Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Harimau Putih Terbesar Di Dunia – Pernahkah Anda melihat harimau putih di kebun binatang? Ternyata, harimau berujung putih bukanlah bagian dari subspesies tersendiri.

Menurut World Wildlife Fund, hanya satu spesies dan dua subspesies harimau yang diakui di dunia. Keduanya adalah singa benua (

Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Harimau kontinental termasuk harimau Bengal, Malaya, Indochina, dan Amur atau Kaspia. Pada masa ini singa Sumatera, Jawa, Bali, Kaspia dan Cina Selatan punah.

Mengenal Harimau Benggala, Hewan Peliharaan Alshad Ahmad 0

Warna bulu harimau putih merupakan hasil mutasi genetik yang disebut leucism. Warna putih justru menjadi masalah bagi mereka di alam liar, karena kesulitan berkamuflase. Dengan demikian peluang untuk bertahan hidup berkurang.

Harimau putih merupakan hasil mutasi genetik yang langka. Mereka biasanya dikawinkan dengan menyilangkan dua ekor singa yang memiliki gen yang dibutuhkan untuk menghasilkan keturunan berbulu putih.

Di penangkaran, dua ekor singa biasanya dikaitkan dengan gen resesif. Oleh karena itu, perkawinan sedarah sangat umum terjadi.

Perkawinan sedarah antar harimau biasanya dilakukan tidak hanya pada harimau putih saja. Di fasilitas penangkaran, hal ini biasa terjadi dan biasanya hewan memiliki masalah kesehatan yang signifikan, seperti kelainan bentuk tulang belakang, cacat anggota badan, dan lain-lain.

Arti Mimpi Harimau Yang Penuh Makna

Menurut Live Science, harimau putih merupakan varian langka dari harimau Bengal, ditemukan di Nepal, India, Bangladesh, dan Bhutan. Pada tahun 2013, tim peneliti di China menemukan gen pigmen yang menyebabkan bulu berwarna putih.

Mutasi pada gen yang dibawa harimau putih mencegah produksi pigmen merah dan kuning yang bergabung menghasilkan bulu oranye. Namun pigmen tersebut tidak menghalangi pigmen gelap sehingga tetap memiliki guratan gelap.

Harimau Benggala Putih ditemukan di alam liar, namun jarang ditemukan. Penampakan paling awal yang tercatat terjadi di anak benua India pada tahun 1500an. Sedangkan menurut penelitian yang diterbitkan dalam Current Biology (2013), harimau putih liar terakhir yang diketahui ditembak pada tahun 1958.

Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Saat ini, semua singa putih hanya dapat ditemukan di penangkaran. Hampir semua singa yang ditangkap berasal dari seekor singa jantan bernama Mohan, yang diambil sebagai anaknya dari alam liar di India pada tahun 1951.

Jenis Khodam Macan, Ketahui Karakter Dan Pengaruhnya Pada Diri Anda

Namun, karena peternak fokus pada pembiakan singa putih untuk menjaga keturunannya tetap hidup, berbagai masalah kesehatan dan kurangnya variasi genetik menjadi masalah. Pada tahun 2011, Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium menyatakan bahwa lembaga yang berada di bawah akreditasinya tidak boleh dengan sengaja membiakkan spesies langka. Pasalnya mempengaruhi hewan itu sendiri dan program penangkarannya, harimau merupakan spesies kucing terbesar dari genus Panthera yang paling terkenal dan populer. Sobat tentunya hewan ini sering terlihat di buku-buku biologi, mereka disebut sebagai predator puncak dalam rantai makanan!

Beberapa spesies harimau di Indonesia sudah punah dan status sisanya terancam akibat penurunan populasi yang terus berlanjut. Oleh karena itu, salah satu upaya melestarikan kucing besar adalah dengan mengenalnya lebih dekat.

Kucing besar pertama yang akan kita bahas adalah Harimau Sumatera. Seperti namanya, hewan ini berasal dari hutan pulau Sumatera. Fakta lainnya, ia merupakan satu-satunya subspesies harimau Sunda yang masih hidup hingga saat ini!

Ukuran tubuhnya lebih kecil dibandingkan spesies lainnya, ciri lain dari harimau sumatera adalah warna belangnya yang lebih pekat. Populasi kucing besar semakin berkurang setiap tahunnya akibat perburuan liar. Oleh karena itu, kita semua harus sadar bahwa populasi harimau sumatera kini terancam!

