melalui MiAccount, dan Customer Service Indonesia akan membantu transisi ke MiAccount. Daftar sekarang di mi-account./register. Keterangan lebih lanjut.

Saat ini, diabetes merupakan penyakit yang mengancam kesehatan penduduk dunia, termasuk Indonesia. International Diabetes Federation (IDF) mengungkapkan bahwa setidaknya 537 juta orang dewasa berusia 20-79 tahun akan terdiagnosis diabetes pada tahun 2021. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 783 juta pada tahun 2045.

Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2

Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2

Menurut Kementerian Kesehatan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di Asia Tenggara, dengan jumlah 10,7 juta orang. . Penyakit yang juga dikenal dengan penyakit diabetes ini merupakan hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Nah, artikel berikut ini akan membantu Anda untuk lebih memahami tentang diabetes, jenis diabetes, penyebab diabetes dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini. Dengan mendidik diri sendiri, Anda dapat mengelola risiko dan memberikan perlindungan tambahan untuk diri sendiri dan orang di sekitar Anda.

Aktivitas Fisik Berpengaruh Pada Kadar Gula Darah

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah seseorang. Diabetes dapat merusak organ, yang dapat mengancam kehidupan dan kualitas hidup pasien.

Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya diabetes, seperti pola hidup yang buruk, ketidakseimbangan hormon, dan gagal ginjal. Namun, jenis diabetes yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah diabetes melitus (DM).

Diabetes Mellitus adalah penyakit yang terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi dan menggunakan insulin dengan baik. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas yang mengontrol kadar gula darah. Ketika diabetes berkembang, itu dapat merusak organ dan jaringan lain di dalam tubuh. Komplikasi diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf, kerusakan ginjal, serangan jantung, stroke, kebutaan, amputasi, dan kematian.

Diabetes jenis ini disebabkan oleh kerusakan sel beta pankreas, yang mencegah tubuh memproduksi insulin. Injeksi insulin jenis ini biasanya dibutuhkan secara eksternal.

Diabetes Melitus, Apa Dan Bagaimana ?

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang paling umum pada manusia. Prevalensinya mencapai 90%-95% dari semua kasus menurut data dari CDC. Diabetes terjadi ketika sekresi insulin berkurang karena obesitas dan faktor lain yang menyebabkan resistensi insulin.

Itu terjadi selama kehamilan hingga kelahiran, biasanya pada bulan kedua atau ketiga. Diabetes gestasional terjadi ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk mengontrol kadar glukosa (gula) darah selama kehamilan. Kondisi ini merupakan komplikasi kehamilan yang serius bagi kesehatan ibu dan bayi, sehingga penting bagi ibu untuk waspada.

Dampak penyakit diabetes mengancam baik lansia maupun lanjut usia. Faktanya, diabetes saat ini dapat menyerang siapa saja, termasuk dewasa muda dan anak-anak. Diabetes remaja bisa tipe 1 atau tipe 2, yang bisa menyerang anak di bawah usia 18 tahun. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, antara lain obesitas pada remaja dan anak-anak, kurangnya makanan sehat, serta kurangnya aktivitas fisik di luar rumah.

Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat lebih dari 1.200 kasus diabetes tipe 1 pada anak dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian oleh Diabetes and Digestive Association juga menunjukkan bahwa lebih dari 41.000 dan diabetes tipe 2 pada anak-anak dan remaja pada tahun 2021.

Mengenal 2 Tipe Diabetes Melitus Dan Cara Penanganannya

Diabetes dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetika dan gaya hidup. Ini sering dikaitkan secara genetik dengan orang tua dengan diabetes. Namun kenyataannya kehidupan kita sehari-hari juga memiliki dampak yang besar. Banyak faktor yang berhubungan dengan kehidupan meliputi:

Penderita diabetes berisiko mengalami masalah kesehatan jangka panjang. Semakin lama Anda tidak mengontrol kadar gula darah, semakin banyak masalah yang akan berkembang. Beberapa efek kesehatan dari diabetes adalah:

Diabetes adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Namun, kita bisa mengontrolnya dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat dan minum obat sesuai anjuran dokter. Langkah-langkah kesehatan telah terbukti efektif dalam mencegah dan menunda komplikasi diabetes. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Di sini Anda akan mendapatkan pemahaman umum tentang apa itu diabetes, jenisnya, penyebab, dan apa yang dapat dilakukan untuk mengontrol gula darah tinggi. Perlu ditekankan bahwa siapa pun dapat mengembangkan diabetes. Oleh karena itu, mulai memperbaiki gaya hidup demi kesehatan Anda dan keluarga merupakan salah satu cara pencegahan diabetes.

Tipe Diabetes Yang Perlu Anda Ketahui

Komplikasi diabetes itu sendiri mahal. Untuk komplikasi yang menyebabkan gagal ginjal, misalnya, perlu mengeluarkan Rp 50-60 juta setahun untuk cuci darah. Seperti operasi, biaya pengobatannya Rp 130-150 juta.

Selain menerapkan gaya hidup sehat untuk melindungi Anda dan keluarga dari bahaya diabetes, Anda dapat mengendalikan risiko Anda dengan mengambil asuransi Prime Assurance dari Indonesia yang memberikan kehidupan dan kesehatan yang vital untuk stabilitas masa kini dan masa depan. Dengan menambahkan Early Prime Care sebagai program perlindungan tambahan, Anda akan terlindungi dari 47 penyakit awal dan 51 penyakit kronis dalam kasus yang parah, termasuk komplikasi diabetes. Selain itu, Anda dapat melindungi diri dengan MiSmart Insurance Solution (MiSSION) dari Indonesia yang memberikan kehidupan dan kesehatan yang penting bagi stabilitas masa kini dan masa depan. Dengan menambahkan MiSmart Early Stage Critical Care sebagai plan tambahan, Anda akan terlindungi dari 80 penyakit kritis, 85 penyakit kritis dan 10 penyakit lainnya termasuk komplikasi diabetes.