Jual Gambar Macan Putih Siliwangi Harga Terbaik & Termurah September 2023

Spesies lain yang akan dibahas adalah harimau Siberia. Kucing besar ini masih dapat ditemukan di Semenanjung Korea, Mongolia barat laut, Rusia tenggara, dan Tiongkok barat laut.

Berbeda dengan Harimau Sumatera yang memiliki tubuh lebih kecil, Harimau Siberia memiliki tubuh paling besar dibandingkan spesies lainnya. Jumlah mereka terus menurun akibat dampak perubahan iklim, dan hanya sekitar 500-600 ekor yang tersisa di alam liar.

Mereka memiliki ciri khas bulu bermotif garis-garis hitam atau abu-abu tua. Berbeda dengan spesies lainnya, hewan ini mahir memanjat pohon dan berenang. Sobat bisa menyaksikan keganasan harimau Bengal di Bali Safari Park sambil menyaksikan pertunjukan harimau!

Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Kalau teman melihat harimau Bengal tapi warnanya putih, bukan berarti dia albino! Namun hal ini disebabkan oleh gen resesif yang dibawanya sehingga menghasilkan warna kuning.

Mengenal Liger, Kucing Raksasa Hasil Kawin Silang Antara Singa Dan Harimau

Ciri khas kucing besar ini adalah bulunya yang berwarna putih dengan garis-garis hitam, abu-abu atau coklat. Selain itu, hidung dan cakarnya memiliki warna merah jambu yang khas dengan mata biru es. Sobat hewan bisa bertemu dengan hewan unik ini di kawasan Rantambore Bali Safari Park dan sobat juga bisa memberi makan kucing besar ini!

Ada banyak spesies harimau di dunia, meski beberapa di antaranya sudah punah. Untuk itu, mari bersama-sama selamatkan singa-singa lain di dunia! Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi organisasi konservasi satwa seperti Bali Safari Park. Periksa situs web untuk tiket!

Taman kami adalah rumah bagi ratusan hewan dari lebih dari 100 spesies, beberapa di antaranya langka dan terancam punah.

Kami bukan hanya salah satu yang paling konservasi satwa liar di Indonesia, kami berdedikasi untuk merawat hewan di safari kami. Kami memastikan bahwa semua hewan kami diberikan standar kesehatan tertinggi.

Arti Mimpi Melihat Harimau Penuh Makna, Pertanda Baik Atau Buruk?

Mamalia darat terbesar di dunia berkumpul dalam kelompok dan dipimpin oleh betina! Mereka harus minum 150 liter air setiap hari untuk menghilangkan dahaga.

Singa adalah kucing terbesar kedua di dunia setelah singa dan ditemukan di Afrika sub-Sahara (singa Afrika Barat) dan India bagian barat (singa Asia). Mereka tinggal […]

Kata badak berasal dari bahasa Latin Yunani kuno: badak, “hidung” dan sira, “tanduk”. Ada lima spesies badak yang masih hidup. Dua Afrika […]

Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Mamalia terbesar ketiga di dunia adalah kuda nil. Hewan ini beratnya bisa mencapai 2000 kg. Kuda nil biasa hidup di dekat sungai, danau, dan rawa bakau. Pada siang hari, […]

Seekor Harimau Putih Besar Berjalan Jalan Di Halaman Latar Belakang Gambar Wallpaper Untuk Download Gratis

Harimau sama megahnya dengan kelihatannya. Harimau adalah anggota terbesar dari genus “kucing besar”, karena beratnya bisa mencapai 350 kg. Terdapat 6 subspesies harimau (Panthera tigris) yang merupakan spesies kucing terbesar yang masih hidup dari genus Panthera. Singa tidak seperti luwak. Ciri bulu harimau mempunyai corak garis yang khas, berupa garis hitam vertikal pada bulu berwarna jingga, dengan bulu berwarna putih di bawahnya. Harimau adalah predator puncak, terutama memangsa hewan yang tidak bergerak seperti rusa dan babi hutan. Harimau merupakan hewan teritorial dan umumnya merupakan pemburu soliter, namun tetap mempunyai aspek sosial, mereka tetap hidup berdekatan, memenuhi kebutuhan pangan dan membesarkan anak. Anak-anaknya tinggal bersama induknya selama kurang lebih dua tahun, kemudian menjadi mandiri dan meninggalkan rumah induknya untuk membuat rumah sendiri.

Sebutan lain dari harimau adalah harimau yang berasal dari bahasa jawa, namun saat ini masyarakat menganggap harimau hanya sebagai spesies Panthera pardus dan seluruh subspesiesnya. Padahal macan tutul atau Panthera pardus ini bisa disebut harimau jika dipadukan dengan nama belakangnya, macan tutul. Nama Harimau sendiri berasal dari bahasa Melayu yang juga digunakan untuk macan tutul yaitu Harimau Bintang.

Harimau ini pertama kali dideskripsikan secara ilmiah pada tahun 1758 dan pernah tersebar di wilayah Anatolia timur di barat hingga lembah Sungai Amur di timur. Harimau juga ditemukan di kaki selatan pegunungan Himalaya mulai dari Bali hingga Kepulauan Sunda. Sejak awal abad ke-20, populasi harimau telah menurun sebesar 93 persen dan punah di Asia Barat, Asia Tengah, serta pulau Jawa dan Bali. Harimau juga dianggap punah di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan sebagian besar Tiongkok. Saat ini, wilayah jelajah harimau terfragmentasi, mulai dari hutan beriklim sedang di Siberia hingga hutan subtropis dan tropis di anak benua India, Indochina, dan Sumatra.

Harimau terdaftar sebagai spesies yang terancam punah dalam Daftar Merah IUCN. Pada tahun 2015, diperkirakan populasi harimau liar di seluruh dunia hanya berjumlah 3.062 hingga 3.948 ekor dewasa, dengan sebagian besar populasi harimau tinggal di kantong-kantong kecil yang terisolasi. India saat ini memiliki populasi harimau terbesar. Penyebab utama penurunan populasi harimau adalah rusaknya habitat, fragmentasi habitat, dan perburuan liar. Harimau juga rentan terhadap konflik manusia-satwa liar, terutama di negara-negara dengan kepadatan populasi manusia yang tinggi.

Hewan Hewan Berwarna Putih Yang Unik

Harimau adalah salah satu megafauna karismatik yang paling dikenal dan populer di dunia. Singa telah ditampilkan dalam mitos dan cerita rakyat kuno dalam berbagai budaya dan periode sejarah. Singa masih sering digambarkan dalam film dan sastra modern, lambang singa juga muncul di banyak bendera, lambang negara, dan digunakan sebagai maskot tim olahraga. Singa adalah hewan nasional India, Bangladesh, Malaysia, dan Korea Selatan.

Pada tahun 1929, ahli taksonomi Inggris Reginald Innes Pocock menempatkan spesies tersebut di bawah genus Panthera dengan nama ilmiah Panthera tigris.

Terdapat sembilan subspesies harimau dalam genus Panthera. Enam di antaranya masih hidup sampai sekarang. Tiga subspesies harimau lainnya secara resmi dianggap punah.

Harimau Putih Terbesar Di Dunia

Dikenal sebagai kucing terbesar, harimau berukuran sama dengan singa namun sedikit lebih berat. Subspesies harimau yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda-beda, biasanya harimau jantan memiliki berat antara 180 hingga 320 kg dan betina antara 120 hingga 180 kg. Jantan memiliki panjang antara 2,6 dan 3,3 meter, sedangkan betina memiliki panjang antara 2,3 dan 2,75 meter. Di antara subspesies yang masih hidup, Harimau Sumatera merupakan subspesies terkecil dan Harimau Siberia merupakan subspesies terbesar.

Kenapa Harimau Tidak Ada Di Afrika?

Garis-garis pada sebagian besar harimau bervariasi dari coklat hingga hitam. Bentuk dan kepadatan belang bervariasi antar subspesies, tetapi kebanyakan harimau memiliki lebih dari 100 belang. Harimau Jawa yang sekarang sudah punah mungkin mempunyai lebih banyak belang. Pola belang yang dimiliki setiap harimau bersifat unik dan dapat digunakan untuk membedakan satu sama lain, mirip dengan sidik jari harimau.

Related posts