©2022 PT Asuransi Jiva Indonesia. Kantor Pusat: Sampurna Strategic Square, Lantai GF Menara Utara, Menara Selatan Lantai 3-14. Jl. Jendral Sudirman Kav.45-46, Jakarta 12930. Telepon : (021) 2555 7777 / Fax : (021) 2555 2226 / Bebas Pulsa : 0-800-1-606060 Penyakit kencing manis atau kencing manis merupakan penyakit kronis atau penyakit jangka panjang. Penyakit ini ditandai dengan peningkatan kadar gula (glukosa) darah di atas nilai normal. Diabetes terjadi ketika tubuh pasien tidak dapat memasukkan gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya untuk energi. Kondisi ini mengakibatkan tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2

Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menimbulkan akibat serius yang dapat merusak berbagai organ dan jaringan tubuh. Contoh organ adalah jantung, ginjal, mata, dan saraf. Diabetes ada dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2, berikut penjelasan dari keduanya yaitu :

Pdf) Hubungan Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Puskesmas Lubuk Buaya

Diabetes disebabkan oleh masalah pada tubuh, dimana tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dari darah di dalam sel. Akibatnya, glukosa menumpuk di dalam darah. Pada diabetes tipe 1, penyakit ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang cenderung menyerang bakteri atau bakteri berbahaya lainnya, bukan menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin.

Akibatnya, tubuh tidak menerima atau tidak mampu memproduksi insulin, yang berarti gula yang dibutuhkan insulin untuk diubah menjadi energi menyebabkan penumpukan gula darah.

Pada diabetes tipe 2, tubuh dapat memproduksi insulin secara normal, tetapi tidak menggunakan insulin secara normal. Kondisi ini disebut resistensi insulin.

Tergantung pada tingkat keparahan dan jenis diabetes, gejala diabetes akan bermanifestasi dengan cara yang berbeda untuk setiap pasien. Namun, secara umum, penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki banyak gejala, seperti:

Diabetes Tipe 2: Penyebab, Gejala, Dan Pengobatan

Jadi, jika Anda memiliki satu atau lebih dari ini, segera hubungi dokter. Pengobatan dimaksudkan untuk dilaksanakan secara cepat, sehingga komplikasi dari penyakit diabetes dapat dihindari.

Seorang dokter akan mendiagnosis diabetes pada seseorang dengan melakukan pemeriksaan medis, diikuti dengan beberapa jenis pemeriksaan glukosa darah tinggi. Contohnya termasuk tes glukosa puasa, tes glukosa acak, dan tes A1C. Nah, berikut adalah penjelasan dari tes tersebut, sebagai berikut:

Selain itu, dokter akan melakukan tes darah dan urine untuk menentukan apakah seseorang mengidap diabetes tipe 1 atau tipe 2. Terakhir, tes darah untuk autoantibodi. Selama ini, urin akan diuji keberadaan keton (tanda bahwa tubuh manusia sedang membakar lemak untuk energi).

Yang Dimaksud Diabetes Tipe 2

Perawatan akan tergantung pada jenis diabetes yang Anda miliki. Terapi insulin adalah salah satu pengobatan yang bisa dilakukan untuk penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Padahal, diabetes tipe 1 sangat serius dan bisa ditangani dengan pembedahan pankreas untuk memperbaiki kerusakan pankreas.

Pilar Penatalaksanaan Diabetes Melitus

Saat ini, penderita diabetes tipe 2 diresepkan berbagai macam obat. Namun, ada banyak perawatan umum untuk mengurangi risiko diabetes:

Jika Anda didiagnosis menderita diabetes, Anda perlu mengatur kembali pola makan yang sehat. Fokus pada buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Selain itu, Anda harus makan lebih banyak serat dan mengurangi banyak jenis makanan, seperti makanan tinggi lemak jenuh, lemak jenuh, dan lemak jenuh, serta makanan penutup. Anda bisa langsung bertanya kepada dokter mengenai diet yang tepat untuk diabetes.

Setiap orang pasti membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan. Ini termasuk penyakit kencing manis. Olahraga merupakan aktivitas yang dapat mengubah gula darah menjadi energi. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, dan bersepeda. Jadikan aktivitas ini sebagai rutinitas harian untuk membantu Anda menghindari memperburuk diabetes Anda.

Meski faktor risiko diabetes seperti riwayat keluarga dan ras tidak bisa diubah, ada faktor risiko lain yang bisa dicegah sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut adalah beberapa langkah sehat yang dapat Anda lakukan untuk mencegah diabetes:

Pdf) Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diabetes Mellitus Tipe Ii Pada Pasien Rawat Jalan

Komplikasi dari diabetes dapat berkembang secara bertahap. Semakin lama seseorang menderita diabetes, semakin tidak terkontrol

Apa yang dimaksud dengan diabetes, apa yang dimaksud dengan diabetes tipe 2, apa yang dimaksud diabetes, yang dimaksud diabetes melitus, apa yang dimaksud diabetes tipe 1, yg dimaksud diabetes tipe 2, apa yang dimaksud diabetes tipe 1 dan 2, apa yang dimaksud diabetes tipe 2, apa yang dimaksud diabetes melitus, yang dimaksud diabetes tipe 1, apa yg dimaksud diabetes tipe 2, apa yang dimaksud penyakit diabetes

Related posts